Ikom Umsida Tunjukkan Kualitas Mahasiswa lewat Lima Event Besar

Ikom.umsida.acid – Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Ikom Umsida) kembali membuktikan kualitasnya dengan menyelenggarakan lima event besar dalam waktu berdekatan.

Beragam kegiatan ini menjadi wadah implementasi nyata bagi mahasiswa untuk mempraktikkan berbagai keilmuan yang ada di bidang Ilmu Komunikasi. Tidak hanya menjadi pembelajaran berbasis praktik, event-event ini juga menanamkan penguatan kompetensi mahasiswa sebagai Event Organizer (EO) yang profesional.

Kemampuan Event Organizer (EO) bukan sekadar keterampilan teknis, melainkan integrasi berbagai aspek Ilmu Komunikasi seperti komunikasi interpersonal, kelompok, organisasi, negosiasi, public relations (PR), dan digital marketing.

Ikom Umsida memahami bahwa penyelenggaraan event adalah aplikasi nyata dari teori, memberi mahasiswa pengalaman menghadapi tantangan dunia kerja, seperti mengatur logistik, koordinasi tim, dan menjalin sponsorship.

Baca juga: Ketahui Persiapan dalam Membuat Event di Kampus: Ormawa Wajib Tahu

Integrasi Keilmuan dalam Lima Event Besar

Dalam lima event yang digelar, mahasiswa menunjukkan kemampuan integrasi keilmuan yang mumpuni.

Misalnya, Workshop and Competition News Anchor pada 30 November 2024, melatih mahasiswa semester 5 kelas A1 untuk menguasai komunikasi profesional di bidang penyiaran.

Sementara itu, Poundfit Fun Colour pada 8 Desember 2024 yang digelar oleh kelas A3 memberikan pengalaman memadukan komunikasi kelompok dan organisasi dalam acara olahraga penuh energi.

Event Communication Sport (Commsport Season 4) yang berlangsung pada 16-19 Desember 2024 melibatkan kemampuan negosiasi tingkat tinggi. Proyek futsal tingkat provinsi ini berhasil menggandeng sejumlah sponsor besar untuk mendukung keberlangsungan acara.

Selain itu, CommNightRun yang diselenggarakan pada 21 Desember 2024 mengajarkan mahasiswa tentang pentingnya koordinasi dalam tim besar. Event ini menjadi proyek magang MBKM yang diakui dengan konversi 17 SKS, menyatukan 300 pelari dari berbagai daerah di Jawa Timur.

Tidak kalah menarik, Si Lokananta (Lomba Karya Anak Bunda Nusantara) pada 22 Desember 2024 menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menunjukkan kreativitas mereka dalam merancang event yang memadukan elemen seni, budaya, dan peran sosial.

Sponsorship dan Media Partner: Wujud Nyata Praktik PR

Dalam semua event ini, mahasiswa berlatih langsung menjalankan peran sebagai praktisi PR dan marketing. Mereka berupaya menarik perhatian sponsor untuk mendukung acara, dan hasilnya tidak main-main. Sejumlah brand ternama, seperti Bank Jatim, Hydro Coco, Kopi Jalur, Disporapar Sidoarjo, hingga Yoshinoya, turut menjadi bagian dari kesuksesan event.

Selain itu, kolaborasi dengan media partner seperti RRI Surabaya, Bhirawa Online, Elshinta Surabaya, dan Pilar Cakrawala memperkuat promosi acara. Mahasiswa belajar bagaimana memanfaatkan media untuk membangun citra positif sekaligus menjangkau audiens yang lebih luas.

Lima event besar ini menjadi bukti nyata komitmen Ikom Umsida dalam menerapkan kurikulum Outcome Based Education (OBE). Mahasiswa tidak hanya mendapatkan teori di kelas tetapi juga dilatih untuk mengaplikasikan keilmuan mereka secara langsung. Dari komunikasi hingga manajemen, semua kompetensi tersebut diterapkan dalam lingkungan yang mendekati dunia kerja.

Keberhasilan penyelenggaraan event ini tidak hanya mencerminkan dedikasi mahasiswa tetapi juga dukungan penuh dari universitas.

Lewat pengalaman ini, mahasiswa tidak hanya belajar bagaimana menjalankan event, tetapi juga memahami pentingnya profesionalisme dan etika dalam setiap langkah mereka. Ini yang menjadikan Ikom Umsida sebagai salah satu program studi unggulan yang terus berinovasi dan relevan dengan kebutuhan zaman.

Penulis: Indah Nurul Ainiyah

Berita Terkini

Momen Kebersamaan: Buka Bersama dan Rapat Aslab Ikom Umsida
09/03/2025By
Dua Mahasiswa Ikom Umsida Ikuti ASEAN Universities Exhibition Forum 2025 di Malaysia
02/03/2025By
Dosen Ikom Umsida Paparkan Urgensi Media Sosial bagi Lembaga Pendidikan di Era Digital
01/03/2025By
Optimalisasi Media Sosial dalam Pengelolaan Sekolah Muhammadiyah: Strategi dan Implementasi AI
01/03/2025By
Dosen Ikom Umsida Dampingi Sekolah Muhammadiyah dalam Pengelolaan Media Sosial Berbasis AI
26/02/2025By
Mahasiswa Ikom Umsida Ikuti Launching PFmuda 2025: Gali Inovasi Sosial untuk Ketahanan Energi dan Pangan
20/02/2025By
Pengukuhan Anggota Baru Himakom : Langkah Awal Mewujudkan Visi Misi Organisasi
17/02/2025By
Himakom Umsida 2025 Gelar Seleksi Anggota Baru dengan Sistem yang Lebih Ketat
09/02/2025By

Prestasi

Mahasiswa Ikom Umsida Raih Juara 2 di AEF 2025, Fotografi Human Interest Jadi Sorotan
06/03/2025By
Sempat Vakum 2 tahun, Cinthya Sabet Juara 2 Taekwondo Bela Negara Cup
04/03/2025By
Tekuni olahraga Bulu Tangkis: ini Kisah Mardi Lukas
17/11/2024By
Ukir Prestasi pada Kompetisi Internasional, Nanda Novarina: “Jangan Takut Mencoba”
01/11/2024By
Selesaikan studi selama 3,5 tahun sekaligus menjadi mahasiswa berprestasi.
07/07/2024By
Lulusan Terbaik Prodi Ilmu Komunikasi, Cetak Generasi Penuh Talenta
01/07/2024By
Mahasiswa Ikom Umsida Unjuk Bakat pada FBHIS Fest 2024
01/07/2024By
ikom umsida
Melampaui Batas : Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
02/03/2024By

Nur Maghfirah A., M.Med.Kom

Nama:

Tanggal Lahir

Scholar:

OJS:

Scopus:

 

This will close in 20 seconds