Sorotan ICEMSS 2024: Kolaborasi Internasional Tingkatkan Inovasi Media dan Ilmu Sosial di Bali

Ikomumsida.ac.id – Rabu, (22/05/2024) telah diselenggarakan acara bergengsi bertajuk “International Conference On Emerging New Media and Social Science” (ICEMSS) yang bertempat di Meeting Room, Quest Kuta Hotel, Bali. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa dan dosen dari beberapa universitas ternama, yaitu Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA), Burapha University (BUU) Thailand, Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR) Malaysia, dan Ajeenkya DY Patil University (ADYPU) India.

Dekan Fakultas Bisnis, Hukum, dan Ilmu Sosial Umsida Poppy Febriana, M. Med. Kom membuka acara tersebut dengan hangat. Dalam sambutannya, Poppy mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta dan mengekspresikan kegembiraannya atas keberlangsungan konferensi ini.

“I’m very happy today because we can bring back memories of ICEMSS with beautiful moments. So, I’m so happy to see all university partnerships today growing day by day,” ujar Poppy.

Lanjutnya, Ia juga berharap kolaborasi ini dapat terus terjalin dalam jangka panjang dan para peserta dapat menikmati seluruh rangkaian acara yang berlangsung hingga 25 Mei 2024.

“I hope will be our collaboration in long last thing partnership. “I hope that everyone u can enjoy because we still have a lots of to do until May,25,” lanjutnya.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama yang diikuti oleh semua peserta dan dosen.

Dalam kesempatan ini, Nur Maghfirah Aesthetika M. Med. Kom, memberikan cenderamata kepada para pembicara sebagai bentuk penghargaan.

Asst. Prof. Police Captain Dr. Vichien Tansirikongkhan, Dekan Fakultas Ilmu Politik dan Hukum dari BUU Thailand, juga turut memberikan cenderamata kepada Poppy Ferbriana sebagai simbol persahabatan antar universitas. Poppy kemudian membalasnya dengan memberikan cenderamata kepada Dr. Vichien.

Sebagai moderator acara, Poppy mempersilakan para pembicara untuk memulai presentasi.

Pemaparan materi pertama dibawakan oleh Mrs. Tuangtong Soraprasert dari Fakultas Ilmu Humaniora dan Sosial BUU Thailand, yang mengangkat tema “Netflix Original: The Rise of Southeast Asia Content.” Dalam presentasinya, Tuangtong menyoroti perkembangan konten original Netflix di Asia Tenggara.

Selanjutnya, Dr. Kirti dari ADYPU India mempresentasikan tema “Forging Authentic Connection: PR Strategies for Navigating the Hyperconnected Era.” Dr. Kirti menjelaskan strategi Public Relations (PR) yang efektif dalam era yang sangat terkoneksi saat ini.

Pemateri berikutnya adalah Mr. Didik Hariyanto dari Fakultas Bisnis, Hukum, dan Ilmu Sosial, Program Studi Ilmu Komunikasi Umsida, yang memaparkan tema “Trust Building in Digital Revolution.” Didik menguraikan bagaimana membangun kepercayaan di era revolusi digital, serta tantangan dan peluang yang ada.

Mr. Kenneth Lee Tze Wui, Senior Lecturer dan Head of Department of Mass Communication dari UTAR Malaysia, kemudian mempresentasikan tema “New Media and Governance: Lessons on Media Freedom in Malaysia.” Kenneth membahas kebebasan media di Malaysia dan pelajaran yang dapat diambil terkait dengan tata kelola media baru.

Keempat pemateri tersebut memberikan wawasan berharga dalam bidang masing-masing, mencakup perkembangan konten media, strategi PR di era digital, membangun kepercayaan di dunia digital, dan kebebasan media serta tata kelolanya.

Selain presentasi dari para pemateri tadi, konferensi ini juga memberikan penghargaan kepada para pemenang best paper.

Fayza Maulina Putri, mahasiswa semester 6 Prodi Ikom Umsida, meraih penghargaan best paper dengan tema “Netnographic Analysis of Comments from Followers of the Ian Hugen TikTok Account on Transgender.” Fayza menganalisis komentar dari pengikut akun TikTok Ian Hugen yang membahas isu transgender.

Jaruwan Mokkhuntod dari BUU Thailand juga mendapat gelar best paper dengan tema “Unity: Building Bridges in a Hyperconnected World.” Jaruwan membahas bagaimana membangun jembatan persatuan di dunia yang semakin terkoneksi.

