Yuk Simak Cara Lulus Cepat Jalur Pengabdian Masyarakat !

Pengabdian masyarakat (Abdimas) dapat kalian jadikan opsi yang tepat untuk tugas akhir loh sobat mbois! Ditambah lagi, saat menteri pendidikan dan kebudayaan Indonesia telah mencabut regulasi skripsi sebgai syarat wajib keulusan mahasiwa.

Bentuk dari tugas akhir yang kalian pilih sekarang menjadi lebih efisien untuk diselesaikan. Nah salah satunya ya pengabdian masyarakat ini. Selain dapat dijadikan tugas akhir, kegiatan ini juga memiliki manfaat yang beragam loh sobat mbois.

Mulai penasaran apa sih itu pengabdian masyarakat ? Dosen prodi Ilmu komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang menerapkan tugas akhir berupa abdimas pada mahasiswanya, Ainur Rochmaniah, M.Si akan memberikan informasi tersebut, Yuk simak penjelasan lengkapnya !

1. Pengertian Pengabdian Masyarakat

Pengabdian masyarakat atau biasa disebut dengan Abdimas merupakan suatu implementasi praktis dari pengetahuan, tekonologi, seni dan budaya melalui pendekatan ilmiah. Hal tersebut bertujuan untuk memperluas pengaruh Tri Dharma Perguruan Tinggi terhadap masyarakat luas loh sobat mbois.

Selain itu kegiatan abdimas merupakan wujud dari tanggung jawab moral dan intelektual perguruan tinggi dalam mendukung pembangunan nasional. Mahasiswa tidak hanya memberikan pengetahuan saja, namun juga melibatkan inovasi, solusi dan interaksi yang aktif didalamnya.

Hal ini membantu dalam mengisi kesenjangan antara teori dan praktik, serta memfasilitasi penerapan inovasi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Melalui pengabdian ini, perguruan tinggi berperan sebagai agen perubahan positif yang dapat mempercepat pencapaian tujuan pembangunan nasional. Dengan demikian, pengabdian kepada masyarakat bukan hanya tanggung jawab akademik, tetapi juga moral dan sosial yang mendalam bagi institusi pendidikan tinggi.

Nah kegiatan abdimas saat kuliah merujuk pada praktik di mana mahasiswa melibatkan diri dalam berbagai kegiatan yang bertujuan untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat tanpa mengharapkan imbalan finansial. Hal tersebut merupakan bagian penting dari pendidikan tinggi yang mengintegrasikan pengetahuan teoritis yang telah kalian dapatkan selama kuliah dengan pengalaman nyata dalam masyarakat.

“Membantu UMKM mempromosikan produk melalui media sosial atau market place, melakukan suatu pelatihan terhadap masyarakat berupa fotografi, pengembangan sosial media, bagaimana cara membuat konten yang bermanfaat dan berkuliatas adalah salah satu bentuk dari abdimas di bidang komunikasi yang dapat kalian lakukan” Ujar Ibu Ainur Rochmaniah, M.Si.

Bagaimana sobat mbois dari definisi abdimas tersebut, kalian tertarik mengambil opsi tugas akhir dengan kegiatan ini ?

Baca Juga : 15 Rekomendasi Lagu untuk Nemenin Kamu Nugas !

2. Apa Aja Manfaat Pengabdian Masyarakat ?

Kemudian kita berbicara mengenai manfaat kegiatan abdimas.

Melalui pengabdian masyarakat, mahasiswa memiliki peluang untuk secara aktif mengidentifikasi masalah-masalah konkret yang dihadapi oleh masyarakat. Kalian bisa terlibat langsung dalam komunitas, berinteraksi dengan warga, dan memahami tantangan yang dihadapi. Ini membantu mahasiswa mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang kehidupan masyarakat di luar lingkungan akademis.

Selanjutnya, kegiatan pengabdian masyarakat memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan akademis yang telah kalian pelajari dalam situasi dunia nyata. Kalian dapat merancang dan mengimplementasikan solusi berdasarkan bukti dan penelitian. Hal ini tidak hanya menguji pemahaman teoritis, tetapi juga memungkinkan kalian mengembangkan keterampilan praktis yang sangat berharga.

Selain aspek akademis, pengabdian masyarakat juga melatih mahasiswa dalam kemampuan interpersonal dan kepemimpinan. Kalian bisa belajar bagaimana berkomunikasi dengan berbagai kelompok dalam masyarakat, mengelola proyek, serta bekerja sama dalam tim. Semua ini membentuk mahasiswa menjadi individu yang lebih terampil dan sadar akan tanggung jawab sosial mereka.

