Gandeng KBRI, FBHIS Bersama Ikom Umsida Selenggarakan Literasi Digital di Singapura


Ikom.umsida.ac.id – Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial (FBHIS) bersama Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menyelenggarakan literasi digital bertema “Tersanjung dan Tersandung Media Sosial”.  Kegiatan tersebut diikuti lebih dari 60 orang warga negara Indonesia yang berada di Singapura dan bertempat di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura pada hari Minggu (30/4/2023).

“Tujuan diadakannya literasi digital ini untuk teman teman pekerja migran yang ada di Singapura. Hal ini dilakukan karena permasalahan disekitar sosial media saat ini sudah menimpa teman teman pekerja migran Indonesia yang berada di Singapura” terang Poppy Febriana, M.Med.Kom , Dekan FBHIS Umsida sekaligus pembicara.

Berkembangnya sosial media membuat manusia dapat Mengakses segala hal yang mereka inginkan dalam waktu yang singkat. Namun perkembangan sosial media juga membawa permasalahan bagi penggunanya. Salah satunya terjadi pada pekerja migran Indonesia yang berada di Singapura. Permasalahan yang terjadi pun beragam mulai dari hoax. Bullying, hingga dampak negatif dari kurang bijak dalam bersosial media. Permasalahan tersebut yang menjadi tujuan dari diselenggarakannya kegiatan literasi digital ini.

Terdapat 3 pembicara yang sangat informatif dalam agenda literasi digital kali ini. Pembicara pertama yaitu Poppy Febriana, M.Med.Kom , yang merupakan Dekan Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial (FBHIS) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) yang menyampaikan materi bertema “Bercanda apa Bullying?”. Pembicara kedua yaitu Kaprodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Nur Maghfira A, M.Med.Kom , yang menyampaikan materi bertema ” Bijak Bersosial Media”. Pembicara yang terakhir yaitu salah satu dosen  Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo M Andi Fikri M.I.Kom yang menyampaikan materi bertema ” Telisik Berita Hoax” .

Dalam kegiatan tersebut Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial (FBHIS) bersama Prodi ilmu Komunikasi Umsida tidak hanya melibatkan para dosen saja, melainkan juga melibatkan perwakilan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida)  Moch Syahrul Rizal sebagai pendamping Praktikum .

Dari seluruh peserta acara yang hadir, nampak seluruhnya menunjukkan antusias yang besar dalam menyimak materi yang disampaikan oleh pembicara. Hal tersebut dikarenakan materi yang disampaikan sangat berkaitan dengan permasalahan yang sedang terjadi disekitar mereka. Bahkan, Beberapa dari mereka bahkan sangat ingin tahu tentang serba serbi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida).

Harapan setelah diadakannya literasi digital kali ini para peserta yang hadir dapat lebih bijak dalam bersosial media serta menjadi cermat dalam memilah hoax dan mengambil ilmu sebanyak banyaknya dan menerapkan di kehidupan sehari-hari.

(Fernanda A.)

Leave a Reply

Nur Maghfirah A., M.Med.Kom

Nama:

Tanggal Lahir

Scholar:

OJS:

Scopus:

 

This will close in 20 seconds