Kuliah Tamu di UTAR Malaysia, Dosen Ikom Umsida Soroti Pengaruh Media dalam Pilpres 2024

Ikomumsida.ac.id – Salah satu dosen Ilmu Komunikasi dan pakar dalam bidang media, Dr. Totok Wahyu Abadi, berikan kuliah tamu di Universitas Tunku Abdul Rahman (UTAR) tentang peran media sosial dan mainstream dalam Pilpres 2024 di Indonesia.

Dalam kuliah tamu tersebut, Dr. Totok secara tajam menganalisis perbedaan pengaruh antara media sosial dan mainstream dalam konteks politik, khususnya dalam pemilihan presiden dan wakil presiden.

Dia menjelaskan bahwa media sosial memiliki jangkauan yang lebih luas dan kecepatan yang lebih cepat dalam menyebarkan informasi daripada media mainstream.

Selain itu, media sosial juga memungkinkan interaksi dua arah antara pengguna, calon pemilih, dan calon pemimpin, yang tidak dapat ditemukan dalam media mainstream. Dr. Totok juga menyoroti perbedaan dalam kontrol konten dan kepercayaan masyarakat terhadap kedua jenis media ini.

Pertama, jangkauan dan kecepatan menjadi salah satu perbedaan utama antara media sosial dan mainstream.

Media sosial memiliki jangkauan yang lebih luas dan kecepatan yang lebih cepat dalam menyebarkan informasi.

Hal ini membuat informasi yang disebarkan melalui media sosial dapat menyebar dengan cepat dan mencapai audiens yang lebih besar dalam waktu singkat, berbeda dengan media mainstream yang cenderung memiliki jangkauan yang lebih terbatas.

Kedua, interaktivitas menjadi keunggulan media sosial dibandingkan media mainstream.

Media sosial memungkinkan interaksi dua arah antara pengguna, calon pemilih, dan calon pemimpin.

Hal ini memungkinkan adanya diskusi, komentar, dan respons langsung yang dapat memengaruhi persepsi dan pilihan politik seseorang, yang tidak bisa ditemukan dalam media mainstream yang cenderung bersifat satu arah.

Ketiga, kontrol dan kepercayaan merupakan perbedaan yang signifikan antara media sosial dan mainstream. Media mainstream cenderung memiliki kontrol yang lebih ketat dalam konten yang disiarkan, sementara media sosial memberikan kebebasan lebih besar kepada pengguna untuk menyebarkan informasi tanpa filter.

Hal ini dapat memengaruhi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap informasi yang diterima, dimana media mainstream lebih dipercaya karena proses verifikasi yang ketat.

Keempat, diversitas dan filter bubble menjadi tantangan dari media sosial.

Media sosial dapat menciptakan filter bubble di mana pengguna cenderung terpapar pada informasi yang sejalan dengan pandangan mereka sendiri, sementara media mainstream cenderung memberikan beragam sudut pandang dan informasi.

Hal ini dapat memengaruhi pemahaman masyarakat tentang isu-isu politik yang sedang berkembang.

Terakhir, kredibilitas dan verifikasi menjadi faktor penting dalam membedakan media sosial dan mainstream. Media mainstream umumnya memiliki standar jurnalisme yang ketat dan proses verifikasi informasi sebelum disiarkan, sementara media sosial rentan terhadap penyebaran berita palsu atau hoaks tanpa verifikasi yang memadai. Hal ini membuat media mainstream lebih dipercaya dalam menyajikan informasi yang akurat dan terverifikasi.

Dalam konteks Pilpres 2024, pengaruh media sosial sangat signifikan dalam membentuk opini dan persepsi masyarakat terhadap calon presiden dan wakil presiden.

Media sosial memungkinkan para pengguna untuk berbagi pendapat, komentar, dan informasi terkait calon presiden dan wakil presiden.

Opini yang disampaikan oleh pengguna media sosial dapat memengaruhi pandangan dan persepsi masyarakat secara keseluruhan, yang dapat berdampak pada hasil pemilihan.

