Mahasiswa Ikom yang Juga Fotografer Bagikan Tips Jago Fotografi

Ikom.umsida.ac.id – Fotografi adalah seni yang memukau, dan menjadi seorang fotografer profesional adalah impian banyak orang kan sobat mbois?

Namun, menjadi profesional dalam dunia fotografi memerlukan dedikasi, keterampilan, dan pemahaman mendalam tentang seni ini. Seperti yang diungkapkan oleh Wildan Ubaidirohman Mahasiswa Ilmu Komunikasi Umsida yang berprofesi sebagai Fotografer Profesional “Mentor adalah sumber pengetahuan berharga. Temukan seorang fotografer profesional yang bersedia menjadi mentor kalian. Mereka dapat memberikan wawasan, saran, dan pengalaman yang sangat berharga yang tidak dapat kalian peroleh dari buku atau video tutorial.” Ujarnya.

Nah Wildan dengan senang hati akan membagikan tips bagaimana sih caranya jadi seorang fotografer profesional itu pada sobat mboi. Penasaran apa saja? Yuk simak bersama !

Caranya jadi fotografer

1. Kuasai kamera

Langkah pertama menuju menjadi fotografer profesional adalah benar-benar menguasai peralatan kalian. Pelajari setiap fitur kamera kalian, mulai dari pengaturan dasar hingga yang lebih canggih.

Selain itu penting juga untuk memahami penggunaan lensa yang berbeda dan bagaimana mereka memengaruhi hasil akhir gambar. Karena setiap lensa memiliki fungsi dan tujuan masing-masing. Tinggal bagaimana tujuan dari objek yang akan kalian potret, sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing ya sobat mbois.

Baca Juga: Ini Dia Cara Pengambilan Foto Estetik Hanya Pakai Smartphone

2. Pelajari dasar-dasar fotografi

Kalian perlu memiliki pemahaman yang kuat tentang dasar-dasar fotografi, seperti komposisi, pencahayaan, dan ketajaman gambar. Pahami aturan-aturan dasar seperti “rule of thirds” dan “leading lines” untuk membantu kalian menghasilkan gambar yang menarik.

3. Praktek

Tidak ada pengganti untuk latihan dalam fotografi. Jangan takut untuk mencoba berbagai jenis fotografi, seperti potret, pemandangan, makro, atau fotografi arsitektur. Semakin banyak kalian berlatih, semakin baik keterampilan kalian akan menjadi lebih matang.
Menurut Wildan “Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian akan memiliki dasar yang kuat untuk mengembangkan karier sebagai seorang fotografer profesional. Ingatlah bahwa kesuksesan dalam fotografi memerlukan waktu, kesabaran, dan dedikasi. Teruslah berlatih, teruslah belajar, dan kalian akan mencapai impian kalian menjadi seorang fotografer profesional yang sukses.”

Baca Juga: Latih Skill Fotografi di Kompetisi Photo Story dalam SILAT APIK PTMA 2022

4. Belajar dari profesional

Mentor adalah sumber pengetahuan berharga. Temukan seorang fotografer profesional yang bersedia menjadi mentor kalian. Mereka dapat memberikan wawasan, saran, dan pengalaman yang sangat berharga yang tidak dapat kalian peroleh dari buku atau video tutorial.

Sobat mbois dapat membaca berbagai buku dan tutorial sebanyak yang kalian mau, tetapi interaksi langsung dengan seorang mentor akan membantu kalian memahami nuansa dan tantangan sebenarnya dalam dunia fotografi.

5. Edit foto dengan bijak

Setelah mengambil gambar, proses penyuntingan atau editing adalah langkah penting dalam fotografi. Pelajari teknik-teknik editing dengan menggunakan perangkat lunak seperti Adobe Lightroom atau Photoshop.

Ingatlah untuk tidak terlalu berlebihan dalam editing, agar foto kalian tetap terlihat alami. Seperti yang diungkapkan sebelumnya, “Ingatlah untuk tidak terlalu berlebihan dalam editing, agar foto kalian tetap terlihat alami.” Ujar Wildan.

6. Membangun portofolio kalian

Untuk mendapatkan pekerjaan sebagai fotografer profesional, kalian perlu memiliki portofolio yang kuat. Pilih foto-foto terbaik kalian dan susunnya secara rapi dalam portofolio yang dapat kalian tunjukkan kepada klien potensial.

Menurut Wildan “Membangun portofolio yang kuat adalah kunci untuk mendapatkan pekerjaan sebagai fotografer profesional.”

7. Berinvestasi dalam peralatan yang tepat

Ketika kalian mulai mengambil pekerjaan profesional, pertimbangkan untuk berinvestasi dalam peralatan yang lebih baik.

Lensa berkualitas tinggi dan peralatan tambahan seperti tripod dan pencahayaan eksternal dapat membuat perbedaan besar dalam kualitas gambar kalian. Berinvestasi dalam peralatan yang tepat adalah langkah penting dalam meningkatkan kualitas hasil fotografi kalian.

