Sosialisasi Sertifikasi Profesi Prodi Ilmu Komunikasi UMSIDA

Prodi Ilmu Komunikasi telah mendapatkan hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2022 oleh Kemendikbud untuk kedua kalinya. Pada tahun ini, ada beberapa program yang akan terlaksana, salah satunya yaitu sertifikasi profesi yang ditujukan untuk mahasiswa Ikom semester 7 dan diadakan pada kisaran bulan September – Oktober 2022. Hal ini disampaikan dalam acara Sosialisasi Sertifikasi Profesi pada 22 Agustus 2022 mulai pukul 18.30 – selesai melalui Zoom Meeting dan dibimbing oleh Bu Nur Maghfirah A.,M.Med.Kom selaku kaprodi Ikom dan dosen wali semester 6 yaitu bapak Ferry Adhi D.,M.I.Kom.

Sertifikasi profesi merupakan salah satu hal yang penting bagi mahasiswa yang bertujuan untuk mendapatkan atau meningkatkan kompetensi tertentu sesuai kemampuan yang dimiliki. Sertifikasi profesi merupakan sertifikasi kerja yang dominan dikeluarkan oleh LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) yang diakreditasi oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).

Dalam hibah PKKM kali ini, terdapat beberapa sertifikasi yang ditawarkan. Berikut rinciannya:

  1. Digipreneur (oleh Kominfo pusat), disediakan kuota sebanyak 25 mahasiswa dan diadakan secara online selama dua minggu dengan konversi mata kuliah sebagai berikut:
  • Entrepreneur (3 SKS)
  • Brand Management (3 SKS)
  • Komunikasi Lintas Budaya (2 SKS)
  1. Media Data Science (oleh Kominfo pusat), disediakan kuota sebanyak 25 mahasiswa dan diadakan secara online selama dua minggu dengan konversi mata kuliah sebagai berikut:
  • Manajemen Industri Media (3 SKS)
  • Hukum Media (3 SKS)
  • Komunikasi Lintas Budaya (2 SKS)
  1. Media Relation Officer (oleh LSP UMSIDA), disediakan kuota sebanyak 20 mahasiswa dan diadakan secara offline.
  2. Asisten Produser (oleh LSP UMSIDA), disediakan kuota sebanyak 20 mahasiswa dan diadakan secara offline.
  3. Junior Administrative Assistant (oleh LSP UMSIDA), disediakan kuota sebanyak 10 mahasiswa dan diadakan secara offline.
  4. Penyiar (oleh Probest Surabaya), disediakan kuota sebanyak 30 mahasiswa dan diadakan secara offline untuk pelatihannya.
  5. Fotografi (oleh Probest Surabaya), disediakan kuota sebanyak 20 mahasiswa dan diadakan secara offline untuk pelatihannya.

Sebagai ketentuan tambahan, mahasiswa hanya diperbolehkan untuk memilih salah satu sertifikasi dan dibatasi oleh kuota. Oleh karena itu, batas akhir pendaftaran sertifikasi ini ditutup pada tanggal 26 Agustus 2022. Untuk link pendaftaran bisa diakses melalui:

https://forms.gle/3QAdWfvPfjBe59mLA

(Romadhona S.)

Leave a Reply

Nur Maghfirah A., M.Med.Kom

Nama:

Tanggal Lahir

Scholar:

OJS:

Scopus:

 

This will close in 20 seconds