Tingkatan Kemampuan Public Speaking, Tim Prodes Bejijong Buat “Si Jago Ngomong”

Mojokerto, Ikom.umsida.ac.id – Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melalui program Proyek Desa (Prodes) mengadakan kegiatan public speaking bernama “Si Jago Ngomong”. Kegiatan ini diselenggarakandi Balai Desa Bejijong pada tanggal 11-12 November 2023.

Pesertanya rata-rata berasal dari lembaga Karang Taruna, Forum Anak, dan delegasi setiap RT dengan rentang usia 13-19 tahun. Adapun tamu undangan kegiatan ini seperti Kepala desa Bejijong, Pradana Tera Mardiatna. Lalu Ketua Lembaga Desa Wisata (LADEWI), Margono sebagai juri pada acara Si Jago Ngomong ini.

Proses kegiatan Si Jago Ngomong

Pelatihan ini dirancang dengan model kelas public speaking dan focus grup discussion (FGD). Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini adalah upaya membantu anak muda di desa dalam meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum.

Berbagai topik terkait public speaking, disampaikan dengan narasumber dari tim Prodes Bejijong sendiri. Dengan bekal ilmu yang sudah dipelajari selama mengikuti perkuliahan, materi yang disampaikan antara lain teknik dan strategi untuk mengatasi kecemasan dan gugup saat berbicara di depan umum. Ada pula cara membangun struktur topik yang efektif dan menarik perhatian audiens, menggunakan bahasa tubuh dan ekspresi wajah yang sesuai untuk menyampaikan pesan dengan lebih kuat. Selain itu, pada sesi akhir kegiatan Si Jago Ngomong terdapat sesi debat dan penyelesaian masalah untuk lebih memperkuat mentalitas peserta.

Kemampuan public speaking yang baik sangat penting dalam banyak aspek kehidupan, baik dalam lingkungan profesional maupun pribadi. Dengan menguasai keterampilan ini, Tim Prodes Bejijong memiliki tujuan agar anak muda tak hanya lebih percaya diri. Tapi secara efektif dapat meningkatkan kemampuan menciptakan ide dan inovasi sebagai bentuk kontribusi kepada masyarakat.

Kevin Wahyu Febrilillan, ketua pelaksana kegiatan ini, terinisiasi dari kades Bejijong yang mengharapkan anak muda desa memiliki mental yang kuat dalam berkomunikasi. Dengan begitu, anak muda desa tidak sungkan dalam menyampaikan aspirasi dan inovasi untuk kemajuan desa.

“Ini sebagai bentuk penguatan dalam merealiasikan harapan kades Bejijong untuk meningkatkan mentalitas dan kapasitas sumber daya komunikasi anak muda. Serta sebagai bekal bagi generasi desa agar memiliki kemampuan berbicara di depan publik dan media yang profesional. Nantinya, program ini diharapkan berdampak positif bagi kemajuan desa lewat aspirasi yang mereka miliki,” ujar Kevin, Minggu (12/11/2023).

Untuk update kegiatan menariklainnya, kunjungi official Instagram Ikom Mbois di sini!

Penulis : Alifiah Mulia

Nur Maghfirah A., M.Med.Kom

Nama:

Tanggal Lahir

Scholar:

OJS:

Scopus:

 

This will close in 20 seconds