Kalian Wajib Tahu, Ini Cara Menaikkan Engagement Instagram

Sebelum masuk pada bagaimana cara menaikkan engagement instagram, sobat mbois perlu tahu terlebih dahulu nih “apa sih engegement Instagram itu?”

Nah sobat mbois engagement Instagram mengacu pada semua aktivitas interaktif  yang terjadi di laman instagram antara pengguna dan unggahan. Meliputi like, comment, share, save, klik link dan lain sebagainya.

Engagement Instagram merupakan indikator penting dalam meraih keberhasilan konten yang kalian buat loh sobat mbois. Karena semakin banyak interaksi yang terjadi pada postingan kalian, akan semakin melejit tinggi pula kemunkinan postingan kalian akan dilihat oleh orang lain.

Dari penjelasan singkat tersebut, kalian mulai penasaran kan bagimana ya cara menaikkan engagement di Instagram? Yuk simak dengan seksama agar kalian bisnis online kalian semakin terkenal.

Cara Cepat Menaikkan Engagement Instagram

1. Posting dengan Kualitas Tinggi

Setiap postingan yang kalian ungguh baiknya memiliki kualitas gambar atau video yang berkualitas tinggi. Seperti yang kita tahu bersama visual adalah hal pertama yang dilihat oleh semua orang. Karena cover adalah penentu menarik atau tidaknya sebuah isi. Audiens hanya perlu scrolling laman Instagram dalam beberapa detik saja. Jadi jika semakin berkualitas dan menarik konten yang kalian unggah, maka samakin banyak pula interaksi yang dihasilkan.

Kalian khawatir tidak memiliki perangkat yang memadahi? Berikut ini ada sedikit tips untuk sobat mbois agar kalian tetap bisa ngonten dengan perangkat yang kalian miliki !

  • Jika kalian tidak memiliki kamera ataupun handphone yang mendukung pengambilan gambar yang menarik, kalian bisa memanfaatkan aplikasi editor yang ada. Nah aplikasi yang lagi populer saat ini adalah Remini, cocok untuk pemula loh. Gratis kok, kalian hanya perlu download saja. Tapi jangan over editing ya!
  • Gunakan peralatan yang mendukung seperti tripod atau stabilizer.
  • Pahami pencahayaan agar tidak gelap juga tidak terlalau terang.
  • Pilih angel yang menarik.
  • Perhatikan fokus angel.

Baca juga : Begini Cara Membuat Video Lebih Estetik

2. Pahami Audience dengan melihat insights pada Instagram kalian

Setelah kalian memahami bagaimana cara menghasilkan postingan yang berkualitas, kalian perlu memahami audiens dengan cara melihat insights pada Instagram masing-masing. Dengan melihatnya, kalian bisa mengetahui dengan mudah bagaimana tipe audiens yang mengunjungi Instagram kalian.

Dalam insights, kalian bisa mengatahui gender, cakupan usia, lokasi hingga waktu online, followers sekaligus dengan reach, impression profile views dan instastory views. Dengan memanfaatkan insights kalian bisa memahami dan mengevaluasi konten mana dengan engegement yang menarik. Tujuannya agar kalian bisa meningkatkan ide konten yang akan diunggah kedepannya.

3. Cari Tahu Hal Populer Terkini

Sobat mbois pasti selalu mengikuti tren yang berlangsung kan? “Di era digital semua orang bisa menjadi intel”. Itu adalah istilah yang digunakan oleh anak muda masa kini.

Kita bisa dengan mudah mengetahui apa yang sedang trending  dengan hanya mengetik keyword yang relevan saja. Atau tanpa kita mencari tahu algoritma aplikasi beranda akan muncul pada explore. Setelah tahu apa yang sedang trending, tugas kalian hanya perlu menyajikan konten semenarik mungkin untuk mengundang audiens datang pada laman instagram kalian.

Cukup mudah bukan?

Baca juga : Sekolah Dan Kuliah Bedanya Apa Sih? Yuk Intip!

4. Buat Caption user friendly  dan Call-To-Action (CTA)

Selain konten yang menarik kalian juga harus memikirkan captionnya. Nah ada yang bingung apa maksudnya user friendly atau CTA?

Tenang ya, ini penjelasannya.

Caption user friendly bisa artikan sebagai ketikan yang sederhana yang relevan dengan konten yang kalian unggah. Caption tersebut harus kalian sesuaikan dengan audiens. Untuk tipsnya kalian perlu menciptakan sapaan terhadap audiens kalian. Contoh mudahnya ganti kata kalian menjadi “sobat mbois” terdengar lebih akrab bukan?

Sobat mbois pasti pernah mengajak audiens untuk melalukan suatu tindakan tertentu  setelah melihat konten yang telah kalian unggah bukan. Contohnya seperti “Swipe Up yuk untuk tau lebih lanjut” atau “Ada yang tahu gak ini apa? Jawab di kolom komen ya !”

Hal itu disebut dengan CTA atau Call To Action. Dengan memanfaatkan kedua hal tersebut harapannya sobat mbois dapat mendorong audiens untuk berinteraksidan melakukan tindakan tertentu sesuai dengan tujuan konten yang kalian buat.

5. Posting Konten Secara Konsisten

Rasa malas adalah faktor buruk yang sering menghantui generasi muda. Diawal menggebu gebu untuk ngonten, seringkali di tengah perjalanan rasa malas itu muncul karena kejenuhan atau faktor lain.

Nah hindari hal tersebut ya sobat mbois !

Niat dan usahakan postingan konten kalian agar selalu rutin dan konsisten. Dengan hal itu kalian tidak akan kehilangan audiens.

