Three Town Tour (3T): Menjelajahi Sejarah, Budaya, dan Kuliner Khas Sidoarjo Melalui Media Sosial

Ikom.umsida.ac.id – Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) memperkenalkan potensi sejarah, budaya, dan modernitas Sidoarjo melalui proyek kreatif Three Town Tour atau biasa disebut 3T  . Proyek ini menggabungkan produksi konten media sosial sebagai sarana promosi yang efektif, menarik perhatian generasi muda dengan keunikan lokal Sidoarjo.

Mahasiswa Ikom semester 3 kelas A3 mengangkat potensi Sidoarjo melalui proyek yang merupakan implementasi kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE) dalam mata kuliah Produksi Konten Media Sosial.

Mengusung misi untuk memperkenalkan sejarah Sidoarjo, budaya Sidoarjo, keunikan modern yang ada di Sidoarjo, mahasiswa A3 berhasil memanfaatkan produksi konten sebagai sarana promosi yang efektif. Melalui produksi konten media sosial, potensi Sidoarjo diperkenalkan secara kreatif kepada khalayak luas.

Ketua proyek ini, M. Zidan Ali Furqon, menjelaskan pentingnya produksi konten dalam proyek ini. “Kami ingin menunjukkan bahwa Sidoarjo memiliki banyak hal menarik, mulai dari situs bersejarah hingga tempat modern yang layak dikenal masyarakat. Dengan Three Town Tour , kami belajar banyak tentang produksi konten untuk menjangkau generasi muda,” ungkap Ali.

Baca juga: News Anchor Workshop and Competition: Acara Implementasi Mata Kuliah Manajemen Mahasiswa Ikom Semester 5

Eksplorasi Sejarah dan Budaya Sidoarjo Melalui Three Town Tour

Salah satu fokus dari proyek Three Town Tour adalah memperkenalkan situs-situs bersejarah seperti Candi Pari , Candi Sumur , dan Candi Darmo . Situs-situs ini merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit yang menyimpan cerita menarik untuk dijelajahi.

Dalam proses produksi konten, siswa melakukan wawancara dengan warga sekitar. “Langkah pelajar ini sangat baik untuk memperkenalkan sejarah kepada generasi muda melalui media sosial,” jelas seorang warga di sekitar Candi Sumur.

Selain situs sejarah, ikon modern seperti Monumen Jayandaru juga menjadi salah satu sorotan proyek ini. Mahasiswa berhasil menghubungkan potensi wisata sejarah Sidoarjo dengan keunikan modernitas kota melalui narasi kreatif dalam konten media sosial mereka.

Destinasi Modern dan Kuliner Khas Sidoarjo yang Populer di Media Sosial

Tak hanya mengangkat sejarah Three Town Tour juga  memperkenalkan kuliner khas Sidoarjo seperti Kue Lumpur Bu Lilik . Proses pembuatan kue ini, yang diwariskan turun-temurun, menjadi daya tarik tambahan.

“Saya mulai membuat kue lumpur ini di tahun yang sama dengan tragedi semburan lumpur, seingat saya hanya selisih tiga bulan sebelum tragedi itu. Tapi ada berkahnya setelah itu, kue lumpur buatan saya jadi terkenal,” ujar Lilik.

Dalam konten yang mereka produksi, siswa menampilkan proses pembuatan kue tradisional ini agar relevan dan menarik bagi penonton muda

“Memang cara memasaknya seperti itu, dibakar di tengah arang biar tekstur kuenya keset tapi lumer di mulut. Selain itu juga agar lebih tanek Mbak,” imbuhnya.

Mahasiswa juga mengunjungi Kesara Café dan Semoga Makmur Café , dua destinasi modern yang populer di kalangan generasi muda. Produksi konten di tempat ini menunjukkan bagaimana Three Town Tour memadukan modernitas dengan keunikan lokal.

Produksi Konten Media Sosial: Strategi Promosi Sidoarjo untuk Generasi Muda

Dalam proyek ini, mahasiswa memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk menyebarkan hasil produksi konten, termasuk video dokumenter, fotografi hingga narasi yang kreatif dan informatif. Melalui proyek ini, siswa belajar teknik penelitian lokasi, pengelolaan media sosial, dan produksi konten yang relevan dengan kebutuhan zaman.

