Persiapan Terjun ke Dunia Presenter, SILAT APIK PTMA Adakan Workshop dan Lomba Anchor

Selanjutnya yang ada di dalam rangkaian silat apik PTM 2022 yaitu lomba anchor. Secara sederhana, lomba ini merupakan salah satu kesempatan untuk mengasah mahasiswa ilmu komunikasi dalam mengasah kemampuan menjadi seorang presenter.

Acara ini diselenggarakan di laboratorium TV yang meliputi dua agenda yaitu workshop dan kompetisi. Workshop dilakukan sejak pukul 9 pagi hingga sekitar pukul 12 siang yang menjelaskan tentang bagaimana kiat-kiat menjadi seorang presenter dan juga mencontohkan cara menjadi penyiar berita yang baik dan benar.

Jadi saat workshop dijelaskan tentang apa yang harus dipersiapkan dan ketentuan mengenai lomba anchor. Tema yang akan disampaikan oleh peserta di lomba ini yaitu pemberitaan tentang SILAT APIK PTMA 2022. “Saat pagi, para peserta dikumpulkan di aula KH Mas Mansyur sembari menunggu setting alat. Setelahnya, mereka diarahkan ke lab TV agar lebih leluasa dan bisa praktek secara langsung. Workshop dilakukan di sini,” ucap Fika selaku penanggungjawab lomba anchor.

Peserta diberikan waktu sekitar 7 menit dalam menyampaikan berita. Sebelum itu, mereka membuat bahan siaran berupa teks sesuai dengan kreativitasnya. Peserta dalam lomba ini yaitu sekitar 17 anak dalam negeri, dan beberapa lagi dari luar negeri seperti China, Filipina, dan India. dalam regulasinya, mereka bebas untuk mendaftarkan perwakilan setiap kampus lebih dari satu orang.

“Memang sempat ada beberapa kendala yang membuat peserta kurang maksimal. Tapi Alhamdulillah lombanya berjalan lancar hingga akhir,” pungkasnya.

(Fernanda A.)

Related Posts

Selamat! Mahasiswa Ikom Umsida Raih 3 Medali Dalam Kejuaraan Renang Tingkat Nasional

Prodi Ilmu Komunikasi Umsida seolah tidak pernah kehabisan mahasiswa berprestasi....

Nonton bareng Film “Balada Si Roy” Bersama IDN Pictures Dan COMMA

Kerja sama antara Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dengan...

Leave a Reply