Tips Melakukan Public Speaking, Atasi Gugup di Depan Umum

Saat ini kemampuan berbicara di depan umum atau public speaking banyak digunakan. Misalnya saat presentasi, seminar, briefing,  atau bahkan saat menjelaskan informasi kepada kelompok kecil. Public speaking bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada khalayak luas. Dengan public speaking yang bagus, audiens akan lebih mudah memahami pesan yang disampaikan.

Namun sayangnya, salah satu kemampuan dari rumpun ilmu komunikasi ini kerap menimbulkan rasa gugup saat akan berbicara di depan umum. Oleh karena itu, di artikel ini kita akan membahas cara mengatasi gugup saat berbicara di depan umum. 

Dosen prodi Ilmu komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang pernah menjabat sebagai kepala prodi selama 12 tahun, Ainur Rochmaniah, M.Si akan berbagi tips tersebut, yuk simak selengkapnya.

Tips Melakukan Public Speaking

1. Mengetahui Audiens yang akan diajak berinteraksi

Sebelum menyampaikan suatu informasi di depan khalayak umum, akan lebih baik mengetahui kepada siapa kita akan berbicara. Seperti usia latar belakang atau kalangan tertentu. 

Misalnya peserta seminar yang dihadiri oleh kalangan remaja. Dengan mengetahui peserta tersebut, pembicara bisa memiliki pandangan tentang bagaimana cara menyampaikan informasinya. Berbeda lagi ketika menyampaikan sosialisasi kepada anak-anak. Pembicara  bisa menyelaraskan antara topik pembahasan dengan audiens agar mudah dimengerti.

“Dengan mengetahui kepada siapa kita berbicara, maka kita bisa percaya diri dan paham tentang bagaimana cara menyampaikan informasi dengan baik”. ujar dosen yang mengajar mata kuliah public speaking Ikom Umsida ini.

Baca juga: Tips Agar Mahir dalam Menulis, Simak Agar Bisa Konsisten

2. Mendalami topik saat public speaking

Dengan mendalami topik, kita bisa lebih leluasa berbicara karena sudah tahu dan paham apa yang akan diutarakan dalam suatu forum. Gaya penyampaian yang lues membuat pesan bisa lebih mengalir karena telah menguasai topik. Hal ini tentu bisa mengurangi rasa gugup saat berbicara di depan umum.

Penguasaan materi berguna untuk mengantisipasi adanya waktu hening di tengah penyampaian pesan akibat topik pembahasan yang dirasa sudah habis. Kamu bisa memperdalam materi saat membuatnya, kamu juga bisa membuat catatan kecil diluar presentasi untuk kamu improvisasi.

3. Menyesuaikan gaya bahasa dengan audiens

Seperti yang telah dibahas di atas, kita juga perlu menelisik target audiens dari berbagai aspek, salah satunya bahasa yang mereka gunakan sehari-hari. Kamu juga bisa mencari tahu kosakata khas yang mereka gunakan.

Misalkan daerah Surabaya yang terkenal dengan sapaan “rek”, atau Medan dengan kata “horas”. Dengan kosakata tersebutlah, audiens merasa lebih dekat dengan kita, dan kita juga terkesan lebih akrab.

4. Menjalin interaksi saat public speaking

Untuk memiliki kemampuan berbicara di depan umum dengan baik, kita bisa memanfaatkan situasi di lapangan. Salah satunya yaitu dengan improvisasi atau menjalin interaksi dengan audiens. Ada banyak interaksi yang bisa dilakukan. 

Misalnya bertukar pendapat tentang suatu topik. Kamu bisa menanyakan pandangan audiens terkait materi sehingga komunikasi terjalin dua arah. Atau kamu melemparkan pertanyaan terkait materi mu kepada mereka. Sebaliknya, jika mereka bertanya, kamu bisa menawarkan kepada peserta lain untuk memberikan kesempatan untuk menjawab. Hal ini dapat mencairkan suasana agar lebih lues, kamu pun bisa menguasai keadaan tanpa gugup.

Baca juga: CV dan Portofolio, Beda atau Sama? Yuk Simak!                          

5. Fokus dengan salah satu audiens

Ini merupakan kiat agar kamu lebih mudah menjalin interaksi dengan audiens. Saat melakukan public speaking, perhatikan salah satu peserta yang menurutmu menarik, berbeda atau eye catching. Audiens seperti ini biasanya mudah ditemui karena terlihat ‘berbeda’ dengan lainnya, entah paling aktif, easy going, atau lainnya. 

“Biasanya ada satu peserta itu yang eye catching. Nah dia bisa kita ajak berdiskusi terlebih dahulu agar suasana menjadi cair. Interaksinya pun cukup yang ringan-ringan saja”, lanjut Ainur.

Setelah itu, kamu bisa mengajaknya untuk berdiskusi atau sekedar melempar pertanyaan ringan. Audiens seperti ini juga bisa menghidupkan suasana agar tidak terlalu kaku dan kamu juga bisa lebih percaya diri untuk diskusi dengan mereka.

Nah, itulah beberapa tips agar kamu tidak lagi gugup saat melakukan public speaking. Mengingat kegunaan skill ini yang semakin dicari, kamu bisa berlatih dari lingkup kecil. Contohnya ketika presentasi di kelas, briefing saat kerja kelompok, atau saat menyampaikan pengumuman di kelas. Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih banyak informasi lainnya, kamu bisa cek di laman Instagram Ikom Umsida di sini.

Penulis: Romadhona S. 

Leave a Reply

Bertita Terkini

Upgrading Himakom : Langkah Strategis Menuju Himpunan yang Berkemajuan
24/07/2024By
Lebih Dekat dengan Komunitas Communication Cinema
20/07/2024By
Dibalik Hasil Karya Film : Goresan Jiwa di Atas Kanvas
18/07/2024By
Afrian Arisandy Berbagi Pengalaman dan Tips Akting di COMFIS 6
16/07/2024By
COMFIS 6 Kembali Digelar dengan Konsep Screening Camp: Karya Mahasiswa Ikom Umsida
16/07/2024By
Intip Antusias Pelaksanaan UAS Mata Kuliah Fotografi Mahasiswa Ikom Umsida
15/07/2024By
Ikom Umsida Turut Bergabung dalam International Conference dan Cultural Exchange di Thailand
09/07/2024By
2 Mahasiswa Ilmu Komunikasi Umsida Lolos Tim PPK Ormawa
09/07/2024By

Prestasi

Selesaikan studi selama 3,5 tahun sekaligus menjadi mahasiswa berprestasi.
07/07/2024By
Lulusan Terbaik Prodi Ilmu Komunikasi, Cetak Generasi Penuh Talenta
01/07/2024By
Mahasiswa Ikom Umsida Unjuk Bakat pada FBHIS Fest 2024
01/07/2024By
ikom umsida
Melampaui Batas : Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
02/03/2024By
Sesuai Target, Mahasiswa Ikom Sabet Tiga Medali Emas Cabor Renang Pada Pomprov Jatim 2023
23/07/2023By
Seimbangnya Pengetahuan dan Skill Menjadi Kunci Mahasiswa Ikom Dalam Meraih Juara Pada PILMAPRES PTMA
15/04/2023By
Battle of Agencies Berakhir, Selamat Kepada Para Pemenang!
06/03/2023By
Top! Lagi Lagi Mahasiswa Ikom Borong Medali Juara Dalam Kejuaraan Karate Nasional
20/02/2023By

Nur Maghfirah A., M.Med.Kom

Nama:

Tanggal Lahir

Scholar:

OJS:

Scopus:

 

This will close in 20 seconds