Gandeng Pokdarwis, Mahasiswa Prodes Kemiren Gelar Pertunjukan Sambut Kepala Desa Oro-oro Dowo

Banyuwangi, Ikom.umsida.ac.id – Solikin, kepala Desa Oro-Oro Dowo, Kota Malang, melakukan kunjungan istimewa ke Wisata Rumah Adat Osing yang di desa Kemiren, Banyuwangi. Kunjungan ini disambut hangat oleh anggota Pokdarwis dan para mahasiswa Proyek Desa (Prodes) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida). Kunjungan ini dilaksanakan pada Selasa (21/11/2023).

Kedatangannya kali ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman akan kekayaan budaya Osing. Selain itu, kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat ikatan antara Desa Oro-Oro Dowo dan Desa Kemiren. Ia terlihat sangat antusias dalam mempelajari berbagai aspek budaya Osing. Seperti bahasa, tarian, musik, dan arsitektur rumah adat.

Banyak pertunjukan saat kunjungan

Dalam acara penyambutan para mahasiswa Prodes dan Pokdarwis menggelar sebuah pertunjukan tari Gandrung. Pertunjukan yang disajikan tersebut berhasil memukau para tamu yang hadir. Hal ini dikarenakan penampilan penari yang lihai dan iringan musik gamelan yang menambah kesan luar biasa dalam pertunjukan. Tak luput para tamu juga disuguhkan kuliner dari berbagai macam makanan tradisional, lengkap dengan seguhan kopi Jaran Goyang khas Kemiren.

Beliau menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap sambutan hangat dan keterlibatan aktif dari masyarakat setempat.

“Saya merasa sangat terhormat dapat mengunjungi rumah adat ini dan disambut dengan begitu ramah. Ini merupakan bukti nyata dari kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia. Kami berharap dapat terus memperkuat hubungan ini untuk saling belajar dan memperkaya pengalaman budaya,” ujarnya.

Selama kunjungannya, ia sempat berdialog dengan anggota Pokdarwis dan mahasiswa untuk berbagi pengetahuan. Interaksi yang terjadi tidak hanya memperdalam pemahamannya, tetapi juga memupuk persahabatan dan kerja sama lintas budaya.

Harapannya, kunjungan ini dapat menjadi tonggak penting dalam memperkuat kerja sama budaya antar daerah, serta mempromosikan kekayaan budaya Indonesia yang beragam.

Penulis: Achmad Rifaldi

Penyunting: Romadhona S.

Nur Maghfirah A., M.Med.Kom

Nama:

Tanggal Lahir

Scholar:

OJS:

Scopus:

 

This will close in 20 seconds