Sebelum masuk pada bagaimana cara menaikkan engagement instagram, sobat mbois perlu tahu terlebih dahulu nih “apa sih engegement Instagram itu?”
Nah sobat mbois engagement Instagram mengacu pada semua aktivitas interaktif yang terjadi di laman instagram antara pengguna dan unggahan. Meliputi like, comment, share, save, klik link dan lain sebagainya.
Engagement Instagram merupakan indikator penting dalam meraih keberhasilan konten yang kalian buat loh sobat mbois. Karena semakin banyak interaksi yang terjadi pada postingan kalian, akan semakin melejit tinggi pula kemunkinan postingan kalian akan dilihat oleh orang lain.
Dari penjelasan singkat tersebut, kalian mulai penasaran kan bagimana ya cara menaikkan engagement di Instagram? Yuk simak dengan seksama agar kalian bisnis online kalian semakin terkenal.
Cara Cepat Menaikkan Engagement Instagram
1. Posting dengan Kualitas Tinggi
Setiap postingan yang kalian ungguh baiknya memiliki kualitas gambar atau video yang berkualitas tinggi. Seperti yang kita tahu bersama visual adalah hal pertama yang dilihat oleh semua orang. Karena cover adalah penentu menarik atau tidaknya sebuah isi. Audiens hanya perlu scrolling laman Instagram dalam beberapa detik saja. Jadi jika semakin berkualitas dan menarik konten yang kalian unggah, maka samakin banyak pula interaksi yang dihasilkan.
Kalian khawatir tidak memiliki perangkat yang memadahi? Berikut ini ada sedikit tips untuk sobat mbois agar kalian tetap bisa ngonten dengan perangkat yang kalian miliki !
- Jika kalian tidak memiliki kamera ataupun handphone yang mendukung pengambilan gambar yang menarik, kalian bisa memanfaatkan aplikasi editor yang ada. Nah aplikasi yang lagi populer saat ini adalah Remini, cocok untuk pemula loh. Gratis kok, kalian hanya perlu download saja. Tapi jangan over editing ya!
- Gunakan peralatan yang mendukung seperti tripod atau stabilizer.
- Pahami pencahayaan agar tidak gelap juga tidak terlalau terang.
- Pilih angel yang menarik.
- Perhatikan fokus angel.
Baca juga : Begini Cara Membuat Video Lebih Estetik
2. Pahami Audience dengan melihat insights pada Instagram kalian
Setelah kalian memahami bagaimana cara menghasilkan postingan yang berkualitas, kalian perlu memahami audiens dengan cara melihat insights pada Instagram masing-masing. Dengan melihatnya, kalian bisa mengetahui dengan mudah bagaimana tipe audiens yang mengunjungi Instagram kalian.
Dalam insights, kalian bisa mengatahui gender, cakupan usia, lokasi hingga waktu online, followers sekaligus dengan reach, impression profile views dan instastory views. Dengan memanfaatkan insights kalian bisa memahami dan mengevaluasi konten mana dengan engegement yang menarik. Tujuannya agar kalian bisa meningkatkan ide konten yang akan diunggah kedepannya.
3. Cari Tahu Hal Populer Terkini
Sobat mbois pasti selalu mengikuti tren yang berlangsung kan? “Di era digital semua orang bisa menjadi intel”. Itu adalah istilah yang digunakan oleh anak muda masa kini.
Kita bisa dengan mudah mengetahui apa yang sedang trending dengan hanya mengetik keyword yang relevan saja. Atau tanpa kita mencari tahu algoritma aplikasi beranda akan muncul pada explore. Setelah tahu apa yang sedang trending, tugas kalian hanya perlu menyajikan konten semenarik mungkin untuk mengundang audiens datang pada laman instagram kalian.
Cukup mudah bukan?
Baca juga : Sekolah Dan Kuliah Bedanya Apa Sih? Yuk Intip!
4. Buat Caption user friendly dan Call-To-Action (CTA)
Selain konten yang menarik kalian juga harus memikirkan captionnya. Nah ada yang bingung apa maksudnya user friendly atau CTA?
Tenang ya, ini penjelasannya.
