Lebih dekat dengan dunia penyiaran, mahasiswa Ikom Umsida lakukan kunjungan media di LPP RRI Surabaya

Ikomumsida.ac.id – Dalam rangka pemenuhan tugas mata kuliah perencanaan dan produksi radio, sejumlah 38 Mahasiswa Ikom Umsida lakukan kunjungan di salah satu stasiun radio tertua yang ada di Indonesia, Lembaga penyiaran publik radio republik Indonesia (LPP RRI Surabaya) pada Kamis, (02/05/2024).

Kunjungan ini bertujuan untuk memahami lebih dalam tentang LPP RRI Surabaya, termasuk struktur organisasinya, jobdesk, komunikasi pemasaran, dan produksi siaran. Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan wawasan praktis kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi Umsida mengenai operasional radio, strategi komunikasi yang digunakan, serta proses produksi siaran.

LPP RRI Surabaya, sebagai salah satu stasiun radio publik tertua di Indonesia, terus memainkan peran vital dalam menyampaikan informasi, hiburan, dan edukasi kepada masyarakat.

Dengan struktur organisasi yang solid dan tim profesional, LPP RRI Surabaya tidak hanya fokus pada produksi siaran berkualitas tinggi, tetapi juga mengimplementasikan strategi komunikasi pemasaran yang efektif untuk menjangkau pendengar lebih luas.

Melalui berbagai program inovatif, RRI Surabaya berupaya menjadi sumber informasi terpercaya dan relevan di era digital ini.

Dilansir dari ppid.rri.go.id yang menjabarkan peta struktural organisasi LPP RRI Surabaya diantaranya terdapat dewan pengawas dan direktur utama, dimana direktur utama membawahi 8 direktur meliputi : direktur program produksi, direktur teknologi dan media baru, direktur layanan dan pengembangan usaha, direktur SDM dan umum, direktur keuangan, pusat pemberitaan, pusbangdiklat, dan satuan pengawas intern.

Dengan struktural yang terorganisir, LPP RRI Surabaya mampu menjalankan berbagai program dan inovasi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas penyiaran dan pelayanan kepada masyarakat.

Kunjungan ini dilakukan  tidak hanya untuk belajar tetapi juga untuk melihat secara langsung bagaimana organisasi ini beroperasi dan berkontribusi terhadap pembangunan informasi di Indonesia.

Stasiun radio ini mulai mengudara pada tahun 1945, tepat 79 tahun lalu. Rri Surabaya mengudara hingga saat ini memiliki 5 prgrama diantaranya : RRI Programa 1 Surabaya (99.2 FM), RRI Programa 2 Surabaya (95.2 FM), RRI Programa 3 Surabaya (107.5 FM), RRI Programa 4 Surabaya (96.8 FM, RRI Programa 5 Surabaya (91.7 FM). Yang masing-masing programa meiliki segmentasi dan target audience yang berbeda-beda.

Penyiaran radio telah menjadi salah satu media komunikasi paling efektif dalam menyampaikan informasi, hiburan, dan edukasi kepada masyarakat luas.

Di era digital ini, inovasi dan adaptasi dalam teknik penyiaran menjadi kunci untuk tetap relevan dan menjangkau audiens yang semakin beragam.

Salah satu pihak dari departemen pengembangan usaha mengatakan “Jadi penyiar yang masih muda mempunyai tugas mulia dalam siaran itu, karena penyampainya lebih bisa mengikuti zaman dan tentunya tidak melenceng dari ketentuan. Tak hanya itu menjadi penyiar juga dapat memberikan informasi, hiburan dan juga memberikan edukasi untuk pendengar yang di Surabaya dan sekitarnya,” Ujar Echa.

Menyoal tentang radio pertama yang ada di Indonesia, RRI juga turut andil dalam perkembangan pertelevisian Indonesia. TVRI, Tv nasional pertama yang sampai era ini masih terus memberikan tayangan yang berkualitas kepada publik.

“Ada satu lagi singkatan dari Jakarta, itu adalah Rumah Rakyat Indonesia yang dibuka sebagai rumah masyarakat. Siapa saja boleh datang ke sini. Siapa saja boleh berdialog tentang daerahnya, siapa saja bisa berkolaborasi dengan mendatangkan narasumber dari semua masyarakat,” Ujar Ina, selaku ketua tim bidang penyiaran.

