Opening Ceremonial ISE 2024: Ikom Umsida Bangun Jaringan Internasional dengan Tiga Universitas

Ikomumsida.ac.id – Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) gelar acara Opening Ceremonial International Study Excursion (ISE) 2024. Acara ini berlangsung di halaman depan Gedung Kuliah Bersama (GKB) 2 Umsida dan dihadiri oleh mahasiswa semester 6 serta dosen dari beberapa universitas internasional, yaitu Burapha University (BUU) Thailand, Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR) Malaysia, dan Ajeenkya DY Patil University (ADYPU) India. Selasa (21/05/2024).

International Study Excursion (ISE) adalah program unggulan yang diselenggarakan oleh Prodi Ikom Umsida.

Program ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang berharga melalui kolaborasi dengan berbagai universitas asing.

Melalui program ISE, mahasiswa Ilmu Komunikasi UMSIDA diharapkan dapat mengembangkan keterampilan komunikasi antarbudaya, memperluas jaringan internasional, dan memperoleh perspektif global yang akan berguna dalam karier mereka di masa depan.

Kegiatan Opening Ceremonial ISE 2024 berlangsung dengan meriah dan penuh antusiasme. Para peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen dari empat universitas tersebut berkumpul di halaman GKB 2 untuk mengikuti rangkaian acara pembukaan sebelum kegiatan inti ISE dimulai di Bali.

Wakil Rektor III Umsida, Nurdiansyah dalam sambutannya, menyatakan

“jaga etika,jaga almamater, lakukan kolaborasi dan improvisasi dengan empat universitas agar menghasilkan sesuatu yang baik, serta ikuti kegiatan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Semua peserta tampak gembira dapat bergabung dalam acara ini. Ini adalah kesempatan yang luar biasa untuk bertemu dan belajar bersama dengan mahasiswa dari negara lain.

Tujuan utama dari ISE tidak lain adalah memberikan pengalaman belajar yang berharga, memperkuat keterampilan komunikasi lintas budaya, dan membangun jaringan profesional internasional.  Tujuan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi mahasiswa yang terlibat.

Dengan mengikuti kegiatan ini, mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuan akademik dan non-akademik mereka, terutama dalam hal kolaborasi dan adaptasi di lingkungan global.

Tak hanya pelepasan mahasiswa ISE, tetapi juga mengintegrasikan nilai Islami dalam kegiatannya. Salah satu bentuknya adalah pemberian donasi sebesar enam juta rupiah kepada Lazismu Umsida.

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Umsida, Nur Naghfirah Aesthetika MMedKom, menjelaskan bahwa donasi tersebut berasal dari uang pendaftaran mahasiswa yang ikut dalam kegiatan ISE. “Jadi dari kegiatan ISE ini kami juga memberikan donasi yang didapat dari uang pendaftaran mahasiswa untuk disalurkan melalui Lazismu Umsida,” ujar Nur Naghfirah.

Melalui donasi ini, Nur Naghfirah berharap kegiatan ISE tidak hanya menjadi ajang pembelajaran internasional, tetapi juga membawa berkah dan manfaat bagi semua pihak yang terlibat. “Dari donasi ini kami berharap agar kegiatan kami menjadi berkah dan bermanfaat untuk semuanya,” tambahnya.

Setelah acara pembukaan di Umsida, seluruh peserta ISE dijadwalkan akan melanjutkan perjalanan ke Bali untuk mengikuti serangkaian kegiatan inti. Rangkaian kegiatan ISE meliputi seminar, workshop, dan kunjungan ke beberapa tempat. Se;uruh rangkaian kegiatan telah disusun untuk memberikan wawasan praktis mengenai ilmu komunikasi di tingkat internasional. Selain itu, mereka juga akan berkesempatan untuk mengeksplorasi keindahan budaya dan alam Bali.

Dengan diadakannya ISE 2024, Umsida berharap dapat terus memperkuat peranannya sebagai institusi pendidikan yang unggul dan mampu bersaing di kancah internasional. Kolaborasi dengan universitas dari Thailand, Malaysia, dan India ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi seluruh peserta dan membuka peluang kerja sama yang lebih luas di masa mendatang.

Kegiatan ini tidak hanya menjadi momen penting bagi mahasiswa untuk belajar dan berkembang, tetapi juga sebagai langkah strategis bagi Umsida dalam memperluas jaringan dan meningkatkan kualitas pendidikan melalui kolaborasi internasional.

ISE 2024 diharapkan dapat memperkuat kemampuan akademik dan non-akademik mahasiswa serta memperluas jaringan profesional internasional. Melalui acara ini, Umsida menunjukkan komitmennya untuk terus berkembang sebagai institusi pendidikan yang unggul di tingkat global.

Informasi selengkapnya kunjungi Instagram https://www.instagram.com/ikomumsida.official?igsh=OXV0dDl2eWt3MWlk

Penulis: Ananda

Editor : Indah N. Ainiyah

Bertita Terkini

Kuliah Tamu di UTAR Malaysia, Dosen Ikom Umsida Soroti Pengaruh Media dalam Pilpres 2024
28/05/2024By
Sorotan ICEMSS 2024: Kolaborasi Internasional Tingkatkan Inovasi Media dan Ilmu Sosial di Bali
28/05/2024By
Lebih dekat dengan dunia penyiaran, mahasiswa Ikom Umsida lakukan kunjungan media di LPP RRI Surabaya
15/05/2024By
Mahasiswa Ikom Umsida Lakukan Kunjungan Media ke DJFM Surabaya: Inspirasi dan Inovasi di Udara
14/05/2024By
Ikom Umsida Berikan Harapan Lewat Sumbangan Terpal untuk Hunian Sementara Korban Gempa Bawean.
19/04/2024By
2 Dosen Ikom Umsida Perkuat Kerjasama Internasional Melalui Program ICT di UTAR Malaysia
18/04/2024By
maskot ikom
Ikom Umsida Luncurkan Maskot “Si Kombi” Karya Mahasiswa Semester 8
31/03/2024By
IKA Alumni Ikom Umsida: Bangun Relasi dan Kolaborasi
31/03/2024By

Prestasi

ikom umsida
Melampaui Batas : Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
02/03/2024By
Sesuai Target, Mahasiswa Ikom Sabet Tiga Medali Emas Cabor Renang Pada Pomprov Jatim 2023
23/07/2023By
Seimbangnya Pengetahuan dan Skill Menjadi Kunci Mahasiswa Ikom Dalam Meraih Juara Pada PILMAPRES PTMA
15/04/2023By
Battle of Agencies Berakhir, Selamat Kepada Para Pemenang!
06/03/2023By
Top! Lagi Lagi Mahasiswa Ikom Borong Medali Juara Dalam Kejuaraan Karate Nasional
20/02/2023By
Selamat! Mahasiswa Ikom Umsida Raih 3 Medali Dalam Kejuaraan Renang Tingkat Nasional
07/02/2023By
Berbagai Film Karya Anak Bangsa Ditampilkan Di CSFC 2023
17/01/2023By
Ikuti Turnamen Offline Perdana Setelah Pandemi, Shinta Berhasil Membawa Pulang Dua Piala
17/10/2022By

Nur Maghfirah A., M.Med.Kom

Nama:

Tanggal Lahir

Scholar:

OJS:

Scopus:

 

This will close in 20 seconds