Pelajari Cara Membuat CV di LinkedIn Agar Dilirik Rekruiter!

Ikom.umsida.ac.id – Di era digital yang berkembang pesat, menjalani karier dan membangun jaringan profesional tak hanya terbatas pada pertemuan tatap muka atau tumpukan dokumen kertas. LinkedIn, platform jejaring profesional terkemuka, telah menjadi sarana utama bagi individu untuk mempresentasikan diri mereka dalam dunia profesional, membangun hubungan bisnis yang kuat, dan mengejar peluang karier yang menarik.

Dalam artikel ini, sobat mbois akan menjelajahi langkah demi langkah cara membuat Curriculum Vitae (CV) yang kuat di LinkedIn. Dari membuat akun hingga mengunduh CV kalian, panduan ini akan membantu kalian meraih kesuksesan di dunia daring ini, di mana jaringan profesional dan peluang karier tak terbatas. Yuk simak dengan seksama !

Pelajari Lebih Jauh Tentang LinkedIn

A. Apa Itu LinkedIn?

LinkedIn adalah platform media sosial profesional yang dirancang khusus untuk membantu individu membangun jaringan, berbagi pengalaman, dan menjalin hubungan bisnis yang bermakna dalam dunia karier dan bisnis. Dengan LinkedIn, kalian dapat terhubung dengan rekan-rekan seprofesi, teman kuliah, atau rekan kerja yang mungkin memiliki peluang karier atau bisnis yang berharga. Platform ini tidak hanya memungkinkan kalian mencari pekerjaan atau peluang karier, tetapi juga memberikan kalian kemampuan untuk mempublikasikan profil profesional yang mencerminkan pengalaman dan keahlian kalian.

LinkedIn juga merupakan sumber informasi yang berharga. Dapat memungkinkan kalian untuk mengikuti perusahaan, grup industri, dan berita terkini yang relevan dengan bidang kalian. Selain itu, platform ini mendukung pembelajaran dan pengembangan melalui LinkedIn Learning. Dan juga dapat digunakan untuk menjalin kemitraan bisnis dan menghubungi klien potensial. Dengan demikian, LinkedIn adalah alat penting dalam membantu kalian memajukan karier dan bisnis kalian di dunia profesional.

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Referensi Jurnal Dengan Mudah

B. Cara Membuat CV di LinkedIn

Kemudian setelah mengetahui penjelasan tentang definisi linkedln. Kini saatnya sobat mbois menyimak bagaimana cara membuat cv profesional. Agar profil kalian mudah ditemukan oleh hrd atau rekruter dari beberapa perusahaan. Berikut ini adalah penjelasanny, yuk simak dengan seksama !

1. Buat Akun LinkedIn

Jika sobat mbois ingin belum memiliki akun di linkedln, pastikan kalian harus membuat akun. Dengan mengunjungi web linkedln dan klik opsi bergabung sekarang atau serupa. Gunakan email yang aktif dan valid ya sobat mbois. Dan jangan lupa mengatur kata sandi yang kuat dan hanya kalian yang tau. Kemudian jika sudah kalian bisa menlanjutkan ke tahap berikutnya.

2. Isi dan Update Data

Setelah sobat mbois membuat akun di linkedln, tahap selanjutnya kalian harus mengisi setiap data dan informasi yang diminta pada laman linkedln tersebut. Mencakup pengisian informasi kontak yang akurat, penggunaan foto profil close-up dan profesional, serta penambahan riwayat pekerjaan dengan peran, tanggung jawab, pencapaian yang relevan dan yang lainnya.

Nah jika kalian sudah memiliki akun, sobat mbois hanya perlu menggupdate informasi terbaru mengenai diri kalian pada data tersebut. Dengan profil yang terisi dengan baik dan pembaruan berkala, kalian akan menciptakan gambaran yang kuat tentang diri kalian di dunia profesional, menarik perhatian rekruter yang sedang mencari kandidat potensial dan meningkatkan peluang karier.

Sobat mbois perlu diingat bahwa perbaruan cv harus kalian lakukan secara rutin agar saat ada tawaran pekerjaan, kalian bisa mengunduh cv dari linkedln.

3. Isi Informasi Pribadi

Berikutnya Mencakup dua aspek penting yakni informasi kontak dan ringkasan profesional. Dalam informasi kontak, kalian harus menyertakan alamat email yang aktif dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Karena ini adalah sarana komunikasi utama kalian dengan rekan-rekan seprofesi atau perekrut. Sedangkan ringkasan profesional adalah kesempatan untuk memberikan gambaran singkat tentang kalian dalam konteks profesional. Yang harus mencerminkan latar belakang, pencapaian, dan tujuan karier kalian dalam beberapa kalimat. Dengan mengisi informasi pribadi ini dengan baik, kalian memastikan bahwa profil LinkedIn kalian memberikan gambaran yang kuat dan informatif tentang kalian kepada orang lain di dunia profesional.

