Tips Bijak Bersosial Media yang Wajib Kalian Ketahui !

Bijak dalam bersosial media adalah hal yang sangat penting untuk diterapkan oleh semua kalangan. Sosial media adalah tempat untuk berbagi pengalaman, mendapatkan informasi terbaru, dan terhubung dengan orang lain secara mudah dan cepat. Sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi sobat mbois harus bisa memilah mana yang perlu dibagikan dan disampaikan pada audience.

Jika sobat mbois ingin mengetahui lebih lanjut tentang “apa aja sih tips bersosial media secara bijak?” Simak penjelasan dibawah ini dengan seksama yaa !

1. Pahami Tujuan Kalian

Sebelum kalian memposting sesuatu di media sosial, pertimbangkan tujuan kalian. Apakah tujuan sobat mbois ingin memberikan informasi, menghibur, atau terlibat dalam percakapan?

Memahami tujuan ini membantu sonat mbois memilih konten yang sesuai dengan apa yang kalian ingin capai. Misalnya, jika tujuannya adalah memberikan informasi, pastikan konten yang kalian bagikan relevan dan akurat.

Perlu diingat ya sobat mbois, informasi yang kalian bagikan harus bisa dibuktikan secara benar dan jangan sampai orang lain mendapatkan informasi palsu ataupun hoax.

2. Jangan Menyebar Hoax

Nah pada akhir penjelasan poin pertama sudah ditegaskan untuk menghindari penyampaian informasi yang sifatnya hoax.
Sebelum kalian membagikan berita atau informasi, pastikan kalian telah memverifikasi kebenarannya. Hoaks bisa merusak reputasi kalian dan menyebarkan informasi palsu yang merugikan orang lain.
Jadi alih alih berbagi informasi yang harusnya mendapatkan banyak pujian malah kalian rusak dengan segelintir konten yang penuh kepalsuan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Service

3. Target Audience

Hal ini merupakan konsep penting yang berkaitan dengan siapa yang sobat mbois ingin jangkau atau ajak berinteraksi di media sosial. Dalam konteks bijak bersosial media, memahami audiens kalian adalah kunci untuk menghasilkan konten yang relevan dan efektif. Misalnya, jika kalian memiliki audiens yang terdiri dari profesional muda, konten yang berkaitan dengan perkembangan karir dan tren industri mungkin lebih sesuai daripada konten yang ditujukan untuk remaja.
Dengan memahami siapa yang kalian ingin jangkau, sobat mbois dapat menyusun pesan dan konten yang menarik bagi mereka, meningkatkan interaksi, dan memastikan bahwa pesan kalian memiliki dampak yang lebih besar di platform media sosial.

4. Gunakan Bahasa yang Tepat

Selanjutnya masuk pada poin ke empat mencakup dua aspek utama. Pertama, hindari penggunaan bahasa kasar atau merendahkan yang dapat merusak citra kalian. Berbicara dengan sopan dan menghormati orang lain adalah prinsip mendasar yang harus kalian pegang dalam berkomunikasi di dunia maya.

Kedua, pastikan bahwa bahasa yang kalian gunakan sesuai dengan konteks dan audiens kalian. Misalnya, ketika kalian berkomunikasi dengan rekan kerja, bahasa yang lebih profesional dan teknis mungkin lebih sesuai daripada ketika kalian berinteraksi dengan teman-teman kalian. Dengan menggunakan bahasa yang tepat, sobat mbois dapat memastikan bahwa pesan kalian terbaca dengan benar dan dipahami dengan baik, dan ini akan mendukung komunikasi yang efektif di media sosial.

Baca Juga : Tips Make Up Fresh dan Natural Agar Tampil Percaya Diri

5. Bijak dalam Berdebat

Bijak dalam berdebat di media sosial melibatkan beberapa aspek yang penting. Pertama, kalian harus mendengarkan dengan penuh perhatian apa yang dikatakan oleh lawan debat kalian. Ini berarti benar-benar mencoba memahami sudut pandang mereka sebelum merespons.

