Cultural Exchange to Thailand (Pt. 1): Konferensi Internasional dan Indahnya Pattaya

Ikom.umsida.ac.id – Negeri gajah putih, salah satu sebutan untuk negara Thailand. Negara ini akan menduduki satu tempat di pikiran tujuh mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Pasalnya, dinegara inilah mereka menuntaskan salah satu kewajiban sebagai seorang mahasiswa, yakni tugas akhir (TA). Berhubung di Ikom Umsida skripsi mulai ditiadakan, mahasiswa bisa memilih jalur lulus selain skripsi, salah satunya melalui jurnal yang dipublikasi di prosiding internasional.

Prodi Ilmu Komunikasi Umsida yang menjalin kerjasama dengan Faculty of Humanity and Social Science Burapha University Thailand. Dalam kerja sama ini, mahasiswa Ikom berkesempatan untuk mengikuti dua macam kegiatan, yaitu mengikuti konferensi internasional dan cultural exchange. Di konferensi internasional inilah mahasiswa Ikom mempresentasikan artikel ilmiah mereka di depan presenter lain dan peserta konferensi. Setelah melakukan presentasi, mereka menerima bukti penerimaan jurnal atau Letter of Acceptance (LoA).

Rombongan mahasiswa Ikom menapakkan kaki di negeri gajah putih pada Rabu (14/6) di bandara Suvarnabhumi, Bangkok yang kemudian langsung menuju Pattaya, tempat dilaksanakannya konferensi tepatnya di Grand Center Point Pattaya. Sebelum memasuki ruang konferensi semua peserta mengikuti seminar tentang Pembangunan Berkelanjutan oleh Deepthi Kolady dari South Dakota State University. Topik ini dipilih sesuai dengan tema konferensi yakni pemulihan pasca pandemi Covid-19. Namun, para mahasiswa tidak langsung mengikuti konferensi. Mereka memiliki waktu dua hari untuk mempersiapkan presentasi  yang lebih matang.

“Jalur lulus ini menurut saya bukan jalur yang dipilih mahasiswa lainnya. Dan tidak semua mahasiswa bisa berkesempatan mengikutinya. Jadi senang dan bangga bisa mengikuti konferensi ini. Awalnya saya pikir cuma konferensi sesama mahasiswa S1 saja. Ternyata banyak dosen bahkan doktor. Itu jadi kebanggan tersendiri bagi saya,” ucap Ramadhani Putra, salah satu peserta konferensi.

Rama yang merampungkan jurnal ilmiahnya selama satu bulan, tidak menyangka dapat memenuhi salah satu syarat kelulusan kuliah, yakni tugas akhir. Melalui konferensi ini, ia mendapatkan banyak pengalaman dan relasi baru.

Tak hanya itu, kesempatan ini dimanfaatkan mahasiswa untuk mengeksplorasi keindahan Pattaya. Terkenal akan pantainya yang indah, mengingatkan akan pulai indah yang ada di Indonesia yakni Bali. Hal tersebut diucapkan oleh Rama, sapaan akrabnya  saat menikmati indahnya pantai Pattaya setelah konferensi. Cuaca yang lebih panas dari Sidoarjo, tak membuat rombongan Ikom berdiam di penginapan. Mereka menikmati keindahan Pattaya seberanjak ke Bangsaen keesokan harinya. 

Untuk culture shock di tempat ini mungkin hanya tipis saja, lainnya memang mirip dengan keadaan di Indonesia. Namun tetap, tempat ini memiliki beberapa perbedaan seperti jenis makanan yang disajikan. Terkait lingkungan, pemerintah dan warga lokal sangat memperhatikan. Hal ini terlihat di kawasan wisata Pattaya, hampir tidak ditemukan sampah yang berserakan. Mereka pun juga melarang para wisatawan untuk tidak merokok di area pantai sekalipun itu di ruang terbuka. Mereka juga menyediakan tempat sampah di tiap penjual dan area yang berdekatan dengan pantai. Kebersihan ini tentu menambah rasa nyaman wisatawan yang ada di pantai ini. bahkan pada malam hari, pantai Pattaya masih ramai dikunjungi khususnya anak muda. Pencahaan yang memadai dan kebersihan yang terus dijaga, membuat tempat ini tak pernah sepi pengunjung.

(Romadhona S.)

Leave a Reply

Bertita Terkini

Ikom Umsida Berikan Harapan Lewat Sumbangan Terpal untuk Hunian Sementara Korban Gempa Bawean.
19/04/2024By
2 Dosen Ikom Umsida Perkuat Kerjasama Internasional Melalui Program ICT di UTAR Malaysia
18/04/2024By
maskot ikom
Ikom Umsida Luncurkan Maskot “Si Kombi” Karya Mahasiswa Semester 8
31/03/2024By
IKA Alumni Ikom Umsida: Bangun Relasi dan Kolaborasi
31/03/2024By
Ikom Umsida Gelar Buka Bersama Sekaligus Santunan anak yatim.
31/03/2024By
prof Alwi
Mengenang Jejak Gemilang Bapak Komunikasi Indonesia, Dr. Muhammad Alwi Dahlan
22/03/2024By
Silat APIK
Sambut peserta Silat Apik 2024 : Dosen UGM Bedah Materi Seputar Kecerdasan Buatan Melalui AI.
06/03/2024By
ikom umsida
Melampaui Batas : Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
02/03/2024By

Prestasi

ikom umsida
Melampaui Batas : Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
02/03/2024By
Sesuai Target, Mahasiswa Ikom Sabet Tiga Medali Emas Cabor Renang Pada Pomprov Jatim 2023
23/07/2023By
Seimbangnya Pengetahuan dan Skill Menjadi Kunci Mahasiswa Ikom Dalam Meraih Juara Pada PILMAPRES PTMA
15/04/2023By
Battle of Agencies Berakhir, Selamat Kepada Para Pemenang!
06/03/2023By
Top! Lagi Lagi Mahasiswa Ikom Borong Medali Juara Dalam Kejuaraan Karate Nasional
20/02/2023By
Selamat! Mahasiswa Ikom Umsida Raih 3 Medali Dalam Kejuaraan Renang Tingkat Nasional
07/02/2023By
Berbagai Film Karya Anak Bangsa Ditampilkan Di CSFC 2023
17/01/2023By
Ikuti Turnamen Offline Perdana Setelah Pandemi, Shinta Berhasil Membawa Pulang Dua Piala
17/10/2022By

Nur Maghfirah A., M.Med.Kom

Nama:

Tanggal Lahir

Scholar:

OJS:

Scopus:

 

This will close in 20 seconds