Mahasiswa Ikom Umsida Tampil Berani Presentasikan Hasil Riset Kompetitor di Hadapan Direktur Utama PT semanggi

Ikom.umsida.ac.id – Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Ikom Umsida) yang tengah menjalani program magang di PT. Semanggi mendapati pengalaman berharga ketika mereka dimintai untuk mempresentasikan hasil analisis dan riset kompetitor brand produk mulai dari brand Food, Aksesoris dan fashion, Home living, Bahan Kimia dan kecantikan.

Presentasi tersebut, dilakukan secara langsung dihadapan Direktur Utama PT Semanggi, Abdul Mughits, Santoso Putra.

Yang dimana, presentasi tersebut berlangsung di ruang rapat utama perusahaan, kegiatan presentasi tersebut merupakan salah satu rangkaian tugas yang diberikan kepada mahasiswa magang Umsida.

Sebelum tantangan ini berjalan, mereka sudah dibagi untuk membentuk kelompok. Yang dimana 1 kelompok terdiri dari 2 orang.

Setelah itu, mereka mendapati tugas untuk mencari kompetitor brand produk sebanyak 100 akun dari berbagai marketplace seperti Tiktok, Shopee, Tokopedia, Lazada hingga Instagram.

Sumber: Istimewa

“Untuk tahap awal memang kita sebaiknya mencari kompetitor brand produk dahulu untuk tahap proses perbandingan dengan produk lainnya agar tidak terlalu jauh nantinya” Ujar Mughits.

Proses analisa produk ini dapat memakan waktu 2 Minggu karena proses ini harus dicek dan diperhatikan dari berbagai segi informasi pesaing.

Baca juga: Lewat Liputan Lapangan, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Umsida Angkat Isu Sidoarjo

Apa itu Analisis Produk Kompetitor?

salah satu strategi bisnis untuk memahami kekuatan dan kelemahan pesaing di pasar.Dimana, mereka harus mengumpulkan dan menganalisis seluruh informasi terkait produk pesaing.

Sumber: Ekrut Media

Mulai dari mengumpulkan data pasar, menganalisis strategi pemasaran pesaing, mengetahui perbandingan harga yang pas.

Hingga menganalisis kekuatan dan kelemahan produk pesaing yang salah satunya dapat dilihat dari rating produk hingga review produk yang memiliki penjualan 1RB+ per bulannya.

Mereka juga diminta untuk menganalisis secara objektif dan subjektif dengan tujuan menjadi perbandingan secara mandiri untuk menentukan produk pesaing mana yang lebih unggul untuk kita jadikan brand kompetitor.

Apa sih tujuan analisis kompetitor?

Berikut tujuan analisis kompetitor : Pertama, kita dapat mengetahui kompetitor paling kuat didalam industri bisnis.

Kedua, Menjaga diri dari potensi perilaku kompetitor jika itu merugikan bisnis. Kompetitor dapat terpengaruh dalam hal pola dan keputusan demi mendukung perkembangan dan keberhasilan bisnis.

Lihat juga: Membentengi Konsumen di Era Bisnis Online: Antara Penipuan, Hukum, dan Edukasi

Tahapan Analisis Kompetitor

Pertama, Latar belakang produk. Hal ini mencakup bagaimana potensi market saat ini,  alasan memilih produk ini apa, hingga problem market apa yang sedang dibutuhkan atau pemahaman tentang masalah yang pasar yang mencoba untuk diselesiakan oleh kompetitor, dan bagaimana mereka memberikan solusi.

Kedua, mengenai deskripsi singkat tentang produk serta gambaran market yang sesuai dengan produk. Ketiga, kita mengumpulkan data produk sebagai acuan.

Keempat, Analisis Kompetitor. Proses ini memerlukan 3 produk dengan jenis yang sama namun berbeda brand sebagai bahan kompetitor.

Sumber: Binaracedemy.com

Kelima, analisis SWOT dengan tujuan mengindentifikasi kekuatan, kelemahan hingga peluang yang dimiliki dan membandingkan dengan produk sendiri.

Keenam, Menyusun rencana produk hingga channel penjualan untuk menunjang kelengkapan produk.

Ketujuh, Campaign Market, merupakan tahapan terakhir mengalisis produk kompetitor yang dimana sudah ditahap menyusun serangkaian kegiatan pemasaran yang terencana.