Kedua, mengendalikan emosi adalah langkah penting. Debat dapat memanas, dan penggunaan bahasa yang kasar atau merendahkan hanya akan memperburuk situasi. Jadi, penting untuk tetap tenang dan berbicara dengan sopan. Ketiga, gunakan argumen yang relevan dan fakta yang mendukung pendapat kalian.

Hindari menggunakan retorika yang kosong atau argumentasi yang tidak berkaitan dengan topik. Dengan berdebat dengan bijak, kalian dapat menjalani diskusi yang konstruktif, menjaga atmosfer yang positif di media sosial, dan memfasilitasi pertukaran ide yang bermakna.

6. Pahami Etika Online

Mencakup berbagai prinsip yang harus dipegang, mulai dari menghindari penggunaan bahasa kasar, menghormati pendapat dan privasi individu, hingga menjauhi tindakan yang merugikan atau meresahkan orang lain di platform media sosial. Bertindak secara etis secara online juga berarti menjauhi perilaku yang merugikan, seperti cyberbullying, penyebaran hoaks, atau pencemaran nama baik.

Selain itu, menghormati hak privasi dan data pribadi orang lain adalah hal yang sangat penting, sehingga sobat mbois tidak melibatkan diri dalam tindakan yang merugikan atau penyebaran informasi pribadi tanpa izin. Memahami etika online membantu menciptakan lingkungan yang positif di media sosial, yang merangsang dialog yang produktif dan mendukung serta menjaga integritas dan etika dalam perilaku online.

7. Kelola Waktu Online

Mengelola waktu online merupakan aspek kunci dalam bijak bersosial media, yang mencakup kesadaran dan pengendalian terhadap berapa lama dan kapan kita berinteraksi dengan media sosial. Hal ini penting karena terlalu banyak waktu yang dihabiskan di platform media sosial dapat mengganggu produktivitas, tidur yang cukup, dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Memiliki batasan waktu online yang sehat memungkinkan kita untuk menjaga keseimbangan antara dunia digital dan dunia nyata, memprioritaskan aktivitas yang lebih penting, serta menghindari dampak negatif seperti kecanduan media sosial atau perasaan FOMO (Fear of Missing Out). Dengan mengelola waktu online secara bijak, kita dapat memanfaatkan manfaat media sosial sambil menjaga keseimbangan hidup yang sehat.

Baca Juga : Kenali Perbedaan KOL dan Influencer Yuk !

8. Hati-Hati dengan Informasi Pribadi

Hati-hati dengan informasi pribadi melibatkan kesadaran akan pentingnya melindungi data pribadi kalian saat berinteraksi di media sosial. Ini mencakup nomor telepon, alamat rumah, informasi finansial, hingga detail pribadi lainnya. Kalian harus berhati-hati dalam membagikan informasi ini dan hanya melakukannya kepada pihak yang kalian percayai.

Penggunaan yang bijak melibatkan menghindari membagikan informasi pribadi secara sembarangan di platform media sosial, untuk mencegah potensi risiko terkait dengan pencurian identitas, penipuan, atau penyalahgunaan data pribadi. Dengan cara ini, kalian dapat menjaga privasi dan keamanan pribadi kalian saat beraktivitas di dunia maya.

9. Jangan Tergoda dengan FOMO

Mengendalikan diri agar tidak tergoda oleh FOMO (Fear of Missing Out) adalah prinsip penting dalam bijak bersosial media. FOMO adalah perasaan cemas atau ketakutan bahwa kita akan melewatkan sesuatu yang menarik atau penting yang sedang terjadi di media sosial. Untuk menghindari terjebak dalam perangkap ini, penting untuk memahami bahwa kehidupan di media sosial seringkali hanya cerminan pilihan dan momen terbaik orang lain, yang mungkin tidak mencerminkan kenyataan sepenuhnya.
Kalian harus mengendalikan waktu yang kalian habiskan di media sosial dan menjaga perspektif sehat. Fokuslah pada apa yang benar-benar penting dalam kehidupan nyata kalian dan jangan biarkan media sosial mengendalikan emosi kalian. Dengan cara ini, kalian dapat mengurangi stres, cemas, dan tekanan yang dapat timbul akibat FOMO, serta menjalani pengalaman media sosial yang lebih seimbang dan memuaskan.

