Sidang TA Tidak Perlu Menunggu di Semester Akhir

Sejak dibukanya jalur jurnal untuk menyelesaikan kuliah sejak 2021 lalu, banyak mahasiswa Ikom  yang dapat menuntaskan masa perkuliahannya dalam waktu kurang dari empat tahun. Salah satunya yaitu Adelia Kharisma Putri, mahasiswa Ilmu Komunikasi semester 5 ini telah melakukan sidang Tugas Akhir (jurnal) pada tanggal 12 Desember 2022 kemarin secara daring berjudul “Analisis Bibliometrik: Pengaruh Berita di Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja pada Lingkungan Masyarakat di Indonesia”.

Kisah ini bermula saat ia menduduki semester tiga dan mendapatkan mata kuliah metode penelitian sosial. “Jadi, pas tahun lalu ada tugas Pak Toto di kuliah metpensos, kita membuat jurnal secara mandiri dan mengunggahnya di Sinta 4. Lalu beberapa bulan, saya menunggu buat dipublikasi. Saya berkonsultasi dengan Ibu Kaprodi tentang alur selanjutnya dan ternyata, saya hanya perlu mengumpulkan jurnal tersebut dan mengisi link Gform untuk sidang. Jadi saya memang mengumpulkannya di semester 5 dan langsung sidang”. Ucap Adelia.

Tugas akhir yang telah dikerjakan oleh Adelia ini merupakan salah satu jalan pengganti skripsi untuk menyelesaikan kuliah. Namun, berhubung dia bisa menyelesaikannya karena keberlanjutan tugas dan ia menekuni penelitian tersebut, maka Adelia bisa mencuri start untuk sidang terlebih dahulu.

“Jadi saya mengerjakan tugas tersebut di semester 3 dan mengunggahnya. Ternyata, pada saat saya semester 4 awal jurnal tersebut sudah terpublikasi. Sehingga saya bisa melakukan sidang di semester 5”. Lanjutnya.  Ia juga bersyukur dengan adanya lingkungan yang mendukung dia sehingga ia lebih bersemangat untuk mengerjakan tugas yang akhirnya menjadi jalur kelulusan dia di perkuliahan. 

“Saya bersyukur dan lega akhirnya saya sudah menyelesaikan salah satu tanggung jawab saya sebagai mahasiswa yaitu menyelesaikan tugas akhir berupa jurnal. Jadi sekarang saya tinggal mengikuti mata kuliah lain yang belum terselesaikan”. Pungkas Adelia.

(Romadhona S.)

Related Posts

Selamat! Mahasiswa Ikom Umsida Raih 3 Medali Dalam Kejuaraan Renang Tingkat Nasional

Prodi Ilmu Komunikasi Umsida seolah tidak pernah kehabisan mahasiswa berprestasi....

Nonton bareng Film “Balada Si Roy” Bersama IDN Pictures Dan COMMA

Kerja sama antara Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dengan...

Leave a Reply