Tips Agar Mahir dalam Menulis, Simak Agar Bisa Konsisten

Kegiatan menulis tentu tidak asing ditelinga kita. Menulis sendiri merupakan hal dasar yang dilakukan dari kalangan anak sekolah dasar maupun orang dewasa. Menulis secara harfiah merupakan goresan tinta yag ditorehkan kedalam kertas. Akan tetapi untuk saat ini menulis juga mengikuti perkembangan teknologi. Menulis bukan hanya dikerts saja tetapi juga bisa melalui Ms.Word, Blogspot ataupun Wattpad. Oleh karena itu didalam tulisan ini kita akan membahas tentang tips agar kamu konsisten dalam menulis.

Tips konsisten menulis

1. Membiasakan membaca  

Membaca merupakan jendela dunia, dengan membaca kita dapat memiliki bebrapa referensi untuk kita tuangkan dalam tulisan sehingga tulisan yang kita hasilkan tidak mononton dan enak dibaca. Dengan membiasakan menulis, dapat membuat otak kita semakin bervariasi dalam menuangkan ide. Membiasakan menulis tidak harus tiap jam,bisa dengan sehari sekali. Akan tetapi kalau tidak bisa kita kurangi dengan 3 hari sekali atau seminggu sehari, Bisa juga dengan menulis 300 kata tiap harinya, untuk menaikkan level bisa ditingkatkan lagi menjadi 500 – 750 kata tiap harinya. Serta perlunya untuk membuat target dalam menulis

2. Membiasakan menulis hal-hal kecil

Penulis juga harus terbiasa dalam menulis dan menentukan waktu kapan yang pas untuk mengeluarkan ide-ide dalam fikirannya. Kamu bisa mulai menulis dari hal-hal kecil terlebih dahulu, seperti to do list, catatan kecil saat kerja, atau note singkat sebagai pengingat sesuatu.

Memang hal tersebut terdengar sepele. Namun jika kamu lakukan dengan konsisten, maka kamu bisa semakin terbiasa untuk menulis dan semakin lama kamu akan lebih konsisten.

3. Menulis ide yang muncul di kepala

Setiap ide yang keluar di kepala,sesegera mungkin langung tuangkan dalam tulisan, entah poinnya bisa dicatat di HP atau kertas kecil. Karena kalau tidak begini kemungkinan besar kita akan lupa dengan bahan tulisan yang akan kita tulis.

Jika sudah terbiasa dengan hal ini, maka kamu bisa memperbanyak tulisanmu ke dalam karya yang lebih luas seperti buku harian, jurnal pribadi, atau bahkan buku. Ditambah lagi, dengan segera mencatat ide kita temui, kita akan lebih mudah menemukanny alagi sehingga dapat dikembangkan lebih mudah.

Baca juga: Tips Melakukan Public Speaking, Atasi Gugup di Depan Umum

4. Menulis dengan hati

Menulis dengan hati disini dimaksudkan bahwa menulis bisa dimana saja dan kapan saja akan tetapi dengan keadaan tenang. Kamu bisa menulis dengan mendengarkan musik sesuai dengan mood, atau bisa juga didampingi dengan makanan atau minuman favorit kita. Karena dengan hal begini biasanya ide muncul dengan mengalir.

Tak hanya saat suasana hati sedang baik saja, kamu juga bisa menulis di saat suasana hati sedang kalut, atau sedang bersedih. Keadaan seperti itu justru bisa menghasilkan tulisan dengan genre yang berbeda. Keadaan itu juga bisa kamu gunakan untuk menuangkan apa yang ada di pikiran dan perasaanmu melalui tulisan.

5. Menanamkan tanggung jawab

Dari beberapa tips diatas, jika hal utama tidak dilakukan sepertinya akan sia-sia. Hal utama yang harus dimiliki oleh penulis adalah rasa tanggung jawab. Hal ini dapat membuat kita tidak menyepelekan beberapa tips diatas, dengan rasa tanggung jawab hal ini membuat kita melaksankan beberapa tips diatas dengan perlahan.

Misalnya, di minggu pertama kamu bisa menghasilkan tulisan yang cukup baik. Maka di minggu berikutnya, kamu harus meningatkan kemampuan menulismu. dengan begitulah secara perlahan kamu bisa konsisten dalam menulis.

6. Beri reward pada diri sendiri ketika selesai menulis

Tak hanya dalam hidup, menulispun kita memiliki target dimana target salah satunya seperti yang saya jelaskan diatas, entah dengan menyelesaikan tambahan kata atau tulisa tiap harinya. Hal ini justru membuat diri kita semakin terdorong untuk melkukan tulisan karna kita mendapatkan reward dari target yang sudah kita tentukan.

