Sepenggal Cerita di Kota Melayu Deli Eps 3: Napak Tilas Kesultanan Deli

Istana Maimoen adalah tempat ikonik yang ada di kota Medan. Tempat bersejarah ini merupakan istana Kesultanan Deli dimana disinilah awal mula kota Medan. Bangunan ini meghadap ke arah Timur menghadap Masjid Raya Medan atau yang biasa dikenal dengan Masjid Raya Medan.

Setelah menjalani karantina selama kurang lebih dua minggu di kost, akhirnya saya dan teman-teman PMM melaksanakan kegiatan Modul Nusantara, yaitu mata kuliah yang wajib diikuti oleh peserta PMM dan berbentuk praktik lapangan (seperti  mengunjungi ikon kota, budaya daerah, dan ciri khas lainnya).

Dalam Modul Nusantara pertama ini, saya mengunjungi tempat yang bersejarah di Medan, tempat yang menjadi saksi awal mula terbentuknya kota ini yaitu Istana Maimoen. Istana ini dibangun pada 28 Agustus 1888 dan selesai. Istana ini didirikan oleh Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah yang merupakan pendiri Kota Medan.

Sekitar pukul 8 pagi kami sudah meninggalkan tempat kost, lalu menuju destinasi pertama yaitu Istama Maimoen. Tempat yang menjadi saksi kejayaan kesulatanan Deli Serdang di kota Medan, bahkan sampai sekarang kesultanan ini masih dipertahankan. Saat ini kesultanan Deli dipimpin oleh keturunan ke-14 yang bernama Seripaduka Baginda Tuanku Sultan Mahmud Aria Lamantjiji Perkasa Alam Shah (Tuanku Aji) yang berusia 23 tahun yang telah menyelesaikan pendidikannya di Universitas Diponegoro jurusan teknik lingkungan, lalu melanjutkan studinya di Institut Pertanian Bogor di jurusan yang sama. Beliau menjadi sultan sejak usia 7 pada 2005 (sejak wafat ayahnya).

Istana ini memadukan budaya Barat dan Timur, dimana budaya Barat didapat dari Belanda sedangkan budaya Timur didapat dari Persia, Mongolia, dan India. Ada 30 halaman atau kamar yang berada di Jl. Brigjen Katamso dan hanya tiga ruangan yang dibuka untuk umum. Yaitu yang pertama ruang penyambutan tamu, tempat pertemuan, dan ruangan makan, sisa ruangan berada di sayap kanan yang digunakan untuk tempat beristirahat permaisuri dan jajarannya dan sayap kiri istana untuk tempat istirahat sultan dan jajarannya, saat ini tempat tersebut masih ditempati oleh keturunan sultan sebanyak kurang lebih 40 kepala keluarga.

Tempat pertama yang saya kunjungi adalah ruang penyambutan tamu. Disini ada empat kursi, perhiasan dan alat kerajaan Negeri Deli, silsilah kesultanan, dan foto sultan pertama Kesultanan Deli. Lalu di ruang tengah, dinding dikelilingi oleh foto Sultan sejak awal kepemimpinan hingga sekarang, disebelah foto-foto tersebut, terdapat cermin besar yang digunakan sebagai cctv saat ruangan itu digunakan seperti pada acara pernikahan, khitan, dan kematian. Disebelah cermin itu ada penjaga yang akan mengawasi kegiatan yang ada di belakang (dibalik pintu). Bangunan berusia sekitar 130 tahun ini memiliki perabotan yang masih asli dari zaman Belanda seperti lantai marmer, lampu gantung, furniture dan kaligrafi di dinding. Di ruang ini juga terdapat singgahsana raja yang didominasi oleh warna kuning dan hijua. Hijau di bagian kubah melambangkan Ketuhanan, sedangkan warna kuning mengartikan kejayaan dan kemakmuran raja-raja Melayu. Sedangkan di ruang ketiga terdapat ruangan makan untuk skala besar, disini juga terdapat dapur dan tempat penyimpanan makanan.

Istana Maimoen memiliki luas bangunan sekitar 2.700m² diatas luas tanah 4,5hektare. Istana ini digunakan sebagai cagar budaya Melayu karena disinilah kota Medan terbentuk. Di bagian depan dan samping istana terdapat berbagai penjual souvenir dan oleh-oleh khas dari istana Maimoen, kita juga bisa menyewa pakaian adat untuk berfoto ria di kawasan istana. Istana Maimoen menyadarkan saya akan kekayaan budaya Indonesia yang berasal dari berbagai sisi. Di tempat inilah sejara kota Medan dimulai, dan disini pula tempat petama saya mengenal kota Medan dari awal berdiri.

Bersambung…

Leave a Reply

Bertita Terkini

Ikom Umsida Berikan Harapan Lewat Sumbangan Terpal untuk Hunian Sementara Korban Gempa Bawean.
19/04/2024By
2 Dosen Ikom Umsida Perkuat Kerjasama Internasional Melalui Program ICT di UTAR Malaysia
18/04/2024By
maskot ikom
Ikom Umsida Luncurkan Maskot “Si Kombi” Karya Mahasiswa Semester 8
31/03/2024By
IKA Alumni Ikom Umsida: Bangun Relasi dan Kolaborasi
31/03/2024By
Ikom Umsida Gelar Buka Bersama Sekaligus Santunan anak yatim.
31/03/2024By
prof Alwi
Mengenang Jejak Gemilang Bapak Komunikasi Indonesia, Dr. Muhammad Alwi Dahlan
22/03/2024By
Silat APIK
Sambut peserta Silat Apik 2024 : Dosen UGM Bedah Materi Seputar Kecerdasan Buatan Melalui AI.
06/03/2024By
ikom umsida
Melampaui Batas : Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
02/03/2024By

Prestasi

ikom umsida
Melampaui Batas : Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
02/03/2024By
Sesuai Target, Mahasiswa Ikom Sabet Tiga Medali Emas Cabor Renang Pada Pomprov Jatim 2023
23/07/2023By
Seimbangnya Pengetahuan dan Skill Menjadi Kunci Mahasiswa Ikom Dalam Meraih Juara Pada PILMAPRES PTMA
15/04/2023By
Battle of Agencies Berakhir, Selamat Kepada Para Pemenang!
06/03/2023By
Top! Lagi Lagi Mahasiswa Ikom Borong Medali Juara Dalam Kejuaraan Karate Nasional
20/02/2023By
Selamat! Mahasiswa Ikom Umsida Raih 3 Medali Dalam Kejuaraan Renang Tingkat Nasional
07/02/2023By
Berbagai Film Karya Anak Bangsa Ditampilkan Di CSFC 2023
17/01/2023By
Ikuti Turnamen Offline Perdana Setelah Pandemi, Shinta Berhasil Membawa Pulang Dua Piala
17/10/2022By

Nur Maghfirah A., M.Med.Kom

Nama:

Tanggal Lahir

Scholar:

OJS:

Scopus:

 

This will close in 20 seconds