2 Dosen Ikom Umsida Perkuat Kerjasama Internasional Melalui Program ICT di UTAR Malaysia

Ikom.umsida.ac.id – Dalam rangka memperluas jaringan kerjasama internasional, dua dosen dari  program studi ilmu komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA), yaitu Poppy Febriana, M.Med.Kom dan Dr. Totok Wahyu Abadi, M.Si  telah mengambil bagian dalam program Internasional Credit Transfer (ICT) di Universitas Tunku Abdul Rahman (UTAR) Malaysia pada Selasa, (16/04/2024).

Dosen-dosen ini tidak hanya berperan sebagai pengajar, tetapi juga sebagai visiting lecturers yang memberikan wawasan dan pengalaman baru kepada mahasiswa di UTAR Malaysia

Poppy Febriana dan Totok Wahyu Abadi, 2 dosen Prodi Ilmu Komunikasi di Umsida telah mengambil peran sebagai pengajar dan visiting lecturer di UTAR Malaysia. Dengan latar belakang dan pengalaman yang luas dalam bidang media massa dan komunikasi, kedua dosen  memberikan kuliah tamu yang mendalam seputar “the use of social and mainstream media in the 2024 Indonesian presindential election” yang membahas peran yang sangat penting dari media sosial dan media utama dalam proses pemilihan presiden di Indonesia.

Beliau menjelaskan bagaimana media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram telah menjadi alat yang sangat berpengaruh dalam membentuk opini publik dan strategi kampanye politik.

“Dalam kuliah ini, saya akan menjelaskan bagaimana media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram telah menjadi alat yang sangat berpengaruh dalam membentuk opini publik dan strategi kampanye politik,” ujar Poppy Febriana. “Tak hanya itu, media sosial juga telah menjadi platform yang sangat berpengaruh dalam politik kontemporer, terutama dalam kampanye politik.” Selain itu, beliau juga membahas bahwa media utama seperti televisi, radio, dan surat kabar tetap berperan penting dalam membentuk opini publik.”

“Kuliah ini tidak hanya memberikan wawasan baru kepada mahasiswa UTAR Malaysia dan perwakilan mahasiswa dari Umsida tentang perkembangan media, tetapi juga memberikan mereka perspektif yang berbeda tentang bagaimana media mempengaruhi kehidupan sehari-hari,” tambahnya.

Program ICT ini memberikan manfaat ganda bagi kedua universitas dan mahasiswa yang terlibat. Selain memberikan kontribusi berharga bagi mahasiswa di UTAR Malaysia, program ini juga memperluas wawasan dan pengalaman dosen Umsida dalam lingkungan akademik internasional.

Melalui kerjasama ini, diharapkan akan terjalin hubungan yang lebih erat antara Umsida dan UTAR Malaysia, serta terbuka peluang bagi mahasiswa kedua universitas untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan beragam.

Program ICT juga menjadi platform untuk pertukaran ide dan pengetahuan antara dosen dan mahasiswa dari kedua universitas. Ini memungkinkan para akademisi untuk belajar satu sama lain dan berkolaborasi dalam proyek penelitian dan pengembangan.

Selain itu, program ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan internasional mereka dan mempersiapkan mereka untuk karir di dunia global

Program ICT di UTAR Malaysia merupakan bagian penting dari upaya Umsida untuk memperkuat kerjasama internasional dan mempromosikan pendidikan berkualitas. Melalui program ini, diharapkan tercipta generasi pemimpin yang siap menghadapi tantangan global dan berkontribusi signifikan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kerjasama antara Umsida dan UTAR Malaysia melalui program ICT memberikan manfaat bagi mahasiswa dan dosen yang terlibat serta berkontribusi pada pembangunan komunitas akademik internasional yang lebih kuat dan inklusif. Program ini mencerminkan komitmen kedua universitas untuk mempromosikan pendidikan berkualitas dan mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan global.

 

Indah N. Ainiyah

Bertita Terkini

Kuliah Tamu di UTAR Malaysia, Dosen Ikom Umsida Soroti Pengaruh Media dalam Pilpres 2024
28/05/2024By
Sorotan ICEMSS 2024: Kolaborasi Internasional Tingkatkan Inovasi Media dan Ilmu Sosial di Bali
28/05/2024By
Opening Ceremonial ISE 2024: Ikom Umsida Bangun Jaringan Internasional dengan Tiga Universitas
22/05/2024By
Lebih dekat dengan dunia penyiaran, mahasiswa Ikom Umsida lakukan kunjungan media di LPP RRI Surabaya
15/05/2024By
Mahasiswa Ikom Umsida Lakukan Kunjungan Media ke DJFM Surabaya: Inspirasi dan Inovasi di Udara
14/05/2024By
Ikom Umsida Berikan Harapan Lewat Sumbangan Terpal untuk Hunian Sementara Korban Gempa Bawean.
19/04/2024By
maskot ikom
Ikom Umsida Luncurkan Maskot “Si Kombi” Karya Mahasiswa Semester 8
31/03/2024By
IKA Alumni Ikom Umsida: Bangun Relasi dan Kolaborasi
31/03/2024By

Prestasi

ikom umsida
Melampaui Batas : Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
02/03/2024By
Sesuai Target, Mahasiswa Ikom Sabet Tiga Medali Emas Cabor Renang Pada Pomprov Jatim 2023
23/07/2023By
Seimbangnya Pengetahuan dan Skill Menjadi Kunci Mahasiswa Ikom Dalam Meraih Juara Pada PILMAPRES PTMA
15/04/2023By
Battle of Agencies Berakhir, Selamat Kepada Para Pemenang!
06/03/2023By
Top! Lagi Lagi Mahasiswa Ikom Borong Medali Juara Dalam Kejuaraan Karate Nasional
20/02/2023By
Selamat! Mahasiswa Ikom Umsida Raih 3 Medali Dalam Kejuaraan Renang Tingkat Nasional
07/02/2023By
Berbagai Film Karya Anak Bangsa Ditampilkan Di CSFC 2023
17/01/2023By
Ikuti Turnamen Offline Perdana Setelah Pandemi, Shinta Berhasil Membawa Pulang Dua Piala
17/10/2022By

Nur Maghfirah A., M.Med.Kom

Nama:

Tanggal Lahir

Scholar:

OJS:

Scopus:

 

This will close in 20 seconds