Lulusan Terbaik Prodi Ilmu Komunikasi, Cetak Generasi Penuh Talenta

Ikomumsida.ac.id – Pada Kamis, (20/06/2024) Fakultas Bisnis, Hukum, dan Ilmu Sosial (FBHIS) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menggelar yudisium ke-31. Salah satu momen istimewa pada acara tersebut adalah pengumuman Aisyah Brillianty Nurisna, S.I.Kom, sebagai salah satu dari tiga lulusan terbaik dari program studi Ilmu Komunikasi (Ikom).

Aisyah berhasil menyelesaikan studi selama tujuh semester dengan tugas akhir berupa jurnal mata kuliah Corporate Social Responsibility (CSR) berjudul “Pelatihan Branding UMKM Pukis dan Piscok”. Dengan dedikasi dan kerja kerasnya, Aisyah telah menunjukkan prestasi gemilang selama masa kuliah.

Mata kuliah favorit Aisyah adalah Teknik Penulisan Kreatif dan Public Relations. Ia mengungkapkan bahwa kedua mata kuliah tersebut memberinya wawasan yang luas dan keterampilan praktis yang sangat berguna.

Dosen favoritnya adalah  Ainur Rochmaniah, M.Si yang juga merupakan dosen pembimbing tugas akhirnya. “Bu Ainur adalah dosen yang sangat baik dan selalu memberikan bimbingan yang berharga,” ujar Aisyah.

Strategi belajar Aisyah yang terstruktur turut berkontribusi pada kesuksesannya. Ia selalu mencatat poin-poin penting saat dosen menjelaskan materi, menata rapi buku catatan per mata kuliah, dan memastikan untuk mengerjakan tugas tepat waktu serta tidak pernah absen kelas. “Dengan cara ini, saya bisa lebih mudah mencari dan membaca ulang materi saat ujian,” ungkapnya.

Setelah lulus, Aisyah berencana mencari pekerjaan terlebih dahulu dan kemudian melanjutkan studi ke jenjang S2. “Insya Allah, saya ingin melanjutkan S2 setelah mendapatkan pengalaman kerja,” ungkapnya.

Selama masa kuliah, Aisyah memiliki banyak momen berkesan. Salah satunya adalah ketika mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Desa Bejijong.

Selama hampir tiga bulan, Aisyah dan timnya membantu masyarakat setempat dalam berbagai kegiatan. “Pengalaman tersebut sangat berharga karena kami bisa langsung berinteraksi dan memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan Studi Ekskursi juga menjadi salah satu pengalaman yang tak terlupakan bagi Aisyah. Selama lima hari, ia dan teman-temannya mengunjungi tiga kota yang berbeda.

“Berbagai macam suasana yang kami alami membuat perjalanan tersebut sangat seru dan menyenangkan,” kenangnya.

Tak hanya itu, Pengalaman magang di Radio Elshinta Surabaya juga memberikan banyak pelajaran berharga bagi Aisyah. Meskipun jarak tempuh ke tempat magang cukup jauh, ia selalu merasa antusias setiap kali berangkat.

“Kak Yuyun, Kak Silvy, dan operator di Elshinta menerima kami dengan sangat baik. Saya jadi tahu bagaimana bekerja di radio, yang ternyata tidak hanya tentang berbicara, tetapi juga mencari berita yang up-to-date dan menarik untuk pendengar,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Aisyah juga menyampaikan pesan untuk teman-teman di program studi Ilmu Komunikasi. “Untuk teman-teman, semangat terus dan jangan mudah menyerah. Sebisa mungkin, selalu kerjakan tugas yang diberikan dosen dan jangan banyak absen,” ujarnya.

Prestasi Aisyah Brillianty Nurisna menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya di Umsida. Dengan dedikasi dan kerja keras, ia mampu meraih predikat lulusan terbaik dan menunjukkan bahwa impian dapat dicapai dengan usaha yang konsisten. Perjalanan akademiknya yang penuh warna dan pengalaman-pengalaman berharga yang ia peroleh selama masa kuliah akan menjadi bekal berharga dalam mengejar cita-citanya di masa depan.

