ikom umsida

Melampaui Batas : Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024

Selamat! 3 mahasiswa Ikom Umsida berhasil mendapatkan 3 penghargaan pada kompetisi perlombaan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (SILAT APIK PTMA) 2024. Kegiatan berlangsung selama 2 hari pada 28-29 Februari. Saat prosesi awarding bertepatan di edutorium KH. Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) (29/02/2024).

Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024

Pada kesempatan ini terdapat 5 jenis lomba, yakni fotografi, Reportase penyiaran, Iklan layanan masyarakat, Public relations and crisis, dan Digital Konten.

Secara keseluruhan, lomba-lomba ini tidak hanya menguji keterampilan praktis dalam bidang komunikasi, tetapi juga memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana komunikasi memainkan peran penting dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Amanda Octavia, mahasiswa semester 4 ini berhasil mendapatkan juara 3 lomba iklan layanan masyarakat (ILM). Ia berhasil menyampaikan pesan utama dalam iklan layanan masyarakat dengan menggunakan narasi yang kuat, gambar, atau video yang menginspirasi dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang diiklankan serta memahami pesan yang disampaikan.

Proses produksi iklan dimulai dari pemilihan konsep yang mencakup pemilihan pesan yang tepat, strategi narasi yang efektif, hingga pembuatan materi iklan yang dapat menarik perhatian dan mempengaruhi audiens, ” ujarnya.

Diharapkan iklan layanan masyarakat yang telah saya dapat mencapai tujuan edukatif, informatif, dan promosi perilaku positif dalam masyarakat.

ikom umsida
Disusul dengan Irma Fahriza Ifanisari, mahasiswa semester 4 yang telah memenangkan juara 3 pada lomba reportase penyiaran. Dengan mengangkat tema “Spirit of Java” yang mengupas pembahasan tentang budaya yang ada di Solo.

“Saya memutuskan untuk melakukan reportase di Kampung Batik Kauman, dengan alasan karena mayoritas masyakarakat yang tinggal di lingkup tersebut mendalami tentang aneka ragam batik, dan yang pasti mereka akan tetap melanjutkan warisan turun temurun dari nenek moyang, ” ucapnya.

Tantangan yang dihadapi Ifani saat melakukan lomba ini yaitu pada saat proses pengambilan footage dan editing, dikarenakan waktu yang cukup terbatas. Tapi itu semua tidak membuat Ifani menyerah dan akhirnya terselesaikan dengan sempurna.

Ifani juga bisa memastikan keakuratan dan keobjektifan dalam melampirkan informasi saat penyiaran dikarenakan sebelumnya sudah mempersiapkan diri untuk menggali informasi tentang topik yang diambil.

Tak hanya itu, melalui kesempatan ini semua mahasiswa telah memanfaatkan teknologi dengan baik, dikarenakan teknologi telah mengubah cara kita mengonsumsi konten dengan adanya digital konten melalui internet, karena dapat memudahkan akses informasi, memperluas wawasan, meningkatkan kreativitas, dan membuka peluang baru dalam pengembangan diri.

ikom umsida
Khalifatus Syafiqah, mahasiswa semester 6 berhasil menangkan penghargaan juara 3 pada lomba digital konten. Ini cerita dibalik pembuatan konten bersama dengan partnernya Aidil dari Universitas Ahmad Dahlan.

“Ide dan konsep terinspirasi dari trend tiktok was anderson, dan untuk membuat konten yang menarik berfokus pada visual yang se-cinematic mungkin disertai narasi yang menarik didalamnya, ” ungkapnya.

Sedikit gambaran tentang digital konten yang dibuat yakni mengambil beberapa cuplikan video di beberapa tempat berbeda untuk menunjukkan aktivitas sosial masyarakat Surakarta, ciri khas kota tersebut serta keberagaman dan keindahan yang dimiliki oleh kota solo.

Atas penghargaan yang telah diraih oleh ketiga mahasiswa, Kaprodi Ilmu Komunikasi, Nur Maghfirah Aesthetika, M.Med.Kom turut merasa bangga dengan capaian tersebut, keberhasilan ini adalah bukti keras kerja keras, ketekunan, dan dedikasinya. Serta membawa nama baik Prodi Ilmu Komunikasi Umsida.

(Indah N. Ainiyah)

Bertita Terkini

Opening Ceremonial ISE 2024: Ikom Umsida Bangun Jaringan Internasional dengan Tiga Universitas
22/05/2024By
Lebih dekat dengan dunia penyiaran, mahasiswa Ikom Umsida lakukan kunjungan media di LPP RRI Surabaya
15/05/2024By
Mahasiswa Ikom Umsida Lakukan Kunjungan Media ke DJFM Surabaya: Inspirasi dan Inovasi di Udara
14/05/2024By
Ikom Umsida Berikan Harapan Lewat Sumbangan Terpal untuk Hunian Sementara Korban Gempa Bawean.
19/04/2024By
2 Dosen Ikom Umsida Perkuat Kerjasama Internasional Melalui Program ICT di UTAR Malaysia
18/04/2024By
maskot ikom
Ikom Umsida Luncurkan Maskot “Si Kombi” Karya Mahasiswa Semester 8
31/03/2024By
IKA Alumni Ikom Umsida: Bangun Relasi dan Kolaborasi
31/03/2024By
Ikom Umsida Gelar Buka Bersama Sekaligus Santunan anak yatim.
31/03/2024By

Prestasi

Sesuai Target, Mahasiswa Ikom Sabet Tiga Medali Emas Cabor Renang Pada Pomprov Jatim 2023
23/07/2023By
Seimbangnya Pengetahuan dan Skill Menjadi Kunci Mahasiswa Ikom Dalam Meraih Juara Pada PILMAPRES PTMA
15/04/2023By
Battle of Agencies Berakhir, Selamat Kepada Para Pemenang!
06/03/2023By
Top! Lagi Lagi Mahasiswa Ikom Borong Medali Juara Dalam Kejuaraan Karate Nasional
20/02/2023By
Selamat! Mahasiswa Ikom Umsida Raih 3 Medali Dalam Kejuaraan Renang Tingkat Nasional
07/02/2023By
Berbagai Film Karya Anak Bangsa Ditampilkan Di CSFC 2023
17/01/2023By
Ikuti Turnamen Offline Perdana Setelah Pandemi, Shinta Berhasil Membawa Pulang Dua Piala
17/10/2022By

Nur Maghfirah A., M.Med.Kom

Nama:

Tanggal Lahir

Scholar:

OJS:

Scopus:

 

This will close in 20 seconds