4. Foto Profil

Kemudian Foto profil merupakan elemen visual kunci yang memberikan kesan pertama kepada siapa pun yang mengunjungi profil kalian. Sebaiknya merupakan gambar close-up yang jelas dan profesional, dengan fokus pada wajah kalian. Hindari latar belakang yang berantakan atau tidak relevan dengan konteks profesional, dan pastikan pencahayaan cukup baik. Foto profil yang baik akan meningkatkan kesan positif dan kepercayaan dari rekan-rekan seprofesi, rekrutmen, dan mitra bisnis potensial, sehingga penting untuk memilih foto yang mencerminkan citra profesional yang sobat mbois inginkan.

5. Kustomisasi URL

Kustomisasi URL di LinkedIn adalah langkah penting untuk membuat profil kalian lebih mudah diakses dan diingat oleh orang lain. Caranya cukup sederhana. Setelah kalian masuk ke profil kalian, klik tombol “Ubah Profil” dan kemudian pilih opsi “Ubah” pada URL profil kalian. Di sana, kalian bisa menghapus karakter-karakter acak yang mungkin ada dalam URL dan menggantinya dengan nama kalian atau sesuatu yang mencerminkan identitas profesional kalian. Pastikan URL yang kalian pilih unik dan mudah diingat. Setelah kalian menyimpan perubahan, kalian akan memiliki URL profil yang lebih bersih dan mudah dibagikan kepada rekan-rekan seprofesi, rekrutmen, atau mitra bisnis potensial.

6. Riwayat Pekerjaan

Kemudian bagian ini menjadi inti dari profil yang memungkinkan sobat mbois merinci pengalaman kerja kalian. Di sini, kalian harus mencantumkan semua peran yang pernah kalian tekuni, termasuk nama perusahaan, tanggal mulai dan berakhirnya, serta tanggung jawab yang kalian jalani. Selain itu, sobat mbois juga dapat menyoroti pencapaian kunci selama peran tersebut, memberikan gambaran yang jelas tentang kemampuan dan kontribusi kalian. Dengan menjelaskan riwayat pekerjaan dengan baik, sobat mbois memberikan calon perekrut dan mitra bisnis potensial pemahaman yang mendalam tentang pengalaman, memperkuat citra profesional, dan memperluas peluang karier kalian.

7. Riwayat Pendidikan

Mencakup informasi tentang latar belakang akademis kalian, termasuk universitas, jurusan, gelar yang diperoleh, dan tahun kelulusan. Menambahkan riwayat pendidikan membantu melengkapi profil kalian dan memberikan gambaran tentang basis pengetahuan kalian. Informasi ini dapat berguna bagi rekrutmen dan rekan seprofesi yang ingin memahami latar belakang pendidikan kalian.

8. Keterampilan dan Kemampuan

Berikutnya Poin Keterampilan di LinkedIn adalah ruang bagi kalian untuk mencantumkan kemampuan dan keahlian yang dimiliki dalam berbagai bidang, mulai dari bahasa pemrograman hingga manajemen proyek. Ini memberikan orang lain, termasuk calon perekrut dan mitra bisnis, pemahaman yang jelas tentang apa yang kalian kuasai. Menambahkan keterampilan ini bukan hanya tentang mendemonstrasikan keahlian kalian, tetapi juga memungkinkan orang lain memberikan rekomendasi atau ‘endorsement’ untuk keterampilan tersebut, yang dapat meningkatkan kredibilitas kalian. Dengan cara ini, profil kalian menjadi lebih kuat dan informatif, memungkinkan kalian untuk menonjol di antara para profesional lainnya di LinkedIn.

9. Kata Kunci

Kata Kunci di LinkedIn adalah istilah atau frasa kunci yang paling mencerminkan bidang atau posisi profesional yang ingin kalian tekuni. Memasukkan kata kunci yang relevan dengan profil kalian membantu orang lain menemukan profil kalian dengan lebih mudah ketika mereka mencari seseorang dengan latar belakang atau keterampilan tertentu. Ini tidak hanya meningkatkan visibilitas profil kalian, tetapi juga membantu dalam hal pengaturan pencarian pekerjaan atau proyek bisnis. Dengan kata kunci yang tepat, kalian dapat meningkatkan peluang untuk ditemukan oleh rekrutmen atau calon mitra bisnis yang sedang mencari kemampuan yang sesuai dengan apa yang kalian tawarkan.

10. Perbarui Secara Berkala

Perbarui Secara Berkala dalam konteks LinkedIn adalah praktik terus-menerus memperbarui dan memelihara profil kalian seiring waktu. Ini termasuk menambahkan pengalaman kerja baru, mencantumkan keterampilan yang baru dikuasai, memperbarui informasi kontak, atau bahkan mengganti foto profil jika diperlukan. Perbarui profil kalian secara berkala membantu menjaga profil kalian tetap relevan dan mencerminkan perkembangan karier kalian. Ini juga menunjukkan kepada rekan seprofesi dan calon perekrut bahwa kalian selalu berupaya meningkatkan diri dan mengikuti perkembangan dalam bidang kalian. Profil yang selalu diperbarui dapat meningkatkan kesan positif dan meningkatkan peluang karier atau kolaborasi bisnis.