Prodi Ilmu Komunikasi di Umsida sendiri merupakan salah satu program studi yang memiliki kompleksitas tersendiri bagi mahasiswanya. Program studi ini dirancang untuk mengembangkan kemampuan analisis, kreativitas, dan keterampilan komunikasi yang efektif. Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan mengaplikasikan teori-teori komunikasi dalam berbagai konteks, baik dalam media massa, komunikasi bisnis, maupun komunikasi antarpribadi.

Kurikulum prodi Ilmu Komunikasi di Umsida mencakup berbagai mata kuliah yang mendalam, seperti Teknik Penulisan Kreatif, Public Relations, Jurnalistik, Komunikasi Massa, dan Corporate Social Responsibility. Selain teori, mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk terlibat dalam berbagai kegiatan praktik, seperti magang di media, partisipasi dalam program MBKM, serta studi ekskursi yang memperkaya pengalaman dan pemahaman mereka tentang dunia komunikasi.

Fakultas Bisnis, Hukum, dan Ilmu Sosial, khususnya prodi Ikom Umsida turut berbangga atas pencapaian Aisyah. Semoga kisah suksesnya dapat memotivasi mahasiswa lainnya untuk terus berusaha mencapai prestasi terbaik dalam bidang akademik maupun non-akademik.

Keberhasilan Aisyah menjadi bukti nyata bahwa dengan dedikasi, kerja keras, dan strategi belajar yang tepat, setiap mahasiswa dapat meraih impian dan menciptakan masa depan yang gemilang.

Informasi selengkapnya kunjungi

Instagram https://www.instagram.com/ikomumsida.official?igsh=OXV0dDl2eWt3MWlk

 

Penulis : Indah N. Ainiyah

Bertita Terkini

Vbook : Inovasi Literasi Digital dari Komunitas Radio Digital Ikom Umsida
25/07/2024By
Upgrading Himakom : Langkah Strategis Menuju Himpunan yang Berkemajuan
24/07/2024By
Lebih Dekat dengan Komunitas Communication Cinema
20/07/2024By
Dibalik Hasil Karya Film : Goresan Jiwa di Atas Kanvas
18/07/2024By
Afrian Arisandy Berbagi Pengalaman dan Tips Akting di COMFIS 6
16/07/2024By
COMFIS 6 Kembali Digelar dengan Konsep Screening Camp: Karya Mahasiswa Ikom Umsida
16/07/2024By
Intip Antusias Pelaksanaan UAS Mata Kuliah Fotografi Mahasiswa Ikom Umsida
15/07/2024By
Ikom Umsida Turut Bergabung dalam International Conference dan Cultural Exchange di Thailand
09/07/2024By

Prestasi

Selesaikan studi selama 3,5 tahun sekaligus menjadi mahasiswa berprestasi.
07/07/2024By
Mahasiswa Ikom Umsida Unjuk Bakat pada FBHIS Fest 2024
01/07/2024By
ikom umsida
Melampaui Batas : Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
02/03/2024By
Sesuai Target, Mahasiswa Ikom Sabet Tiga Medali Emas Cabor Renang Pada Pomprov Jatim 2023
23/07/2023By
Seimbangnya Pengetahuan dan Skill Menjadi Kunci Mahasiswa Ikom Dalam Meraih Juara Pada PILMAPRES PTMA
15/04/2023By
Battle of Agencies Berakhir, Selamat Kepada Para Pemenang!
06/03/2023By
Top! Lagi Lagi Mahasiswa Ikom Borong Medali Juara Dalam Kejuaraan Karate Nasional
20/02/2023By
Selamat! Mahasiswa Ikom Umsida Raih 3 Medali Dalam Kejuaraan Renang Tingkat Nasional
07/02/2023By

Nur Maghfirah A., M.Med.Kom

Nama:

Tanggal Lahir

Scholar:

OJS:

Scopus:

 

This will close in 20 seconds