7. Memahami gaya penulisan sendiri.

Sebagai seorang penulis, memhami tulisan sendiri tentu merupakan hal yang tidak mudah, kita perlu membaca kembali tulisan yang kita susun. Dengan begitu, kita dapat memahami perkembangan gaya penulisan kita dan dapat mengetahui mana yang kelebihan dan kekuragan pada penulisan kita. Sehingga tulisan kita dapat dipahami dengan mudah oleh pembaca.

Selain membaca dan memhami tulisan kita sediri, kita juga perlu membaca tulisan orang lain agar dapat membandingkan tulisan kita dengan orang lain, toh tidak ada salahnya dalam membandingkan tulisan kita dengan orang lain. Justru hal ini dapat membuat kita mampu dalam memahami banyak gaya bahasa dalam penulisan.

Tiap penulis memiliki ciri khas dan taste tersendiri, jadi jangan minder jika tulisanmu memiliki gaya yang berbeda dengan tulisan lainnya.

Baca juga: Pengertian FOMO dan Dampaknya Bagi Kesehatan

8. Berdiskusi dengan sesama penulis

Dengan berdiskusi kita tentu dapat bertukar fikiran dalam menulis. Hal ini juga dapat menjadi brainstroming untuk mengetahui apakah tulisan yang kita tuangkan sesuai atau perlu dikembangkan lagi. Selain itu, berdiskusi dengan sesama penulis dapat bermanfaat sebagai sara pertukaran ide dan gagasan sehingga diksi dan gaya penulisan dapat lebih baik.

Nah, itu lah tips dalam menulis yang dapat kalian lakukan, jangan lupa untuk dilakukan secara perlahan namun berkelanjutan agar mendapatkan hasil yang diingkinan. Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih banyak informasi lainnya, kamu bisa cek di laman Instagram Ikom Umsida di sini.

*Sumber foto: Pexels

Penulis: Vika A.

Penyunting: Romadhona S.

Leave a Reply

Bertita Terkini

Kuliah Tamu di UTAR Malaysia, Dosen Ikom Umsida Soroti Pengaruh Media dalam Pilpres 2024
28/05/2024By
Sorotan ICEMSS 2024: Kolaborasi Internasional Tingkatkan Inovasi Media dan Ilmu Sosial di Bali
28/05/2024By
Opening Ceremonial ISE 2024: Ikom Umsida Bangun Jaringan Internasional dengan Tiga Universitas
22/05/2024By
Lebih dekat dengan dunia penyiaran, mahasiswa Ikom Umsida lakukan kunjungan media di LPP RRI Surabaya
15/05/2024By
Mahasiswa Ikom Umsida Lakukan Kunjungan Media ke DJFM Surabaya: Inspirasi dan Inovasi di Udara
14/05/2024By
Ikom Umsida Berikan Harapan Lewat Sumbangan Terpal untuk Hunian Sementara Korban Gempa Bawean.
19/04/2024By
2 Dosen Ikom Umsida Perkuat Kerjasama Internasional Melalui Program ICT di UTAR Malaysia
18/04/2024By
maskot ikom
Ikom Umsida Luncurkan Maskot “Si Kombi” Karya Mahasiswa Semester 8
31/03/2024By

Prestasi

ikom umsida
Melampaui Batas : Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
02/03/2024By
Sesuai Target, Mahasiswa Ikom Sabet Tiga Medali Emas Cabor Renang Pada Pomprov Jatim 2023
23/07/2023By
Seimbangnya Pengetahuan dan Skill Menjadi Kunci Mahasiswa Ikom Dalam Meraih Juara Pada PILMAPRES PTMA
15/04/2023By
Battle of Agencies Berakhir, Selamat Kepada Para Pemenang!
06/03/2023By
Top! Lagi Lagi Mahasiswa Ikom Borong Medali Juara Dalam Kejuaraan Karate Nasional
20/02/2023By
Selamat! Mahasiswa Ikom Umsida Raih 3 Medali Dalam Kejuaraan Renang Tingkat Nasional
07/02/2023By
Berbagai Film Karya Anak Bangsa Ditampilkan Di CSFC 2023
17/01/2023By
Ikuti Turnamen Offline Perdana Setelah Pandemi, Shinta Berhasil Membawa Pulang Dua Piala
17/10/2022By

Nur Maghfirah A., M.Med.Kom

Nama:

Tanggal Lahir

Scholar:

OJS:

Scopus:

 

This will close in 20 seconds