Akamsi 2024: Perkuat Solidaritas dan Lebih Dekat dengan Mahasiswa Baru

Ikom.umsida.ac.id – Tradisi Prodi Ikom Umsida dalam rangka sambut mahasiswa baru, selenggarakan kegiatan bertajuk Akamsi (Anak Kampung Komunikasi) pada Sabtu, 19/10/2024).

Kegiatan berlangsung di Pendopo Delta Wibawa. Acara ini merupakan tradisi tahunan yang telah menjadi bagian penting dari identitas Ikom Umsida dalam menyambut para maba dengan suasana kekeluargaaan.

Dekan Fakultas Bisnis, Hukum, dan Ilmu Sosial (FBHIS), dosen-dosen Ikom Umsida, serta komunitas dan organisasi mahasiswa turut hadir untuk meramaikan kegiatan ini. Tak lupa, Acara tersebut juga mengundang alumni yang sudah sukses di bidangnya untuk berbagi pengalaman berharga dengan mahasiswa baru.

Nur Maghfirah Aesthetika MMedKom, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Umsida, menjelaskan bahwa Akamsi telah mengalami transformasi dari acara sebelumnya yang dikenal sebagai Ngobras atau Ngobrol Asik.

Ia menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa baru bisa mengenal lebih dalam tentang program studi mereka.

“Saat Forum Taaruf Mahasiswa (Fortama), mahasiswa hanya diperkenalkan dengan universitas dan fakultas, tetapi belum mendalam tentang prodi. Padahal, mereka akan menghabiskan sebagian besar waktunya di lingkungan prodi selama masa perkuliahan,” ungkapnya.

Mengenalkan Prodi Lebih Dekat

Fira menegaskan bahwa Akamsi memberikan kesempatan kepada maba untuk lebih mengenal berbagai aspek yang akan mereka hadapi selama masa perkuliahan.

Mereka akan dikenalkan dengan dosen-dosen yang akan mengajar, kegiatan prodi di setiap semester, hingga sarana dan prasarana yang tersedia untuk mendukung proses pembelajaran.

Ia juga berharap dengan adanya acara ini, para maba bisa lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan prodi serta memahami bagaimana mereka bisa menyelesaikan kuliah tepat waktu.

“Tidak cukup jika pengenalan prodi hanya dilakukan di Fortama, karena itulah kami mengadakan Akamsi sebagai forum interaksi langsung antara mahasiswa baru, dosen, laboran, dan alumni,” ujarnya.

Selain sebagai ajang pengenalan, Akamsi juga diharapkan bisa menjadi ruang untuk memperkuat ikatan antar mahasiswa baru dan senior, baik yang sedang aktif kuliah maupun alumni.

Baca juga: Upgrading Himakom : Langkah Strategis Menuju Himpunan yang Berkemajuan

Membangun Kekompakan

Berbagai kegiatan seru disajikan dalam Akamsi 2024, salah satunya adalah battle challenge yang dirancang untuk meningkatkan kekompakan antar mahasiswa baru di setiap kelas.

Permainan kelompok ini membuat para maba berinteraksi lebih erat dengan teman-teman sekelas, menciptakan suasana yang menyenangkan sekaligus membangun solidaritas.

Tidak hanya itu, acara ini juga diisi dengan sesi berbagi pengalaman dari para alumni yang memberikan wawasan mengenai dunia perkuliahan dan kiat-kiat sukses selama menjadi mahasiswa. Sesi tersebut menarik perhatian para maba, yang tampak antusias mengajukan berbagai pertanyaan kepada para alumni, mulai dari tips menghadapi kuliah hingga strategi cepat lulus.

Pembelajaran Berbasis Proyek di Ikom Umsida

Selain memperkuat hubungan antar mahasiswa, acara ini juga menyoroti penerapan kurikulum Project Based Learning (PBL) yang diterapkan di Ikom Umsida.

Kurikulum ini menekankan pada keterlibatan aktif mahasiswa dalam proyek-proyek praktikum setiap mata kuliah, yang mengharuskan mereka berkoordinasi dengan program studi secara intensif.