Dengan demikian, pengabdian masyarakat bukan hanya tentang memberikan manfaat kepada masyarakat yang dilayani, tetapi juga tentang pengembangan pribadi dan akademik mahasiswa. Kegiatan ini dapat membuka peluang untuk merespons masalah sosial, mempraktikkan ilmu pengetahuan, dan membentuk sobat mbois sebagai mahasiswa menjadi individu yang lebih terhubung dan bertanggung jawab terhadap masyarakat dan bangsa.

Baca Juga : Tips Melakukan Public Speaking, Atasi Gugup di Depan Umum

3. Peran Mahasiswa dalam Pengabdian Masyarakat

Berikutnya akan membahas tentang peran mahasiswa dalam Abdimas yang sangat penting dan beragam. Kalian adalah agen perubahan yang aktif dalam membawa manfaat kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan pengabdian. Berikut ini adalah penjelasannya :

  • Peneliti Sosial : Kalian akan melakukan penelitian untuk mengidentifikasi masalah masyarakat.
  • Penggiat Sosial : Mengorganisir kegiatan dan program untuk meningkatkan kondisi sosial.
  • Pendamping Masyarakat : Mahasiswa bekerja langsung dengan individu atau kelompok masyarakat yang memerlukan bantuan.
  • Pengajar : Memberikan edukasi dan pelatihan kepada masyarakat tentang berbagai isu penting.
  • Pengembang Komunitas: Melibatkan warga dalam perencanaan dan pelaksanaan proyek pengembangan komunitas.
  • Pelopor Inovasi : Mahasiswa membawa gagasan dan solusi inovatif untuk permasalahan masyarakat.
  • Pemantau dan Evaluasi : Membantu dalam mengukur dampak proyek dan mengidentifikasi perbaikan yang perlu perbaikan.

Baca Juga : Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi Bisa Kerja Apa?

4. Kapan Pelaksanaan Kegiatan Abdimas ?

Kemudian jika sobat mbois bertanya kapan sih baiknya kalian melakukan abdimas itu?

Kegiatan abdimas dalam konteks perkuliahan khususnya di Prodi Ilmu Komunikasi dapat kalian jadikan suatu artikel yang nantinya artikel tersebut dapat membawa kalian untuk menyelesaikan tugas akhir.

Nah cara agar artikel kalian ini dapat pengakuan dari dosen berupa nilai tugas akhir, maka sesuaikan dengan mata kuliah yang memerlukan suatu kegiatan pengabdian masyarkat. Kampus menyetujui beberapa opsi untuk tugas akhir minimal di semester 5, jadi kalian harus mulai bertanya pada dosen apakah mata kuliah tersebut memerlukan pengabdian terhadap masyarakat. Jika iya, kalian bisa mulai survey terlebih dahulu permasalahan yang terjadi dalam masyarakat kemudian buat proposal dan serahkan kepada dosen terkait.

Saat ini telah banyak mahasiswa yang memilih tugas akhir jalur abdimas ini karena dianggap lebih efisien. “Kebanyakan dari mereka mengambil abdimas ini pada semester 6 khususnya mata kuliah New Media dan Corporate Public Relation (CSR).” Ujar dosen Ilmu Komunikasi tersebut.

Selain dapat mengembangkan dan menyalurkan kemampuan pada masyarakat kalian juga bisa berkesempatan lulus kuliah dengan lebih cepat. Jadi siapkan secara matang mulai dari sekarang ya sobat mbois !

5. Langkah Langkah Melakukan Kegiatan Abdimas

Yang terakhir adalah hal yang kalian tunggu tunggu kan? bagaimana cara melakukan kegiatan abdimas ini? Yuk simak penjelasannya :