“Karena bagi kami Radio Republik Indonesia adalah Rumah Rakyat Indonesia, kunjungan ini merupakan wujud komitmen kami untuk berkontribusi pada negeri ini. Setelah sebelumnya kita melihat bersama-sama dengan TVRI, kami berupaya terus memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan bangsa melalui media penyiaran,” tambahnya.

Tak terlepas dari komunikasi pemasaran, salah satu mahasiswa Ikom Umsida menanyakan terkait digitalisasi marketing. “Di era 5.0 ini semuanya serba instan, bahkan streaming rri juga bisa didengarkan dimana saja, lalu bagaimana digital marketing yang dilakukan?” Ujar Dhani.

“Dari bidang layanan dan pengembangan usaha sangat melek dengan digitalasi marketing, diantaranya dilakukan dengan cara membuat perencanaan strategi pemasaran, pengelolaan kampanye pemasaran, branding dan promosi, hubungan masyarakat (Public Relations), riset pasar dan analisis, Manajemen media sosial, Event marketing, kolaborasi dan kemitraan, dan pengembangan materi komunikasi,” Jelas Echa.

Kunjungan ke LPP RRI Surabaya memberikan wawasan berharga bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi UMSIDA tentang dunia penyiaran radio, mulai dari struktur organisasi, jobdesk, hingga strategi komunikasi pemasaran dan produksi siaran.

Dengan pengetahuan praktis yang didapat, diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan teori yang dipelajari di kelas ke dalam praktik nyata, serta terinspirasi untuk berinovasi dalam industri penyiaran. Harapannya, pengalaman ini akan memotivasi mereka untuk berkontribusi secara signifikan di bidang komunikasi dan media massa di masa depan.

Informasi selengkapnya kunjungi Instagram https://www.instagram.com/ikomumsida.official?igsh=OXV0dDl2eWt3MWlk

By : Indah N. Ainiyah

Bertita Terkini

Kuliah Tamu di UTAR Malaysia, Dosen Ikom Umsida Soroti Pengaruh Media dalam Pilpres 2024
28/05/2024By
Sorotan ICEMSS 2024: Kolaborasi Internasional Tingkatkan Inovasi Media dan Ilmu Sosial di Bali
28/05/2024By
Opening Ceremonial ISE 2024: Ikom Umsida Bangun Jaringan Internasional dengan Tiga Universitas
22/05/2024By
Mahasiswa Ikom Umsida Lakukan Kunjungan Media ke DJFM Surabaya: Inspirasi dan Inovasi di Udara
14/05/2024By
Ikom Umsida Berikan Harapan Lewat Sumbangan Terpal untuk Hunian Sementara Korban Gempa Bawean.
19/04/2024By
2 Dosen Ikom Umsida Perkuat Kerjasama Internasional Melalui Program ICT di UTAR Malaysia
18/04/2024By
maskot ikom
Ikom Umsida Luncurkan Maskot “Si Kombi” Karya Mahasiswa Semester 8
31/03/2024By
IKA Alumni Ikom Umsida: Bangun Relasi dan Kolaborasi
31/03/2024By

Prestasi

ikom umsida
Melampaui Batas : Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
02/03/2024By
Sesuai Target, Mahasiswa Ikom Sabet Tiga Medali Emas Cabor Renang Pada Pomprov Jatim 2023
23/07/2023By
Seimbangnya Pengetahuan dan Skill Menjadi Kunci Mahasiswa Ikom Dalam Meraih Juara Pada PILMAPRES PTMA
15/04/2023By
Battle of Agencies Berakhir, Selamat Kepada Para Pemenang!
06/03/2023By
Top! Lagi Lagi Mahasiswa Ikom Borong Medali Juara Dalam Kejuaraan Karate Nasional
20/02/2023By
Selamat! Mahasiswa Ikom Umsida Raih 3 Medali Dalam Kejuaraan Renang Tingkat Nasional
07/02/2023By
Berbagai Film Karya Anak Bangsa Ditampilkan Di CSFC 2023
17/01/2023By
Ikuti Turnamen Offline Perdana Setelah Pandemi, Shinta Berhasil Membawa Pulang Dua Piala
17/10/2022By

Nur Maghfirah A., M.Med.Kom

Nama:

Tanggal Lahir

Scholar:

OJS:

Scopus:

 

This will close in 20 seconds