CV dan Portofolio, Beda atau Sama? Yuk Simak!

Ikomumsida.ac.id – CV dan portofolio merupakan dua aspek penting yang harus dipahami oleh seluruh kalangan terutama mahasiswa yang akan menghadapi dunia kerja setelah lulus dari universitas tempat ia belajar. Bagi beberapa orang mungkin keduanya dianggap sebagai dua hal yang hampir sama akan tetapi mereka tidak mengerti bahwa CV dan portofolio memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Pembuatan CV dan portofolio merupakan salah satu hal yang menentukan bagaimana seseorang menentukan kualitas dirinya. tidak heran jika salah satu syarat dalam melamar pekerjaan adalah membuat CV dan portofolio. Pembuatan tersebut bertujuan agar HRD dapat mengetahui bibit dan bobot calon pelamar kerja di Perusahaan.

Sumber: pexels

Agar kalian mengerti tentang perbedaan keduanya dan tidak melakukan kesalahan saat pembuatannya di sini kita akan memberikan cara membedakan CV dan portofolio untuk sobat mbois semuanya.

Definisi CV dan Portofolio

CV (Curriculum Vitae) merupakan dokumen yang  menjelaskan tentang perjalanan hidup dan perkenalan seseorang secara singkat. Dokumen ini sangat berguna bagi rekruter suatu perusahaan dalam mengenal suatu calon pelamar pekerja dengan cepat. Dan perusahaan dapat menentukan apakah orang tersebut sesuai dengan kriteria atau tidak.


Portofolio merupakan suatu dokumen yang berisi  kumpulan karya dan proyek yang telah dilakukan sebelumnya. Portofolio biasanya digunakan oleh pekerja yang berhubungan dengan estetika seperti fotografi, videografer, seniman dll. Selain itu portofolio juga berfungsi sebagai personal branding.
Menurut cakeresume.com, perbedaan antara CV dan Portofolio dapat dibagi menjadi 4 poin.

Baca juga: Tips Agar Mahir dalam Menulis, Simak Agar Bisa Konsisten

Perbedaan CV dan Portofolio

‌1. TUJUAN

Perbedaan pertama dri kedua dokumen ini ada pada tujuannya. Tujuan CV adalah untuk menginformasikan siapa diri kamu melalui biodata, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, serta kemampuan yang kamu miliki. Tujuan portofolio adalah untuk menunjukkan dan membuktikan skill dan potensi yang kamu miliki. Portofolio menjadi alat bukti bahwa apa yang kamu cantumkan dalam CV memang benar.


Dalam contoh portofolio desain grafis, seorang desainer yang mencantumkan kemampuan memakai Adobe Illustrator pada CV nya akan menunjukkan hasil karya menggunakan Adobe Illustrator ke dalam portofolionya sebagai bukti.

‌2. ISI DAN STRUKTUR

Perbedaan selanjutnya terletak pada isi dan struktur kedua file ini. CV mencakup data yang lengkap namun ringkas, dan umumnya ditampilkan pada ukuran kertas A4 atau HVS. Strukturnya meliputi informasi diri, deskripsi diri, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, skill tambahan.


Lalu, struktur portofolio mencakup hasil karya yang dipresentasikan secara mendetail. Ukuran portofolio pun beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelamar kerja. Struktur Portofolio meliputi informasi pribadi, pencapaian, kumpulan karya, kontak informasi.

‌3. SIFAT

Sifat dari kedua jenis dokumen ini juga bebeda, CV selanjutnya adalah sifatnya umum karena informasi yang tertera merupakan ringkasan mendasar tentang diri kamu. Oleh karena itu, CV dapat digunakan berulang kali dan bisa juga digunakan untuk melamar berbagai posisi pekerjaan. Portofolio bersifat spesifik karena hasil karya atau isi yang dipresentasikan disusun untuk tujuan spesifik, sesuai dengan posisi yang kamu lamar.


Sebagai contoh, CV mencakup data umum seperti riwayat pendidikan dan pengalaman kerja yang bersifat tetap ketika kamu melamar pekerjaan apapun. Sedangkan portofolio menampilkan karya yang diinginkan perusahaan. Misalnya, kamu tidak seharusnya menunjukkan karya tulisan kamu ketika melamar posisi arsitektur.

Baca juga: Tips Melakukan Public Speaking, Atasi Gugup di Depan Umum

‌4. KEGUNAAN

Perbedaan kedua dokumen ini selanjutnya adalah kegunaanya. Umumnya CV hanya diperlukan ketika melamar kerja.Portofolio tidak hanya digunakan untuk melamar kerja, tetapi bisa juga untuk mengembangkan personal brand, menawarkan jasa atau servis, mempresentasikan bisnis (company profile), dll.

Nah, itulah merupakan perbedaan antara CV dan portofolio yang perlu kalian ketahui. Informasi ini bisa kamu gunakan untuk mempersiapkan berkas di berbagai keperluan seperti pendidikan atau pekerjaan. Untuk mengetahui informasi menarik lainnya, kamu bisa kunjungi Instagram Prodi Ilmu Komunikasi Umsida di sini.

Penulis: Fernanda A.

Leave a Reply

Nur Maghfirah A., M.Med.Kom

Nama:

Tanggal Lahir

Scholar:

OJS:

Scopus:

 

This will close in 20 seconds