Pelajari Digital Journalism, Ikom UMSIDA Adakan Workshop dan Lomba dalam SILAT APIK 2022

Setelah hari pertama kegiatan Silaturahmi Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah 2022 sukses terlaksana. Selanjutnya, ada hari kedua  yang terdiri dari rangkaian kegiatan lain yaitu workshop dan lomba di berbagai lingkup ilmu komunikasi, salah satunya digital journalism. 

Dalam kegiatan ini, mahasiswa diharapkan bisa menjadi jurnalis tidak hanya di di media cetak saja tapi juga mampu menyebarkan informasi secara akurat di media digital. Kegiatan dilakukan di tiga tempat. Yang pertama yaitu ruang kelas untuk menyampaikan materi workshop, lalu area kampus yang digunakan untuk menemukan data lapangan, dan yang terakhir yaitu aula untuk acara awarding.

“Jadi sebelum menulis berita, para peserta terlebih dahulu mengikuti workshop tentang jenis-jenis berita seperti straight news dan features. Mereka ditugaskan untuk membuat straight news tentang kegiatan SILAT APIK PTMA ini, kemudian mereka wajib mengunggahnya di kompasiana.com dan link akan dikumpulkan jadi satu di sebuah form.” Ucap Fatwa Ilham selaku penanggung jawab kompetisi ini.

Setelah melakukan workshop, mereka beristirahat sejenak lalu berkeliling di kampus UMSIDA untuk mencari bahan membuat straight news. Kemudian, para peserta mengedit tulisan tersebut dan mengunggahnya hingga sekitar jam dua siang. Gaya penulisan dalam kompetisi ini pun dibebaskan sesuai kreativitas peserta.

“Alhamdulillah sebanyak 19 peserta dari berbagai universitas cukup antusias dengan adanya kompetisi dalam membuat straight news,”. Lanjut Ilham.

Setelah diadakan workshop dan perlombaan peserta menunggu beberapa saat untuk proses penjurian yang akan diumumkan saat awarding pada sore hari. Beberapa pemenangnya yaitu juara 3 diraih oleh Maudy M.U dari UM Yogyakarta, juara dua diraih oleh AUfar I. dari UM Malang, dan juara 1 diraih oleh Selbaini dari UNISA Yogyakarta.

(Fernanda A.)

Related Posts

Selamat! Mahasiswa Ikom Umsida Raih 3 Medali Dalam Kejuaraan Renang Tingkat Nasional

Prodi Ilmu Komunikasi Umsida seolah tidak pernah kehabisan mahasiswa berprestasi....

Nonton bareng Film “Balada Si Roy” Bersama IDN Pictures Dan COMMA

Kerja sama antara Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dengan...

Leave a Reply