  • Identifikasi Masalah : Identifikasikan masalah sosial, ekonomi, atau lingkungan yang akan kalian bantu selesaikan. Ini bisa melibatkan penelitian lapangan dan interaksi dengan komunitas.
  • Perencanaan : Buat rencana proyek yang jelas. Kalian harus menetapkan tujuan, sumber daya yang perlu , jadwal, dan langkah-langkah konkret yang akan kalian capai nantinya.
  • Kolaborasi : Kerjasamalah dengan berbagai pihak, termasuk komunitas lokal, organisasi nirlaba, atau pemerintah setempat. Ini dapat memperkuat dampak proyek sobat mbois.
  • Implementasi : Lakukan aktivitas yang telah sobat mbois rencanakan. Ini bisa termasuk memberikan pelatihan, penyuluhan, atau mengorganisir acara sosial.
  • Pemantauan : Pantau kemajuan proyek secara teratur. Kalian harus mengamati dampak yang telah tercapai dan apakah perlu melakukan perubahan pada pendekatan tersebut.
  • Evaluasi : Evaluasilah hasil proyek kalian ya sobat mbois. Mengevaluasi apakah tujuan telah tercapai, dan identifikasi pelajaran yang dapat kalian jadikan pelajaran untuk proyek selanjutnya.
  • Dokumentasi : Catat seluruh kegiatan dan hasil proyek. Ini termasuk data, foto, dan kesaksian masyarakat yang mungkin berguna untuk melaporkan proyek dan membagikan pengalaman.
  • Berbagi Hasil : Sampaikan hasil dan manfaat proyek kepada masyarakat, pihak berkepentingan, serta institusi pendidikan. Ini membantu dalam mempromosikan kesadaran tentang peran positif yang oleh pengabdian masyarakat.
  • Berlanjut atau Skala : Setelah menyelesaikan satu proyek, pertimbangkan apakah kalian ingin melanjutkan pengabdian masyarakat atau bahkan memperluas dampaknya ke komunitas yang lebih luas.
  • Refleksi dan Pembelajaran : Ambil waktu untuk merenungkan pengalaman yang tel. Pertimbangkan apa yang berhasil dan apa yang memerlukan perbaikan untuk proyek berikutnya.

“Pengabdian adalah suatu kegiatan berkelanjutan yang menghasilkan manfaat untuk banyak pihak. Baik untuk masyarakat itu sendiri juga kalian yang melakukan kegiatan tersebut. Lakukan survey dengan teliti siapa yang akan kalian bantu dan permasalahan apa yang tengah terjadi pada masyarakat tersebut. Selalu lakukan diskusi timbal balik yang efektif adalah kunci dari suatu pengabdian masyarakat.” Tegas Ibu Ainur Rochmaniah, M.Si.

Nah cukup jelas bukan informasinya? Untuk mengetahui hal menarik lainnya kunjungi Instagram Ikom Mbois ya!

Penulis : Della Puspita

Leave a Reply

Bertita Terkini

Kuliah Tamu di UTAR Malaysia, Dosen Ikom Umsida Soroti Pengaruh Media dalam Pilpres 2024
28/05/2024By
Sorotan ICEMSS 2024: Kolaborasi Internasional Tingkatkan Inovasi Media dan Ilmu Sosial di Bali
28/05/2024By
Opening Ceremonial ISE 2024: Ikom Umsida Bangun Jaringan Internasional dengan Tiga Universitas
22/05/2024By
Lebih dekat dengan dunia penyiaran, mahasiswa Ikom Umsida lakukan kunjungan media di LPP RRI Surabaya
15/05/2024By
Mahasiswa Ikom Umsida Lakukan Kunjungan Media ke DJFM Surabaya: Inspirasi dan Inovasi di Udara
14/05/2024By
Ikom Umsida Berikan Harapan Lewat Sumbangan Terpal untuk Hunian Sementara Korban Gempa Bawean.
19/04/2024By
2 Dosen Ikom Umsida Perkuat Kerjasama Internasional Melalui Program ICT di UTAR Malaysia
18/04/2024By
maskot ikom
Ikom Umsida Luncurkan Maskot “Si Kombi” Karya Mahasiswa Semester 8
31/03/2024By

Prestasi

ikom umsida
Melampaui Batas : Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
02/03/2024By
Sesuai Target, Mahasiswa Ikom Sabet Tiga Medali Emas Cabor Renang Pada Pomprov Jatim 2023
23/07/2023By
Seimbangnya Pengetahuan dan Skill Menjadi Kunci Mahasiswa Ikom Dalam Meraih Juara Pada PILMAPRES PTMA
15/04/2023By
Battle of Agencies Berakhir, Selamat Kepada Para Pemenang!
06/03/2023By
Top! Lagi Lagi Mahasiswa Ikom Borong Medali Juara Dalam Kejuaraan Karate Nasional
20/02/2023By
Selamat! Mahasiswa Ikom Umsida Raih 3 Medali Dalam Kejuaraan Renang Tingkat Nasional
07/02/2023By
Berbagai Film Karya Anak Bangsa Ditampilkan Di CSFC 2023
17/01/2023By
Ikuti Turnamen Offline Perdana Setelah Pandemi, Shinta Berhasil Membawa Pulang Dua Piala
17/10/2022By

Nur Maghfirah A., M.Med.Kom

Nama:

Tanggal Lahir

Scholar:

OJS:

Scopus:

 

This will close in 20 seconds