Kegiatan Lapangan Kolaborasi Ilmu Komunikasi Umsida di Kampung Lali Gadget

Ikom.umsida.ac.id – Mahasiswa Ilmu Komunikasi semester 2 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Ikom Umsida) memiliki proyek mata kuliah komunikasi visual yang unik. Menjalin kerjasama dengan Kampung Lalu Gadget (KLG), mereka mengaplikasikan ilmu terkait branding secara langsung.

“Kerjasama dengan KLG ini merupakan bagian dari UTS mata kuliah Komvis, mereka di sini sebagai volunteer. Mereka mengikuti banyak kegiatan selanjutnya hingga UAS,” Ucap Andi Fikri, dosen pengampu mata kuliah komunikasi visual.

Proyek ini merupakan tugas kelompok dimana tiap kelas memiliki tugas masing masing sehingga penilaian kelak bersifat kumulatif. Selain itu, adanya kerjasama ini diharapakan mahasiswa bisa saling mengenal satu sama lain.

Andi melanjutkan, “Di sini kita bisa mendorong agar mereka dekat dan kompak. Harapannya kekompakan ini akan berlanjut hingga semester selanjutnya. Biar tidak ada senggang diantara mereka,”.

Siswa SMPN 1 Kriaan ber,ain tanah liat didampingi oleh mahasiswa Ikom Umsida

Semakin bertambahnya semester, sambung Andi, mereka rentan mengalami berbagai masalah, bahkan sampai putus kuliah. Maka dari itu, dengan kompak sejak awal akan membuat mereka terus produktif dan memiliki support system.

Kegiatan pertama kerjasama ini telah berlangsung pada Senin (15/5). Mereka mendampingi 360 siswa SMPN 1 Krian dalam projek merdeka belajar. Bernama Rumah Sakit Kecanduan Gadget, para mahasiswa mendampingi siswa untuk sejenak meninggalkan ponsel pintarnya dan bermain berbagai permainan tradisional. Setelah kegiatan perdana ini, mereka juga akan mengikuti agenda lain seperti beasiswa bermain setiap hari Minggu dan juga memperindah lingkungan KLG serta membantu mempromosikan yayasan ini.

Salah satu mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini adalah Nike Firnanda Dwi. Ia mengaku senang dengan adanya kerja sama ini karena bisa belajar di luar kelas dan saling berinteraksi langsung. “Seru sih di sini, bisa main sama anak-anak, kita juga diacak untuk penugasannya. Jadi bisa saling kenal sama teman-teman,” Ucapnya.

(Romadhona S.)

Leave a Reply

Nur Maghfirah A., M.Med.Kom

Nama:

Tanggal Lahir

Scholar:

OJS:

Scopus:

 

This will close in 20 seconds