Sepenggal Cerita di Kota Melayu Deli Eps 2: Keluar Rumah Perdana

Penyambutan mahasiswa/i PMM-DN

Universitas Prima Indonesia (UNPRI) merupakan salah satu kampus swasta terkemuka yang memiliki reputasi tinggi dan berkualitas dalam bidang pengajaran dan penelitian sehingga dari tahun ke tahun para pelajar dari seluruh nusantara dan luar negeri terus meningkat. Dan di tempat inilah saya akan berproses dan melihat sekitar dari serspektif yang baru.

Kegiatan pertama saya disini yaitu acara penyambutan mahasiswa PMM-DN yang diterma di Universitas Prima Indonesia sebagai kampus penerima. Kami berangkat menggunakan bus dan bersiap pukul 07.30 pagi kemudian menghampiri kost laki-laki untuk berangkat bersama. Penyambutan dilakukan di Kampus Utama yang berada di Jl. Belanga No. 1 Simp. Ayahanda Medan dan ditempuh sekitar 10 menit. Sesampainya disana, kami disambut baik oleh bapak/ibu dosen dan warga kampus lainnya.

Sungguh diluar dugaan saya ketika saya pertama kalinya berinteraksi dengan warga Medan (karena ini merupakan kegiatan perdana saya yang berbaur dengan warga Medan secara langsung), mematahkan stereotype orang-orang bahwa warga Medan adalah orang yang kasar dan galak sebab gaya bicara yang menggunakan nada tinggi nan keras. Sebenarnya makna mereka berbicara itu baik, memang logat dan budaya mereka saja yang memang seperti itu, padahal mereka juga bisa humble saat berinteraksi.

Kegiatan pertama kami dilaksanakan di Hall lantai 10 UNPRI Kampus Utama yang dibuka dengan tarian selamat datang khas Sumatera Utara yang kental akan budaya Melayu lalu dilanjutkan dengan tari Tor-Tor. Alunan musik yang enjoyable membuat saya ingin turut menari. Setelah menikmati tarian tersebut, acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan baik dari pihak UNPRI maupun dari perwakilan pihak mahasiswa/i PMM-DN, dan acara dilanjutkan dengan perkenalan mahasiswa/i PMM-DN satu persatu.

Pagi menjelang siang kami meninggalkan hall untuk kegiatan selanjutnya yaitu tour kampus utama UNPRI yang secara fisik memiliki 26 lantai, dimana lantai 1-3 yang akan dibuat Mall Prima Plaza, lantai 4-24 digunakan untuk fasilitas mahasiswa untuk kegiatan perkuliahan mengingat UNPRI memiliki 10 fakultas dan sekolah pasca sarjana dengan 32 program studi yang lengkap dengan berbagai fasilitas, lalu di lantai 25 untuk tempat kreativitas dan bersantai untuk mahasiswa, sedangkan lantai 26 digunakan sebagai tempat tinggal/singgah jika UNPRI sedang mengadakan kegiatan besar dan perlu persiapan yang memakan waktu. Selain itu, di lantai ini juga akan digunakan sebagai  dormitori mahasiswa PMM-DN Batch 2 tahun depan, dua lantai teratas ini masih dalam proses pembangunan. Dan tempat terakhir yang kita datangi dalam tour ini yaitu rooftop gedung Kampus Utama yang akan digunakan sebagai helipad. Secara visual, kampus ini terbilang “elit” dan memiliki arsitektur yang unik dan modern.

Selain perdana keluar rumah, ini juga pertama kalinya kami berkegiatan bersama dengan seluruh mahasiswa PMM-DN yang berjumlah 36 mahasiswa/i. Momen ini menjadi kesempatan kami untuk saling berinteraksi secara langsung. Saya sendiri merasa senang saat mengikuti kegiatan perdana ini yang memang di luar ekspektasi saya. Bisa bertemu dengan teman-teman PMM-DN, bertemu dengan bapak/ibu dosen, bapak/ibu PIC kami, dan tentunya dengan dosen mata kuliah Modul Nusantara kami juga. Semakin tak sabar rasanya untuk mengikuti berbagai kegiatan disini selanjutnya, semoga.

Bersambung…

Related Posts

Kegiatan Yudisium FBHIS ke XXXVII

Kegiatan Yudisium Fakultas Bisnis, Hukum, dan Ilmu Sosial UMSIDA sukses...

Atlet Karate Ikom Juarai Lomba Desain Poster

Ikom memiliki banyak mahasiswa berprestasi di berbagai bidang, baik kademik...

Workshop Pembuatan Popok Reusable, Implementasi Hibah Riset Keilmuan dari Dikti Untuk Ikom

Prodi Ilmu Komunikasi dan Manajemen UMSIDA mendapatkan hibah riset keilmuan...

Leave a Reply