Lihat juga: Prodi Ikom Umsida Terakreditasi Unggul, Tambah Capaian Perguruan Tinggi

“Dengan adanya Akamsi, mahasiswa baru bisa memahami lebih awal bagaimana sistem pembelajaran di Ikom berjalan, sehingga mereka bisa mempersiapkan diri dengan baik,” tambahnya.

Fira berharap acara ini bisa mempererat hubungan antara seluruh elemen di prodi, baik mahasiswa baru, yang sedang aktif kuliah, maupun alumni. “Semoga semua mahasiswa Ikom Umsida tetap kompak dan solid dalam menjalani perkuliahan dan setelah lulus nanti,” ungkapnya penuh harap.

Antusiasme Maba saat Mengikuti Akamsi

Para mahasiswa baru yang hadir dalam Akamsi 2024 terlihat sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian acara. Salah satu mahasiswa baru, Lula dari kelas A2, mengungkapkan bahwa acara ini sangat bermanfaat dalam mengenalkan prodi Ikom kepada para maba.

“Acaranya seru, banyak kegiatan yang menyenangkan, jadi kami tidak merasa bosan. Kami juga bisa berinteraksi dengan mahasiswa lain dan dosen dengan lebih santai,” ujarnya.

Kegiatan Akamsi ditutup dengan pemberian penghargaan kepada kelas yang paling aktif dan kompak selama mengikuti seluruh rangkaian acara. Hingga sore hari, para mahasiswa baru tetap mengikuti acara dengan penuh semangat.

Dengan terselenggaranya Akamsi ini, membuktikan bahwa tradisi penyambutan mahasiswa baru yang sarat dengan keakraban ini menjadi langkah awal yang efektif bagi maba untuk mengenal prodi mereka lebih dalam.

Penulis: Indah Nurul Ainiyah

Berita Terkini

Penyaluran Donasi dari Shodaqoh Spontanitas Akamsi 2024: Ikom Umsida Ajarkan untuk Berbagi
25/10/2024By
Proyek Desa Wonomlati: Mengubah Potensi Lokal Menjadi Daya Tarik Masyarakat
23/10/2024By
Mengudara dengan Salurkan Informasi: 4 Mahasiswa Ikom Bagikan Pengalaman Magang di Radio Elshinta
17/10/2024By
4 Mahasiswa Ikom Umsida Berperan Aktif dalam Konservasi Lingkungan Bersama Ecoton
16/10/2024By
Yudisium FBHIS ke-32: Prodi Ilmu Komunikasi Umsida Luluskan 47 Mahasiswa, Empat Diantaranya Raih Penghargaan
15/10/2024By
Kelas Bersama Mata Kuliah Produksi Audio Visual Multimedia: Wadah Kreativitas Mahasiswa Ikom
01/10/2024By
CorelDRAW atau Photoshop? Pilihlah Sesuai Kebutuhan
11/09/2024By
Mitos atau Fakta: Mengungkap Stereotip tentang Mahasiswa Ilmu Komunikasi
06/09/2024By

Prestasi

Selesaikan studi selama 3,5 tahun sekaligus menjadi mahasiswa berprestasi.
07/07/2024By
Lulusan Terbaik Prodi Ilmu Komunikasi, Cetak Generasi Penuh Talenta
01/07/2024By
Mahasiswa Ikom Umsida Unjuk Bakat pada FBHIS Fest 2024
01/07/2024By
ikom umsida
Melampaui Batas : Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
02/03/2024By
Sesuai Target, Mahasiswa Ikom Sabet Tiga Medali Emas Cabor Renang Pada Pomprov Jatim 2023
23/07/2023By
Seimbangnya Pengetahuan dan Skill Menjadi Kunci Mahasiswa Ikom Dalam Meraih Juara Pada PILMAPRES PTMA
15/04/2023By
Battle of Agencies Berakhir, Selamat Kepada Para Pemenang!
06/03/2023By
Top! Lagi Lagi Mahasiswa Ikom Borong Medali Juara Dalam Kejuaraan Karate Nasional
20/02/2023By

Nur Maghfirah A., M.Med.Kom

Nama:

Tanggal Lahir

Scholar:

OJS:

Scopus:

 

This will close in 20 seconds