Optimalisasi Digital Marketing: Mahasiswa Ikom Umsida Dampingi Tiga IKM di Jatim

Ikom.umsida.ac.id – Dalam rangka memperkuat pengembangan pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) berbasis digital di daerah.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur (Disperindag Jatim) bekerja sama dengan PT Sistand melaksanakan program pendampingan IKM di Gresik, Lamongan, dan Tuban.

Program ini turut melibatkan mahasiswa magang dari Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Ikom Umsida).

Mereka berkontribusi dalam membantu para pelaku usaha mengembangkan strategi pemasaran.

Dengan melakukan optimalisasi media sosial dan pemanfaatan platform e-commerce untuk meningkatkan daya saing dan jangkauan pasar.

Pendampingan difokuskan pada tiga sektor usaha, yaitu IKM songkok di Gresik, IKM konveksi di Lamongan, dan IKM kerupuk di Tuban.

Para mahasiswa membantu pemilik usaha mengelola dan memaksimalkan akun media sosial seperti Instagram, TikTok, dan Facebook sebagai platform branding, komunikasi, dan promosi produk.

Baca juga: Perkuat Jejaring Akademik: Esil University Hadir dalam International Guest Lecture FBHIS Umsida

 

Optimalisasi Digital untuk Marketing
Sumber: Istimewa

 

Optimalisasi dilakukan melalui pemanfaatan fitur reels, stories, konten katalog, hingga desain digital untuk meningkatkan engagement serta memperluas jangkauan pasar.

Selain itu, para pelaku IKM juga didampingi dalam pembuatan akun marketplace Shopee sebagai upaya memperluas pemasaran hingga tingkat nasional.

Mahasiswa membantu proses awal pembuatan toko online, mulai dari foto dan deskripsi produk, penyusunan katalog, hingga pengaturan etalase digital yang sesuai standar marketplace.

Pendampingan ini turut memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk membantu menghasilkan strategi promosi yang lebih efektif.

Baca juga: Mahasiswa Ikom Umsida Unjuk Skill Driving Mobil Listrik IMEI Raih Juara 2 KMHE 2025

 

Pemanfaatan Teknologi AI Untuk Strategi Promosi
Sumber: Istimewa

AI digunakan untuk penyusunan caption, ide konten, analisis tren digital, hingga membantu mengidentifikasi Unique Selling Proposition (USP) dan Unique Value Proposition (UVP) dari setiap produk sebagai dasar penyusunan strategi komunikasi pemasaran.

Melalui kegiatan ini, mahasiswa tidak hanya berkontribusi pada pengembangan IKM, tetapi juga memperoleh pengalaman langsung dalam menerapkan kompetensi di bidang digital marketing, branding, analisis pasar, hingga komunikasi profesional dengan klien.

Pendampingan ini diharapkan mampu meningkatkan kapasitas IKM dalam memanfaatkan teknologi digital sekaligus memperkuat kesiapan mahasiswa menghadapi dunia kerja.

Penulis: Intan Fitrianingsih

Penyunting: Putri Meaga Safithrih

Berita Terkini

Wisudawan Berprestasi Khafid Torehkan Prestasi Juara 2 Lomba Podcast Nasional
20/11/2025By
Mahasiswa Ikom Umsida Unjuk Skill Driving Mobil Listrik IMEI Raih Juara 2 KMHE 2025
18/11/2025By
Himakom Umsida Resmi Dilantik, Siap Wujudkan Kepengurusan Kolaboratif dan Inspiratif
18/11/2025By
PT Otak Kanan dan Graha Office Gelar Pelatihan “The Power of TikTok”: Support UMKM Surabaya
17/11/2025By
Mahasiswa Magang Ikom Umsida Ikut Serta dalam Kegiatan Admisi Perdana Edufair Batu
16/11/2025By
Produktif di Mana Saja: Mahasiswa Ikom Umsida Ubah Café Jadi Ruang Kerja Magang
14/11/2025By
Tak Kenal Arus Deras, Mahasiswi Ikom Umsida Kembali Harumkan Nama Kampus Lewat Kejurprov Arung Jeram 2025
13/11/2025By
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Umsida Kembangkan Kemampuan Komunikasi Profesional di Dunia Pariwisata
12/11/2025By

Prestasi

Mengubah Takdir dengan Pendidikan: Perjalanan Inspiratif Azzam di Wisuda Ke-46 Umsida
20/11/2025By
Mahasiswa Ikom Umsida Raih Juara 2 di AEF 2025, Fotografi Human Interest Jadi Sorotan
06/03/2025By
Sempat Vakum 2 tahun, Cinthya Sabet Juara 2 Taekwondo Bela Negara Cup
04/03/2025By
Tekuni olahraga Bulu Tangkis: ini Kisah Mardi Lukas
17/11/2024By
Ukir Prestasi pada Kompetisi Internasional, Nanda Novarina: “Jangan Takut Mencoba”
01/11/2024By
Selesaikan studi selama 3,5 tahun sekaligus menjadi mahasiswa berprestasi.
07/07/2024By
Lulusan Terbaik Prodi Ilmu Komunikasi, Cetak Generasi Penuh Talenta
01/07/2024By
Mahasiswa Ikom Umsida Unjuk Bakat pada FBHIS Fest 2024
01/07/2024By

Nur Maghfirah A., M.Med.Kom

Nama:

Tanggal Lahir

Scholar:

OJS:

Scopus:

 

This will close in 20 seconds