Baca Juga : Pelajari Prospek Kerja Animator Yuk !

10. Bagikan Dukungan Bukan Komentar Negatif

Memberikan dukungan bukan komentar negatif adalah sikap positif saat berinteraksi di media sosial. Ini mencakup respons yang penuh empati dan peduli saat seseorang menghadapi masalah atau kesulitan di platform tersebut. Sebaliknya, menghindari berkomentar negatif atau mengkritik secara merendahkan. Kalian sebaiknya menawarkan kata-kata penyemangat, pertanyaan yang mendukung, atau bahkan tawaran bantuan jika memungkinkan.
Dengan sikap ini, kalian menciptakan lingkungan online yang lebih positif dan mendukung, di mana pengguna dapat merasa didengar, dihargai, dan terbantu. Dengan memberikan dukungan, kalian tidak hanya menciptakan hubungan yang lebih baik di media sosial tetapi juga menjadikan platform tersebut sebagai tempat yang lebih menyenangkan dan bermakna.

Kesimpulan

Bijak bersosial media adalah kunci untuk menjaga integritas agar dapat menghasilkan dampak positif. Dalam artikel ini, terdapat sepuluh poin penting, mulai dari memahami tujuan hingga mengendalikan waktu online. Ini semua bertujuan untuk membantu sobat mbois menggunakan media sosial yang lebih bermanfaat dan bertanggung jawab.

Untuk informasi menarik lainnya, jangan lupa kunjungi instagram Ikom Mbois yaa !

Picture : Pexel

Penulis : Della Puspita

Bertita Terkini

Kuliah Tamu di UTAR Malaysia, Dosen Ikom Umsida Soroti Pengaruh Media dalam Pilpres 2024
28/05/2024By
Sorotan ICEMSS 2024: Kolaborasi Internasional Tingkatkan Inovasi Media dan Ilmu Sosial di Bali
28/05/2024By
Opening Ceremonial ISE 2024: Ikom Umsida Bangun Jaringan Internasional dengan Tiga Universitas
22/05/2024By
Lebih dekat dengan dunia penyiaran, mahasiswa Ikom Umsida lakukan kunjungan media di LPP RRI Surabaya
15/05/2024By
Mahasiswa Ikom Umsida Lakukan Kunjungan Media ke DJFM Surabaya: Inspirasi dan Inovasi di Udara
14/05/2024By
Ikom Umsida Berikan Harapan Lewat Sumbangan Terpal untuk Hunian Sementara Korban Gempa Bawean.
19/04/2024By
2 Dosen Ikom Umsida Perkuat Kerjasama Internasional Melalui Program ICT di UTAR Malaysia
18/04/2024By
maskot ikom
Ikom Umsida Luncurkan Maskot “Si Kombi” Karya Mahasiswa Semester 8
31/03/2024By

Prestasi

ikom umsida
Melampaui Batas : Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
02/03/2024By
Sesuai Target, Mahasiswa Ikom Sabet Tiga Medali Emas Cabor Renang Pada Pomprov Jatim 2023
23/07/2023By
Seimbangnya Pengetahuan dan Skill Menjadi Kunci Mahasiswa Ikom Dalam Meraih Juara Pada PILMAPRES PTMA
15/04/2023By
Battle of Agencies Berakhir, Selamat Kepada Para Pemenang!
06/03/2023By
Top! Lagi Lagi Mahasiswa Ikom Borong Medali Juara Dalam Kejuaraan Karate Nasional
20/02/2023By
Selamat! Mahasiswa Ikom Umsida Raih 3 Medali Dalam Kejuaraan Renang Tingkat Nasional
07/02/2023By
Berbagai Film Karya Anak Bangsa Ditampilkan Di CSFC 2023
17/01/2023By
Ikuti Turnamen Offline Perdana Setelah Pandemi, Shinta Berhasil Membawa Pulang Dua Piala
17/10/2022By

Nur Maghfirah A., M.Med.Kom

Nama:

Tanggal Lahir

Scholar:

OJS:

Scopus:

 

This will close in 20 seconds