Caption user friendly bisa artikan sebagai ketikan yang sederhana yang relevan dengan konten yang kalian unggah. Caption tersebut harus kalian sesuaikan dengan audiens. Untuk tipsnya kalian perlu menciptakan sapaan terhadap audiens kalian. Contoh mudahnya ganti kata kalian menjadi “sobat mbois” terdengar lebih akrab bukan?
Sobat mbois pasti pernah mengajak audiens untuk melalukan suatu tindakan tertentu setelah melihat konten yang telah kalian unggah bukan. Contohnya seperti “Swipe Up yuk untuk tau lebih lanjut” atau “Ada yang tahu gak ini apa? Jawab di kolom komen ya !”
Hal itu disebut dengan CTA atau Call To Action. Dengan memanfaatkan kedua hal tersebut harapannya sobat mbois dapat mendorong audiens untuk berinteraksidan melakukan tindakan tertentu sesuai dengan tujuan konten yang kalian buat.
5. Posting Konten Secara Konsisten
Rasa malas adalah faktor buruk yang sering menghantui generasi muda. Diawal menggebu gebu untuk ngonten, seringkali di tengah perjalanan rasa malas itu muncul karena kejenuhan atau faktor lain.
Nah hindari hal tersebut ya sobat mbois !
Niat dan usahakan postingan konten kalian agar selalu rutin dan konsisten. Dengan hal itu kalian tidak akan kehilangan audiens.
6. Gunakan Semua Fitur yang Ada
Apalah arti konten jika kalian tidak bisa memanfaatkan fitur yang telah ada di instagram. Sebagian orang mengira memposting unggahan pada lama instagram saja cukup untuk menarik audiens.
Namun, fitur instasory, reels, hingga live sering diabaikan.
Saat ini Instagram juga menyediakan layanan berbayar untuk menarik lebih banyak lagi audiens. Istilah tersebt adalah “boost instagram”.
Naha sebagai konten kreator kalian wajib update menganai apa saja fitur-fitur terbaru yang sedang hype untuk menaikkan engagement Instagram kalian.
7. Gunakan Hastag yang Relevan
Ini adalah tambahan untuk manarik audiens dari segi eksplor. Tak jarang beberapa pengguna Instagram mencari hal hal yang ingin mereka ketahui melalui eksplor hashtag.
Gunakan hastag yang sedang trending saat ini ya sobat mbois. Dan jangan lupa hastag yang yang kalian gunakan selalu kaitkan dengan konten yang kalian unggah.
8. Usahakan Membalas Pertanyaan Audience
Angkat tangan dong yang sering cuek sama orang?
Nah jika kalian berniat untuk terjun di dunia sosial media atau entertaint, lebih baik hindari hal tersebut ya sobat mbois. Karena pertanyaan mereka merupakan sebuah respon dari audiens atas konten yang telah kalian unggah.
Namun kamu harus ingat, tidak perlu menjawab atau memperhatikan pertanyaan yang tidak relevan dari postingan konten. Hal itu membuat waktu dan pikiran kalian terbuang cuma-cuma. Fokus ciptakan positive vibes pada image instagram kalian ya sobat mbois.
9. Posting Pada Waktu yang Tepat
Dengan insight pada instagram, kalian bisa dengan mudah mengetahui waktu mana yang tepat untuk mengunggah konten. Waktu yang tepat pada setiap pengguna pastinya berbeda-beda tergantung dari audiens dan jenis kontennya masing-masing.
Namun tipsnya posting konten di jam-jam orang beristirahat. Hindari waktu kerja ataupun sekolah dan jam tidur. Waktu tersebut biasa disebut dengan bussy hour. Karena sebagian besar audiens tidak menggunakan perangkatnya untuk mengakses apapun di waktu tersebut.
Semua itu adalah beberapa cara untuk menaikkan engagement Instagram.
Perlu adanya strategi dan konsistensi yang tepat untuk meraih keberhasilan. Karena setiap hasil tidak bisa datang secara instan, tetapi dengan kerja keras dan dedikasi sobat mbois bisa melihat pertumbuhan yang signifikan dalam engament Intagram kalian. Tetap semangat yaaa !
Untuk mengetahui informasi menarik lainnya kunjungi instagram Ikom Umsida hanya di ikomumsida.official
Sumber foto: Pexel
Penulis : Della Puspita