8. Pelajari tentang pemasaran dan bisnis

Sebagai seorang fotografer profesional, kalian juga perlu memahami aspek bisnis. Pelajari tentang pemasaran, perhitungan biaya, dan cara mengelola bisnis fotografi kalian.

Ini termasuk memahami hak cipta dan kontrak dengan klien. Pahami hak cipta dan kontrak dengan klien sebagai bagian dari pemahaman bisnis kalian.

9. Jaga kualitas dan konsistensi

Ketika kalian mendapatkan pekerjaan profesional, pastikan untuk selalu memberikan hasil yang berkualitas dan konsisten.

Kepuasan klien adalah kunci untuk membangun reputasi yang baik dalam industri fotografi. Jaga kualitas dan konsistensi dalam pekerjaan kalian untuk membangun reputasi yang baik.

10. Terus belajar dan berkembang

Fotografi terus berkembang, jadi jangan pernah berhenti belajar. Ikuti tren terbaru, hadiri workshop, dan pertahankan semangat untuk terus meningkatkan keterampilan kalian. Teruslah belajar, dan kalian akan mencapai impian kalian menjadi seorang fotografer profesional yang sukses.

Menjadi seorang fotografer profesional bukanlah hal yang mudah, tetapi dengan dedikasi dan upaya yang tepat, kalian dapat mencapainya. Langkah-langkah kunci untuk meraih kesuksesan sebagai seorang fotografer profesional meliputi penguasaan peralatan, pemahaman dasar-dasar fotografi, latihan yang berkelanjutan, dan belajar dari para mentor.

Selain itu, penyuntingan yang bijak, pembangunan portofolio yang kuat, investasi dalam peralatan yang tepat, pemahaman tentang bisnis fotografi, dan menjaga kualitas serta konsistensi dalam pekerjaan adalah hal-hal yang tak kalah penting.

Selalu ingatlah bahwa kesuksesan dalam fotografi memerlukan kesabaran dan dedikasi. Teruslah belajar dan berkembang, serta tetap terbuka terhadap perkembangan dalam dunia fotografi. Dengan langkah-langkah ini, kalian akan memiliki dasar yang kuat untuk mencapai impian kalian menjadi seorang fotografer profesional yang sukses. Semoga panduan ini membantu kalian mencapai tujuan kalian dalam dunia fotografi.

Untuk Mengetahui informasi menarik lainya jangan lupa kunjungi Instagram Ikom mbois yaa !

Picture : Pexel

Penulis : Della Puspita

Penyunting: Romadhona S.

Bertita Terkini

Kuliah Tamu di UTAR Malaysia, Dosen Ikom Umsida Soroti Pengaruh Media dalam Pilpres 2024
28/05/2024By
Sorotan ICEMSS 2024: Kolaborasi Internasional Tingkatkan Inovasi Media dan Ilmu Sosial di Bali
28/05/2024By
Opening Ceremonial ISE 2024: Ikom Umsida Bangun Jaringan Internasional dengan Tiga Universitas
22/05/2024By
Lebih dekat dengan dunia penyiaran, mahasiswa Ikom Umsida lakukan kunjungan media di LPP RRI Surabaya
15/05/2024By
Mahasiswa Ikom Umsida Lakukan Kunjungan Media ke DJFM Surabaya: Inspirasi dan Inovasi di Udara
14/05/2024By
Ikom Umsida Berikan Harapan Lewat Sumbangan Terpal untuk Hunian Sementara Korban Gempa Bawean.
19/04/2024By
2 Dosen Ikom Umsida Perkuat Kerjasama Internasional Melalui Program ICT di UTAR Malaysia
18/04/2024By
maskot ikom
Ikom Umsida Luncurkan Maskot “Si Kombi” Karya Mahasiswa Semester 8
31/03/2024By

Prestasi

ikom umsida
Melampaui Batas : Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
02/03/2024By
Sesuai Target, Mahasiswa Ikom Sabet Tiga Medali Emas Cabor Renang Pada Pomprov Jatim 2023
23/07/2023By
Seimbangnya Pengetahuan dan Skill Menjadi Kunci Mahasiswa Ikom Dalam Meraih Juara Pada PILMAPRES PTMA
15/04/2023By
Battle of Agencies Berakhir, Selamat Kepada Para Pemenang!
06/03/2023By
Top! Lagi Lagi Mahasiswa Ikom Borong Medali Juara Dalam Kejuaraan Karate Nasional
20/02/2023By
Selamat! Mahasiswa Ikom Umsida Raih 3 Medali Dalam Kejuaraan Renang Tingkat Nasional
07/02/2023By
Berbagai Film Karya Anak Bangsa Ditampilkan Di CSFC 2023
17/01/2023By
Ikuti Turnamen Offline Perdana Setelah Pandemi, Shinta Berhasil Membawa Pulang Dua Piala
17/10/2022By

Nur Maghfirah A., M.Med.Kom

Nama:

Tanggal Lahir

Scholar:

OJS:

Scopus:

 

This will close in 20 seconds