Selain itu, konten yang diposting di media sosial juga memiliki potensi untuk menjadi viral dengan cepat. Informasi, gambar, atau video yang mendukung atau merugikan calon presiden dan wakil presiden dapat menyebar luas dan memengaruhi citra dan popularitas mereka di mata masyarakat, yang dapat berpengaruh pada elektabilitas mereka dalam pemilihan.

Dalam hal ini, pemahaman terhadap peta kekuatan media sosial yang dimiliki oleh calon presiden dan wakil presiden menjadi sangat penting.

Dengan memahami kekuatan media sosial yang dimiliki, tim kampanye dapat merancang strategi komunikasi yang tepat sesuai dengan karakteristik dan preferensi pengguna media sosial, yang dapat memengaruhi opini dan perilaku pemilih selama masa kampanye pemilu.

Dengan demikian, pengaruh media sosial dan mainstream dalam Pilpres 2024 di Indonesia memiliki perbedaan yang signifikan dalam hal jangkauan, interaktivitas, kontrol, diversitas, dan kredibilitas. Pemahaman yang baik tentang perbedaan ini dapat membantu pemilih dan calon pemimpin untuk lebih bijak dalam menyaring informasi yang diterima dari kedua jenis media ini dan membuat keputusan politik yang lebih tepat.

Informasi selengkapnya kunjungi https://www.instagram.com/ikomumsida.official?igsh=OXV0dDl2eWt3MWlk

Penulis :  Indah N. Ainiyah

Bertita Terkini

Sorotan ICEMSS 2024: Kolaborasi Internasional Tingkatkan Inovasi Media dan Ilmu Sosial di Bali
28/05/2024By
Opening Ceremonial ISE 2024: Ikom Umsida Bangun Jaringan Internasional dengan Tiga Universitas
22/05/2024By
Lebih dekat dengan dunia penyiaran, mahasiswa Ikom Umsida lakukan kunjungan media di LPP RRI Surabaya
15/05/2024By
Mahasiswa Ikom Umsida Lakukan Kunjungan Media ke DJFM Surabaya: Inspirasi dan Inovasi di Udara
14/05/2024By
Ikom Umsida Berikan Harapan Lewat Sumbangan Terpal untuk Hunian Sementara Korban Gempa Bawean.
19/04/2024By
2 Dosen Ikom Umsida Perkuat Kerjasama Internasional Melalui Program ICT di UTAR Malaysia
18/04/2024By
maskot ikom
Ikom Umsida Luncurkan Maskot “Si Kombi” Karya Mahasiswa Semester 8
31/03/2024By
IKA Alumni Ikom Umsida: Bangun Relasi dan Kolaborasi
31/03/2024By

Prestasi

ikom umsida
Melampaui Batas : Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
02/03/2024By
Sesuai Target, Mahasiswa Ikom Sabet Tiga Medali Emas Cabor Renang Pada Pomprov Jatim 2023
23/07/2023By
Seimbangnya Pengetahuan dan Skill Menjadi Kunci Mahasiswa Ikom Dalam Meraih Juara Pada PILMAPRES PTMA
15/04/2023By
Battle of Agencies Berakhir, Selamat Kepada Para Pemenang!
06/03/2023By
Top! Lagi Lagi Mahasiswa Ikom Borong Medali Juara Dalam Kejuaraan Karate Nasional
20/02/2023By
Selamat! Mahasiswa Ikom Umsida Raih 3 Medali Dalam Kejuaraan Renang Tingkat Nasional
07/02/2023By
Berbagai Film Karya Anak Bangsa Ditampilkan Di CSFC 2023
17/01/2023By
Ikuti Turnamen Offline Perdana Setelah Pandemi, Shinta Berhasil Membawa Pulang Dua Piala
17/10/2022By

Nur Maghfirah A., M.Med.Kom

Nama:

Tanggal Lahir

Scholar:

OJS:

Scopus:

 

This will close in 20 seconds