Pada saat presentasi, seluruh mahasiswa tampak tampil mengenakan pakaian rapi dan profesional.

Rasa gugup disertai canda tawa ringan  membuat suasana rapat tidak terlalu tegang dan membuat mereka lebih percaya diri.

Setiap slide presentasi yang mereka buat mengandung visual yang menarik dan data penelitian yang akurat.

Presentasi tersebut, tidak hanya angka dan grafik tetapi juga data analisis produk kompetitor yang didapat dari kondisi nyata di lapangan.

Direktur Utama PT. Semanggi, Mughits menyimak dengan seksama saat paparan presentasi berlangsung.

Ia menunjukkan rasa menghargai kepada mahasiswa yang telah berusaha menyelesaikan challange dengan tepat waktu.

Mahasiswa menunjukkan kemampuan mereka untuk tampil percaya diri sekaligus menjadi sebuah pengalaman untuk lebih berani kedepannya.

“Awalnya aku juga gugup deg deg an apalagi yang lihat pak Mughtis, tapi gapapa la sesekali karena kan ini juga buat pengalaman kita supaya lebih baik kedepannya” Ujar Rama selaku ketua magang.

Selain dapat meningkatkan ketrampilan dalam menganalisa pasar, kegiatan ini juga dapat menjadi latihan awal nyata dalam merubah dan memperbaiki soft skill yang dimana sangat dibutuhkan di dunia professional.

Seperti keberanian berbicara didepan publik, kemampuan untuk berargumentasi hingga melatih komunikasi yang efektif.

Dengan adanya kegiatan presentasi ini, PT. Semanggi berharap dengan hasil riset yang direncanakan mahasiswa Umsida dapat membawa perubahan dan memberikan ide positif bagi perusahaan di masa mendatang.

Penulis: Novita

Penyunting: Indah Nurul Ainiyah

Berita Terkini

Semarak HUT RI 2025, PT. Semanggi Digital Indonesia Gelar Lomba Meriah Bersama Karyawan dan Mahasiswa Umsida
27/08/2025By
Regenerasi Dan Kekompakan: Himakom Umsida Sukses Gelar Harmonisasi
24/08/2025By
Lewat Liputan Lapangan, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Umsida Angkat Isu Sidoarjo
23/08/2025By
Mahasiswa Ikom Umsida Terapkan Ilmu Digital Marketing dalam Program Magang di PT. Semanggi Digital Indonesia
13/08/2025By
Prestasi Ganda: Mahasiswi Ikom Umsida Buktikan Mampu Berjaya di Kolam Renang dan Ruang Kelas
17/07/2025By
Mahasiswa IKOM UMSIDA Kunjungi RRI Surabaya, Rasakan Langsung Dunia Penyiaran Profesional
05/07/2025By
Kunjungan Inspiratif! Mahasiswa Ikom Umsida Eksplorasi Radio Suara Surabaya
04/07/2025By
Kunjungan ke Radio Elshinta: Mahasiswa Ikom Umsida Temukan Dunia Siaran yang Lebih Dalam dan Nyata
02/07/2025By

Prestasi

Mahasiswa Ikom Umsida Raih Juara 2 di AEF 2025, Fotografi Human Interest Jadi Sorotan
06/03/2025By
Sempat Vakum 2 tahun, Cinthya Sabet Juara 2 Taekwondo Bela Negara Cup
04/03/2025By
Tekuni olahraga Bulu Tangkis: ini Kisah Mardi Lukas
17/11/2024By
Ukir Prestasi pada Kompetisi Internasional, Nanda Novarina: “Jangan Takut Mencoba”
01/11/2024By
Selesaikan studi selama 3,5 tahun sekaligus menjadi mahasiswa berprestasi.
07/07/2024By
Lulusan Terbaik Prodi Ilmu Komunikasi, Cetak Generasi Penuh Talenta
01/07/2024By
Mahasiswa Ikom Umsida Unjuk Bakat pada FBHIS Fest 2024
01/07/2024By
ikom umsida
Melampaui Batas : Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
02/03/2024By

Nur Maghfirah A., M.Med.Kom

Nama:

Tanggal Lahir

Scholar:

OJS:

Scopus:

 

This will close in 20 seconds