Kharisma Sharma, mahasiswa ADYPU India, meraih penghargaan best paper dengan tema “Role of Public Relations in Corporate Social Responsibility: An Empirical Study.” Kharisma meneliti peran PR dalam tanggung jawab sosial perusahaan.

Kee Chian Yue dari UTAR Malaysia turut mendapat penghargaan best paper dengan tema “Social Media Consumption in Klang Valley: Generation Z’s Desired Content on Instagram.” Kee Chian Yue memaparkan preferensi konten yang diinginkan oleh Generasi Z di Instagram.

Konferensi ini tidak hanya menjadi ajang berbagi pengetahuan tetapi juga memperkuat hubungan antar universitas di berbagai negara, dengan harapan kolaborasi ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi dunia akademik dan praktisi di bidang media dan ilmu sosial.

Konferensi yang berlangsung hingga 25 Mei 2024 ini memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk mempresentasikan hasil penelitian mereka, bertukar ide, dan membangun jaringan dengan rekan-rekan dari berbagai negara.

Semangat kolaborasi dan inovasi yang tercipta dalam acara ini membuktikan bahwa batas geografis tidak menghalangi pertukaran pengetahuan dan pengalaman di era digital ini.

“International Conference On Emerging New Media and Social Science” 2024 menjadi tonggak penting dalam perjalanan akademik para peserta, membuka jalan bagi kerja sama lebih lanjut, dan menyemai benih-benih inovasi yang akan berkontribusi pada perkembangan ilmu komunikasi dan media di masa depan.

Acara ini tidak hanya memperkuat hubungan internasional tetapi juga mendorong pertumbuhan intelektual dan profesional bagi semua yang terlibat.

Informasi selengkapnya kunjungi

Instagram https://www.instagram.com/ikomumsida.official?igsh=OXV0dDl2eWt3MWlk

 

Penulis: Ananda P

Editor : Indah N. Ainiyah

Bertita Terkini

Kuliah Tamu di UTAR Malaysia, Dosen Ikom Umsida Soroti Pengaruh Media dalam Pilpres 2024
28/05/2024By
Opening Ceremonial ISE 2024: Ikom Umsida Bangun Jaringan Internasional dengan Tiga Universitas
22/05/2024By
Lebih dekat dengan dunia penyiaran, mahasiswa Ikom Umsida lakukan kunjungan media di LPP RRI Surabaya
15/05/2024By
Mahasiswa Ikom Umsida Lakukan Kunjungan Media ke DJFM Surabaya: Inspirasi dan Inovasi di Udara
14/05/2024By
Ikom Umsida Berikan Harapan Lewat Sumbangan Terpal untuk Hunian Sementara Korban Gempa Bawean.
19/04/2024By
2 Dosen Ikom Umsida Perkuat Kerjasama Internasional Melalui Program ICT di UTAR Malaysia
18/04/2024By
maskot ikom
Ikom Umsida Luncurkan Maskot “Si Kombi” Karya Mahasiswa Semester 8
31/03/2024By
IKA Alumni Ikom Umsida: Bangun Relasi dan Kolaborasi
31/03/2024By

Prestasi

ikom umsida
Melampaui Batas : Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
02/03/2024By
Sesuai Target, Mahasiswa Ikom Sabet Tiga Medali Emas Cabor Renang Pada Pomprov Jatim 2023
23/07/2023By
Seimbangnya Pengetahuan dan Skill Menjadi Kunci Mahasiswa Ikom Dalam Meraih Juara Pada PILMAPRES PTMA
15/04/2023By
Battle of Agencies Berakhir, Selamat Kepada Para Pemenang!
06/03/2023By
Top! Lagi Lagi Mahasiswa Ikom Borong Medali Juara Dalam Kejuaraan Karate Nasional
20/02/2023By
Selamat! Mahasiswa Ikom Umsida Raih 3 Medali Dalam Kejuaraan Renang Tingkat Nasional
07/02/2023By
Berbagai Film Karya Anak Bangsa Ditampilkan Di CSFC 2023
17/01/2023By
Ikuti Turnamen Offline Perdana Setelah Pandemi, Shinta Berhasil Membawa Pulang Dua Piala
17/10/2022By

Nur Maghfirah A., M.Med.Kom

Nama:

Tanggal Lahir

Scholar:

OJS:

Scopus:

 

This will close in 20 seconds