6. Gunakan Semua Fitur yang Ada

Apalah arti konten jika kalian tidak bisa memanfaatkan fitur yang telah ada di instagram. Sebagian orang mengira memposting unggahan pada lama instagram saja cukup untuk menarik audiens.

Namun, fitur instasory, reels, hingga live sering diabaikan.

Saat ini Instagram juga menyediakan layanan berbayar untuk menarik lebih banyak lagi audiens. Istilah tersebt adalah “boost instagram”.

Naha sebagai konten kreator kalian wajib update menganai apa saja fitur-fitur terbaru yang sedang hype untuk menaikkan engagement Instagram kalian.

7. Gunakan Hastag yang Relevan

Ini adalah tambahan untuk manarik audiens dari segi eksplor. Tak jarang beberapa pengguna Instagram mencari hal hal yang ingin mereka ketahui melalui eksplor hashtag.

Gunakan hastag yang sedang trending saat ini ya sobat mbois. Dan jangan lupa hastag yang yang kalian gunakan selalu kaitkan dengan konten yang kalian unggah.

8. Usahakan Membalas Pertanyaan Audience

Angkat tangan dong yang sering cuek sama orang?

Nah jika kalian berniat untuk terjun di dunia sosial media atau entertaint, lebih baik hindari hal tersebut ya sobat mbois. Karena pertanyaan mereka merupakan sebuah respon dari audiens atas konten yang telah kalian unggah.

Namun kamu harus ingat, tidak perlu menjawab atau memperhatikan pertanyaan yang tidak relevan dari postingan konten. Hal itu membuat waktu dan pikiran kalian terbuang cuma-cuma. Fokus ciptakan positive vibes pada image instagram kalian ya sobat mbois.

Baca juga :Mengikuti Program Budaya Eastbound, Mahasiswa Burapha University Thailand Temukan Kepuasan dan Persahabatan di Umsida

9. Posting Pada Waktu yang Tepat

Dengan insight pada instagram, kalian bisa dengan mudah mengetahui waktu mana yang tepat untuk mengunggah konten. Waktu yang tepat pada setiap pengguna pastinya berbeda-beda tergantung dari audiens dan jenis kontennya masing-masing.

Namun tipsnya posting konten di jam-jam orang beristirahat. Hindari waktu kerja ataupun sekolah dan jam tidur. Waktu tersebut biasa disebut dengan bussy hour. Karena sebagian besar audiens tidak menggunakan perangkatnya untuk mengakses apapun di waktu tersebut.

Semua itu adalah beberapa cara untuk menaikkan engagement Instagram.

Perlu adanya strategi dan konsistensi yang tepat untuk meraih keberhasilan. Karena setiap hasil tidak bisa datang secara instan, tetapi dengan kerja keras dan dedikasi sobat mbois bisa melihat pertumbuhan yang signifikan dalam engament Intagram kalian. Tetap semangat yaaa !

Untuk mengetahui informasi menarik lainnya kunjungi instagram Ikom Umsida hanya di ikomumsida.official

Sumber foto: Pexel

Penulis : Della Puspita

Leave a Reply

Bertita Terkini

Kuliah Tamu di UTAR Malaysia, Dosen Ikom Umsida Soroti Pengaruh Media dalam Pilpres 2024
28/05/2024By
Sorotan ICEMSS 2024: Kolaborasi Internasional Tingkatkan Inovasi Media dan Ilmu Sosial di Bali
28/05/2024By
Opening Ceremonial ISE 2024: Ikom Umsida Bangun Jaringan Internasional dengan Tiga Universitas
22/05/2024By
Lebih dekat dengan dunia penyiaran, mahasiswa Ikom Umsida lakukan kunjungan media di LPP RRI Surabaya
15/05/2024By
Mahasiswa Ikom Umsida Lakukan Kunjungan Media ke DJFM Surabaya: Inspirasi dan Inovasi di Udara
14/05/2024By
Ikom Umsida Berikan Harapan Lewat Sumbangan Terpal untuk Hunian Sementara Korban Gempa Bawean.
19/04/2024By
2 Dosen Ikom Umsida Perkuat Kerjasama Internasional Melalui Program ICT di UTAR Malaysia
18/04/2024By
maskot ikom
Ikom Umsida Luncurkan Maskot “Si Kombi” Karya Mahasiswa Semester 8
31/03/2024By

Prestasi

ikom umsida
Melampaui Batas : Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
02/03/2024By
Sesuai Target, Mahasiswa Ikom Sabet Tiga Medali Emas Cabor Renang Pada Pomprov Jatim 2023
23/07/2023By
Seimbangnya Pengetahuan dan Skill Menjadi Kunci Mahasiswa Ikom Dalam Meraih Juara Pada PILMAPRES PTMA
15/04/2023By
Battle of Agencies Berakhir, Selamat Kepada Para Pemenang!
06/03/2023By
Top! Lagi Lagi Mahasiswa Ikom Borong Medali Juara Dalam Kejuaraan Karate Nasional
20/02/2023By
Selamat! Mahasiswa Ikom Umsida Raih 3 Medali Dalam Kejuaraan Renang Tingkat Nasional
07/02/2023By
Berbagai Film Karya Anak Bangsa Ditampilkan Di CSFC 2023
17/01/2023By
Ikuti Turnamen Offline Perdana Setelah Pandemi, Shinta Berhasil Membawa Pulang Dua Piala
17/10/2022By

Nur Maghfirah A., M.Med.Kom

Nama:

Tanggal Lahir

Scholar:

OJS:

Scopus:

 

This will close in 20 seconds