Dalam Rangka Pemerataan Sistem Penulisan Berita, FBHIS Umsida adakan Pelatihan UGC

Ikom.Umsida.ac.id –  Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial (FBHIS) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menyelenggarakan agenda Pelatihan User Generated Content (UGC). Kegiatan terdsebut diikuti 20 orang perwakilan delegasi internal dari masing masing Program Studi dan Ormawa yang ada di FBHIS. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Lab desain grafis Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi pada senin (17/4/2023).

“Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan soft skill menulis berita, dan pengoptimalan konten berita di lingkungan FBHIS, serta pemerataan sistem berita di tingkat Universitas, Fakultas, dan Organisasi Mahasiswa (ormawa)” terang Muhammad Asrul, narasumber pelatihan.

Muhammad Asrul memaparkan, materi UGC  disampaikan  dalam rangka meningkatkan soft skill pembuatan berita dan juga melakukan sosialisasi untuk pemerataan sistem pembuatan berita dan publikasi di lingkungan Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial (FBHIS). Terdapat beberapa materi penulisan dasar yang disampaikan. Dimulai dari pembuatan judul hingga  kesimpulan berdasarkan template yang telah disediakan.

Dalam pelatihan tersebut juga dijelaskan definisi dan kemudahan yang akan didapat oleh penulis saat menulis konten dalam system UGC. “Memang perkembangan saat ini, dipengaruhi oleh adanya system UGC, yang mana platform tersebut memberikan kemudahan bagi pengguna dalam menulis konten berita, publikasi berita, dan back link,” ujarnya.

UGC merupakan platform yang memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya dalam melakukan publikasi koten berita. Beberapa kemudahan yang di dapat adalah proses publikasi yang tidak memakan waktu lama, penulis dapat mengetahui progress berita yang di publikasi, penulis dapat menggunakan foto atau gambar sesuai dengan yang diinginkan.

Dari 20 orang yang menjadi perwakilan delegasi dari setiap Program Studi dan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) seluruhnya menunjukkan antusias yan tinggi. Hamper seluruh delegasi yang hadir sangat aktif pada saat praktek maupun mengajukan pertanyaan kepada narasumber pada saat sesi pertanyaan dibuka.

Harapan setelah pelatihan ini dilaksanakan adalah terwujudnya pemerataan system di lingkungan FBHIS dan juga pola penulisan konten berita sesuai dengan template yang telah ditentukan. Selain itu diharapkan juga dapat meningkatkan soft skill dalam penulisan konten berita melalui modul yan tela dibagikan oleh narasumber pelatihan.

(Fernanda A.)

Leave a Reply

Nur Maghfirah A., M.Med.Kom

Nama:

Tanggal Lahir

Scholar:

OJS:

Scopus:

 

This will close in 20 seconds