“Produksi konten media sosial menjadi tantangan tersendiri, terutama bagaimana menyampaikan cerita yang informatif namun tetap menarik,” ujar Gata, salah satu anggota tim.

Lihat juga : Museum Digital Dosen Ikom Umsida Bedah Soal Transformasi

Tantangan dan Harapan: Sidoarjo Menuju Sorotan Lebih Luas

Ferry Dharma, dosen mata kuliah, mengapresiasi hasil produksi konten yang dilakukan mahasiswa. “Proyek ini tidak hanya memberikan pengalaman praktis bagi mahasiswa, tetapi juga memberikan kontribusi nyata dalam mempromosikan potensi Sidoarjo, terutama tempat-tempat yang belum banyak di kunjungi,” ungkapnya.

Meski demikian, mahasiswa menghadapi tantangan seperti mengoordinasikan kelompok dan waktu pengelolaan antara kunjungan lapangan dan proses produksi konten. Namun, dedikasi mereka menghasilkan hasil.

Ketua kelas, Ali, berharap proyek ini dapat terus berkembang. “Kami ingin Three Town Tour melibatkan lebih banyak komunitas di Sidoarjo agar sejarah, budaya, dan modernitas Sidoarjo semakin dikenal,” tutupnya.

Three Town Tour: Inspirasi Promosi Potensi Sidoarjo untuk Generasi Muda

Three Town Tour  menampilkan bagaimana produksi konten media sosial dapat menjadi alat yang efektif untuk mempromosikan potensi daerah. Dengan pendekatan kreatif dan informatif, mahasiswa Ikom Umsida membuktikan bahwa Sidoarjo adalah kota yang kaya akan sejarah, budaya, dan modernitas.

Penulis : Salwa Rizky Awalya

Berita Terkini

Mahasiswa Ikom Umsida Gelar Event Perdana CommNightRun 2024 diikuti 300 Peserta
22/12/2024By
Commsport Season 4, Kompetisi Futsal Bergensi Tingkat SMA/SMK se-Jawa Timur yang Sukses Dilaksanakan dengan Meriah
20/12/2024By
Mahasiswa Ikom Umsida Berdayakan Media Sosial SMA Ma’arif Ketegan
18/12/2024By
Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Umsida sukses menggelar Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMMTD) pada 14-15 Desember 2024 di di Aula Mas Mansyur dan Hotel Puri Gendis
HIMAKOM Umsida Gelar LKMMTD 2024 untuk Penguatan Karakter Kepemimpinan dan Keterampilan Manajerial Mahasiswa
17/12/2024By
Generasi Baru dan Sertijab Warnai Makrab Komunitas Radio Talk Mbois Gen-5
12/12/2024By
Menggugah Gaya Hidup Sehat, Poundfit Fun Colour 2024 Jadi Sorotan
09/12/2024By
News Anchor Workshop and Competition: Implementasi Mata Kuliah Manajemen Event, Mahasiswa Ikom Semester 5
01/12/2024By
Simulasi Konferensi Pers: Tingkatkan Keterampilan Public Relations Mahasiswa Ikom Umsida
29/11/2024By

Prestasi

Tekuni olahraga Bulu Tangkis: ini Kisah Mardi Lukas
17/11/2024By
Ukir Prestasi pada Kompetisi Internasional, Nanda Novarina: “Jangan Takut Mencoba”
01/11/2024By
Selesaikan studi selama 3,5 tahun sekaligus menjadi mahasiswa berprestasi.
07/07/2024By
Lulusan Terbaik Prodi Ilmu Komunikasi, Cetak Generasi Penuh Talenta
01/07/2024By
Mahasiswa Ikom Umsida Unjuk Bakat pada FBHIS Fest 2024
01/07/2024By
ikom umsida
Melampaui Batas : Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
02/03/2024By
Sesuai Target, Mahasiswa Ikom Sabet Tiga Medali Emas Cabor Renang Pada Pomprov Jatim 2023
23/07/2023By
Seimbangnya Pengetahuan dan Skill Menjadi Kunci Mahasiswa Ikom Dalam Meraih Juara Pada PILMAPRES PTMA
15/04/2023By

Nur Maghfirah A., M.Med.Kom

Nama:

Tanggal Lahir

Scholar:

OJS:

Scopus:

 

This will close in 20 seconds