Mahasiswa Ikom Umsida Lakukan Kunjungan Media ke DJFM Surabaya: Inspirasi dan Inovasi di Udara

Ikomumsida.ac.id – Sejumlah 35 mahasiswa dari program studi ilmu komunikasi umsida mengadakan kunjungan media ke DJFM Surabaya pada Selasa (30/04/2024).

Tujuan diadakannya kunjungan ini adalah agar mahasiswa lebih mengetahui dasar-dasar, ilmu, sekaligus teknik dalam dunia penyiaran dan mengenal lebih dekat gaya siaran DJFM Surabaya.

Kunjungan ini dilakukan oleh seluruh anggota dari kelas 4-A2 Ilmu komunikasi Umsida dan sudah menjalankan rundown acara yang ditentukan.

Kegiatan kunjungan ini dilakukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Perencanaan dan Produksi Siaran Radio.

DJFM Surabaya adalah stasiun radio yang disiarkan dari Surabaya bagi para pendengar kaum muda. Mercury Media Group membawahi beberapa stasiun radio salah satunya adalah DJFM Surabaya yang dimana segmentasinya untuk umur 15-25 tahun.

Tak hanya itu, DJFM Surabaya memiliki dua program yaitu Program Direktur dan Musik Direktur. DJFM sendiri memiliki 4 program per April 22 dari pagi sampai sore yaitu Pagi (The Morning Crew) memutarkan lagu lagu yang bersemangat dan energik, Siang (Full request lagu lokal) untuk mendukung musisi lokal yang tidak under label, Sore (Sunset Vibes), dan Malam (Full lagu korea dan jepang).

Dalam rangkaian acara saat berlangsung, kesempatan baik ditawarkan kepada seluruh mahasiswa ikom umsida untuk melakukan siaran bersama salah satu announcer DJFM, Deby.

“Kami dibagi 6 kloter yang mana setiap kloter berisikan 6-7 orang. Kami di interview tentang aktivitas dan kesibukan apa saja yang dilakukan ketika dikampus dan selama liburan. pembawaan announcer yang ceria membuat kami bersemangat dan membuat interaksi lebih menarik dan menyenangkan,” Ujar yoga.

Bagi pendengar setia DJFM akan sangat mudah mendapatkan informasi karena DJFM juga aktif membagikan informasi terkini di beberapa media sosial seperti instagram dan pastinya mengikuti perkembangan zaman.

Selain digunakan untuk siaran, kantor di DJFM Surabaya ini juga menyediakan PODCAFE yang nyaman untuk nongkrong dan mengerjakan tugas.

Achmad Shobich selaku ketua pelaksana menjelaskan, “Media visit ini kegiatan wajib yang diikuti oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi yang mengambil mata kuliah Perencanaan Produksi Radio,” Pungkasnya.

Baru-baru ini, kita berkesempatan untuk mengunjungi stasiun radio DJFM, salah satu stasiun radio terpopuler di Indonesia. Kunjungan ini memberikan pengalaman yang menarik dan informatif tentang dunia penyiaran radio.

Kita memasuki stasiun radio DJFM, kita semua disambut dengan suasana yang hangat dan energik.

Para staffnya yang ramah, profesional, dan mereka dengan senang hati menjelaskan berbagai aspek operasi stasiun radio. Dan berkesempatan untuk melihat ruang siaran, ruang kontrol, dan studio On Air dan berkesempatan untuk bertemu dengan beberapa penyiar DJFM.

Melalui kunjungan ini, kita semua belajar banyak tentang dunia penyiaran radio. Diantaranya belajar tentang proses pembuatan program radio, dari ide awal hingga on-air, belajar tentang pentingnya riset dan target audiens dalam penyiaran radio.

“Kunjungan ke stasiun radio DJFM merupakan pengalaman yang berharga dan informatif. Kita semua sangat senang bisa belajar tentang dunia penyiaran radio secara langsung. Dan teman teman juga terkesan dengan profesionalisme dan dedikasi para staf DJFM dalam membuat program radio yang berkualitas,” tambahnya.

Melalui kegiatan ini kita menjadi tahu program-program yang dijalankan oleh DJFM terus berkembang mengikuti zaman dan kekinian agar seluruh kalangan masyarakat indonesia dapat menikmati dan mendengarkan siaran-siaran yang disajikan oleh DJFM.

Setelah kunjungan media ini berakhir, bukan hanya mendapatkan pengalaman berharga tetapi juga mendapatkan ilmu yang bermanfaat, serta dapat mengeskplorasi dan membuka mata para mahasiswa terhadap radio.

Besar harapan semoga pengalaman dan ilmu yang didapat dari DJFM dapat terus kami kembangkan dan membangun jembatan untuk berkolaborasi dengan berbagai stasiun radio.

Informasi selengkapnya kunjungi Instagram https://www.instagram.com/ikomumsida.official?igsh=OXV0dDl2eWt3MWlk

By : 4-A2 Ikom

Editor : Indah N. Ainiyah

Bertita Terkini

Kuliah Tamu di UTAR Malaysia, Dosen Ikom Umsida Soroti Pengaruh Media dalam Pilpres 2024
28/05/2024By
Sorotan ICEMSS 2024: Kolaborasi Internasional Tingkatkan Inovasi Media dan Ilmu Sosial di Bali
28/05/2024By
Opening Ceremonial ISE 2024: Ikom Umsida Bangun Jaringan Internasional dengan Tiga Universitas
22/05/2024By
Lebih dekat dengan dunia penyiaran, mahasiswa Ikom Umsida lakukan kunjungan media di LPP RRI Surabaya
15/05/2024By
Ikom Umsida Berikan Harapan Lewat Sumbangan Terpal untuk Hunian Sementara Korban Gempa Bawean.
19/04/2024By
2 Dosen Ikom Umsida Perkuat Kerjasama Internasional Melalui Program ICT di UTAR Malaysia
18/04/2024By
maskot ikom
Ikom Umsida Luncurkan Maskot “Si Kombi” Karya Mahasiswa Semester 8
31/03/2024By
IKA Alumni Ikom Umsida: Bangun Relasi dan Kolaborasi
31/03/2024By

Prestasi

ikom umsida
Melampaui Batas : Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
02/03/2024By
Sesuai Target, Mahasiswa Ikom Sabet Tiga Medali Emas Cabor Renang Pada Pomprov Jatim 2023
23/07/2023By
Seimbangnya Pengetahuan dan Skill Menjadi Kunci Mahasiswa Ikom Dalam Meraih Juara Pada PILMAPRES PTMA
15/04/2023By
Battle of Agencies Berakhir, Selamat Kepada Para Pemenang!
06/03/2023By
Top! Lagi Lagi Mahasiswa Ikom Borong Medali Juara Dalam Kejuaraan Karate Nasional
20/02/2023By
Selamat! Mahasiswa Ikom Umsida Raih 3 Medali Dalam Kejuaraan Renang Tingkat Nasional
07/02/2023By
Berbagai Film Karya Anak Bangsa Ditampilkan Di CSFC 2023
17/01/2023By
Ikuti Turnamen Offline Perdana Setelah Pandemi, Shinta Berhasil Membawa Pulang Dua Piala
17/10/2022By

Nur Maghfirah A., M.Med.Kom

Nama:

Tanggal Lahir

Scholar:

OJS:

Scopus:

 

This will close in 20 seconds