Tak Hanya Keramahan Warganya, Mahasiswa Thailand Juga Menyukai Makanan Indonesia

Ikom.umsida.ac.id – Makanan merupakan salah satu hal yang juga dieksplorasi oleh mahasiswa Thailand saat berada di Indonesia. Dalam kegiatan kali ini, mereka mencoba berbagai makanan khas Indonesia baik makanan tradisional maupun makanan yang  sedang digemari oleh masyarakat. Beberapa diantaranya seperti kue basah, makanan berat, dan cemilan khas Indonesia.

Yang pertama yaitu mencicipi makanan manis dari Indonesia. Rombongan Thailand ini sempat mencicipi sawut, cenil, dan getuk. Sebenarnya makanan manis dari Indonesia memiliki rasa yang mirip dengan makanan khas Thailand. Oleh karena itulah, mereka tidak terlalu merasakan mencicipi makanan tradisional Indonesia.

Lalu, mereka juga sempat mencicipi makanan berat atau makanan utama khas Indonesia seperti bakmi, rawon, krengsengan, rujak cingur, tahu tek, gurame asam manis, dan masih banyak lagi. Mereka pun tampak menikmati setiap makanan yang dihidangkan. Seperti yang dikatakan oleh Om Am, salah satu mahasiswa dari Thailand yang mengaku cocok dengan makanan khas di Indonesia.

“Saya tidak begitu kaget dengan makanannya dan bisa adaptasi dengan cepat karena rasanya tidak terlalu jauh dari rasa makanan Thailand. Tapi ada beberapa makanan yang tidak saya temui di Thailand namun saya cocok sama makannya seperti rawon, gurame asam manis, sambal bawang, dan nasi goreng. Rasa masakan Indonesia tidak terlalu pekat namun masih terasa rempah-rempahnya jadi saya menyukai masakan tersebut,” ucapnya.

Pada saat  makan malam, lanjutnya Om Am, ingin mencoba street food yang digemari di Indonesia. Setelah itu mereka serombongan mencicipi martabak manis dan asin. “Saya sangat suka dengan martabak manis ini rotinya empuk kenyal dan isinya juga manis. Apalagi yang keju dan saya tidak menemui martabak manis ini di Thailand, tapi kalau martabak asin kita memiliki street food yang mirip dengan martabak asin,” lanjutnya.

Mereka juga menyukai makanan khas Sidoarjo seperti saat mencoba kue lumpur dan juga rujak cingur.

(Romadhona S.)

Leave a Reply

Nur Maghfirah A., M.Med.Kom

Nama:

Tanggal Lahir

Scholar:

OJS:

Scopus:

 

This will close in 20 seconds