Ikom.umsida.ac.id – Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himakom) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsidsa) menggelar Communication Festival (Comfest), sebuah ajang tahunan tingkat nasional yang bertujuan menggali potensi dan kreativitas generasi muda di seluruh Indonesia. Pada Rabu, 23 April 2025 Panitia dari event Comfest ini turun langsung ke SMA/SMK yang ada di wilayah Sidoarjo dan sekitarnya untuk melakukan promosi offline, dengan harapan dari sekolah-sekolah tersebut juga ikut bersemangat dalam mengikuti kompetisi ini.
Dengan mengusung tema “Quality Motivation Education: Pillar of National Development” memberikan para generasi muda ruang untuk mengekspresikan bakat dan kekreatifannya dalam dunia komunikasi dan media. Comfest 2.0 dijadwalkan berlangsung pada 17 April 2025 hingga pertengahan Juni 2025 mendatang. Pendafaran dapat dilakukan secara online dengan mengisi form yang tertera di bio akun instagram @himakomumsida.
Selain promosi offline, panitia Comfest 2.0 juga aktif menggaet peserta melalui berbagai konten menarik di media sosial. Comfest 2.0 dijadwalkan berlangsung pada 17 April 2025 hingga pertengahan Juni 2025 mendatang. Pendafaran dapat dilakukan secara online dengan mengisi form yang tertera di bio akun instagram @himakomumsida.
Ketua panitia Comfest 2.0, Zahra mengungkapakn harapan yang tinggi pada event ini.
“Harapannya sih, semoga banyak temen-temen SMA dan SMK yang berminat untuk mendaftar di comfest 2.0 ini, selain HTMnya geratis, lombanya juga menarik-menarik dan Gen-Z banget,” ujarnya.
Baca juga : Sekolah Muhammadiyah di Sidoarjo Manfaatkan AI untuk Optimalisasi Media Sosial
Cabang lomba Comfest 2.0

Setelah sukses pada penyelenggaraan di tahun sebelumnya, Comfest 2.0 hadir dengan lebih segar dan berani dalam menantang kreativitas para generasi muda ditingkat SMA dan SMK di seluruh Indonesia.
Yang berbeda dari tahun sebelumnya, pada Comfest 2.0 ini, Himakom mengajak 3 komunitas yang ada di Prodi Ilmu Komunikasi Umsida untuk berkolaborasi dalam setiap lomba yang ada. Komunitas yang terlibat yaitu, Talk Mbois, Communication Cinema (Comma), dan Creative Comunication (CC). Dari tiap komunitasnya jelas menyambut hal ini dengan semangat dan antusias.
Terdapat empat cabang lomba dalam Comfest 2.0 ini, yaitu:
- Lomba Podcast
Kompetisi podcast ini mengajak peserta untuk membuat konten audio kreatif yang tidak hanya menghibur tetapi juga informatif dan menggugah kesadaran publik. Ini terjadi di tengah maraknya platform audio digital seperti Spotify.
- Fotografi
Kebanyakan orang masih menggunakan fotografi sebagai alat visual yang kuat untuk menyampaikan pesan sosial dan emosional. Comfest 2.0 mengangkat tema “Quality Motivation Education: Pillar of National Development”, mendorong para peserta untuk dapat menunjukkan pentingnya pendidikan.
- Design Digital Artificial Intelligence
Salah satu inovasi terbaru dari Comfest 2.0 ini adalah peserta diminta untukmembuat karya visual menggunakan Artificial Intelligence (AI) seperti MidJourney, DALL·E, Visme atau Stable Diffusion.
- Communication Short Film Competition (CSFC)
Film pendek menjadi salah satu bentuk komunikasi yang paling efektif di era media digital saat ini. Dalam kompetisi ini, peserta diajak untuk menciptakan film original berdurasi 5 sampai 15 menit.
Comfest 2.0 adalah lebih dari sekadar festival komunikasi, namun ini adalah ajang kerja sama lintas minat di mana teknologi bertemu seni, suara bertemu cerita, dan imajinasi menjadi karya nyata. Tujuannya adalah untuk membuat ruang ekspresi bagi generasi muda. Comfest 2.0 mengajak semua peserta untuk menyalurkan ide-ide segar mereka dalam berbagai cara yang relevan di era digital melalui empat kompetisi unggulan.
Baca juga :Dosen Ikom Umsida Paparkan Urgensi Media Sosial bagi Lembaga Pendidikan di Era Digital
Lebih dari sekedar kompetisi

Tidak hanya menawarkan kompetisi kreatif, Comfest 2.0 juga menghadirkan Workshop seputar podcasting, fotografi, Desain AI, dan juga produksi film pendek. Hal ini membuat peserta lebih memahami tentang kompetisi yang akan diikutinya.
Comfest 2.0 adalah tempat yang tepat untuk Anda berkembang dan mencoba hal baru. Mari kita berkolaborasi untuk menyampaikan pesan penting untuk masa depan yang lebih terbuka, inovatif, dan optimis melalui suara, visual, dan cerita.
Selama mereka mematuhi ketentuan khusus yang berlaku untuk setiap kompetisi, setiap peserta dapat mengikuti lebih dari satu kategori lomba.Jangan lewatkan peluang ini! Daftarkan diri Anda sekarang dan ambil bagian dalam perayaan kreatif dunia komunikasi tahun ini.
Hanya suara dan gambar yang kuat dan asli yang akan bertahan dalam dunia yang penuh dengan kebisingan. Panitia berkomitmen untuk menjadikan Comfest 2.0 sebagai tempat di mana kisah kita didengar, dilihat, dan dikenang. Wujudkan mimpimu, satu hasil dengan sejuta arti!
Penulis : Putri Mega Sfithrih