Baca Juga: CV dan Portofolio, Beda atau Sama? Yuk Simak!

C. Cara mengunduh CV di LinkedIn

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat CV di LinkedIn, sobat mbois kini harus bisa mengunduh CV tersebut. Berikut ini langkahnya :

  • Masuk ke Akun LinkedIn: Log in ke akun LinkedIn kalian.
  • Buka Profil Kalian: Klik pada gambar profil kalian di sudut kanan atas halaman untuk mengakses profil kalian.
  • Pilih “Lihat profil kalian”: Di profil kalian, klik opsi “Lihat profil kalian.” Ini akan membuka tampilan profil kalian.
  • Temukan Tombol “Simpan sebagai PDF”: Di tampilan profil kalian, di sebelah kanan foto profil kalian, kalian akan melihat tombol “Simpan sebagai PDF.” Klik tombol ini.
  • Konfirmasi Unduhan: Kalian mungkin akan diminta untuk mengonfirmasi unduhan. Klik “Simpan” atau “OK” pada jendela pop-up yang muncul.
  • Simpan File PDF: Setelah kalian mengonfirmasi unduhan, sistem akan menghasilkan CV kalian dalam format PDF dan secara otomatis mendownloadnya ke perangkat kalian.

Dalam menjalani perjalanan karier, LinkedIn adalah alat yang sangat berharga. Dari membangun jaringan profesional hingga mempresentasikan diri sebagai seorang ahli dalam bidang kalian, LinkedIn memberikan peluang tak terbatas. Dengan mengikuti panduan ini, kalian sekarang memiliki pengetahuan dasar tentang cara membuat CV yang menonjol di LinkedIn. Ingatlah, profil LinkedIn kalian adalah cerminan dari diri kalian dalam dunia profesional. Jadi, manfaatkan dengan baik platform ini untuk meraih peluang karier dan bisnis yang tak terbatas. Semoga kesuksesan selalu menyertai kalian dalam perjalanan profesional kalian di dunia maya ini. Teruslah berkembang, teruslah berkoneksi, dan teruslah menginspirasi. Sukses untuk kalian semua!
Untuk mengetahui informasi menarik lainnya, jangan lupa kunjungi instagram ikom mbois yaaa!

Picture : Pexel
Penulis : Della Puspita

Penyunting: Romadhona S.

Bertita Terkini

Kuliah Tamu di UTAR Malaysia, Dosen Ikom Umsida Soroti Pengaruh Media dalam Pilpres 2024
28/05/2024By
Sorotan ICEMSS 2024: Kolaborasi Internasional Tingkatkan Inovasi Media dan Ilmu Sosial di Bali
28/05/2024By
Opening Ceremonial ISE 2024: Ikom Umsida Bangun Jaringan Internasional dengan Tiga Universitas
22/05/2024By
Lebih dekat dengan dunia penyiaran, mahasiswa Ikom Umsida lakukan kunjungan media di LPP RRI Surabaya
15/05/2024By
Mahasiswa Ikom Umsida Lakukan Kunjungan Media ke DJFM Surabaya: Inspirasi dan Inovasi di Udara
14/05/2024By
Ikom Umsida Berikan Harapan Lewat Sumbangan Terpal untuk Hunian Sementara Korban Gempa Bawean.
19/04/2024By
2 Dosen Ikom Umsida Perkuat Kerjasama Internasional Melalui Program ICT di UTAR Malaysia
18/04/2024By
maskot ikom
Ikom Umsida Luncurkan Maskot “Si Kombi” Karya Mahasiswa Semester 8
31/03/2024By

Prestasi

ikom umsida
Melampaui Batas : Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
02/03/2024By
Sesuai Target, Mahasiswa Ikom Sabet Tiga Medali Emas Cabor Renang Pada Pomprov Jatim 2023
23/07/2023By
Seimbangnya Pengetahuan dan Skill Menjadi Kunci Mahasiswa Ikom Dalam Meraih Juara Pada PILMAPRES PTMA
15/04/2023By
Battle of Agencies Berakhir, Selamat Kepada Para Pemenang!
06/03/2023By
Top! Lagi Lagi Mahasiswa Ikom Borong Medali Juara Dalam Kejuaraan Karate Nasional
20/02/2023By
Selamat! Mahasiswa Ikom Umsida Raih 3 Medali Dalam Kejuaraan Renang Tingkat Nasional
07/02/2023By
Berbagai Film Karya Anak Bangsa Ditampilkan Di CSFC 2023
17/01/2023By
Ikuti Turnamen Offline Perdana Setelah Pandemi, Shinta Berhasil Membawa Pulang Dua Piala
17/10/2022By

Nur Maghfirah A., M.Med.Kom

Nama:

Tanggal Lahir

Scholar:

OJS:

Scopus:

 

This will close in 20 seconds